PROGRAM
TAHUNAN SUPERVISI AKADEMIK
DAN
PELAKSANAANNYA
MI
AL-HIKMAH BALONGREJO
TAHUN
PELAJARAN 2015/2016
Disusun
Dalam Rangka Pengembangan Kompetensi, Motivasi dan Komitmen Guru Yang
Profesional di MI Al-Hikmah Balongrejo
Oleh
:
RUSYDA
EL SAFITRI,S.Pd
(Kepala
Madrasah)
YAYASAN
PENDIDIKAN “ AL – HIKMAH “
MI
AL-HIKMAH
BALONGREJO
SUMOBITO JOMBANG
Jl.
KH. Arief Syahid No.176 Balongrejo Badas Sumobito Jombang
YAYASAN
PENDIDIKAN “ AL – HIKMAH “
MI
AL-HIKMAH
BALONGREJO
SUMOBITO JOMBANG
Jl.
KH. Arief Syahid No.176 Balongrejo Badas Sumobito Jombang
LEMBAR
PENGESAHAN
Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah
Balongrejo Sumobito Jombang telah
menyusun Program
tahunan supervisi akademik dan pelaksanaannya tahun pelajaran 2015/2016.
Mengetahui, Jombang, 27 Juli
2015
PPAI Kec. Sumobito Kepala
Madrasah
Umi Salamah,S.Ag,M.Pd Rusyda
El Safitri,S.Pd
NIP.
197205101998032005
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kehadirat Allah SWT.2015/2016ang melimpahkan rahmat, taufik serta
hidayah-Nya sehingga kami mampu menyelesaikan penyusunan Program Supervisi
Akademik MI Al-Hikmah Balongrejo Sumobito Jombang Tahun Pelajaran 2015/2016.
Program
Supervisi Akademik MI Al-Hikmah Balongrejo Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang
disusun sebagai pedoman dalam menjalankan kegiatan Supervisi Akademik oleh
Kepala Madrasah dalam usaha Pengembangan Kompetensi, Motivasi dan Komitmen Guru
Yang Profesional di MI Al-Hikmah Balongrejo.
Ucapan
terima kasih disampaikan kepada :
1. Kepala Kantor
Kementerian Agama Kabupaten Jombang yang telah memotivasi dan memfasilitasi
penyusunan Program Supervisi Akademik Madrasah khususnya Kasi Pendma Kankemenag
Kabupaten Jombang;
2. PPAI Kecamatan
sumobito yang telah memberikan bimbingan dalam penyelesaian penyusunan Program
Supervisi Akademik MI Al-Hikmah Balongrejo Sumobito Jombang;
3. Bapak/Ibu Dewan Guru
MI Al-Hikmah Balongrejo Sumobito Jombang yang berkenan dan bersedia mendukung
tugas-tugas Kepala Madrasah khususnya pelaksanaan kegiatan supervisi.
Walaupun
telah dikaji ulang, kelemahan dan kesalahan masih saja dijumpai pada program
ini.Ibarat pepatah tiada gading yang tak retak dan tiada laut yang
bertebing.Saran, kritik dan masukan dari berbagai pihak dengan tangan terbuka
kami terima demi perbaikan dan penyempurnaan program kerja ini dimasa
mendatang.
Jombang,
27 Juli
2015
Penyusun
Rusyda
El Safitri,S.Pd
DAFTAR ISI
Halaman Judul....................................................................................................
Halaman Pengesahan..........................................................................................
Kata Pengantar....................................................................................................
Daftar Isi..............................................................................................................
BAB I : PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang..................................................................................
B.
Visi, Misi Dan Tujuan Madrasah.........................................................
C.
Landasan..........................................................................................
D.
Tujuan .............................................................................................
E.
Strategi ...........................................................................................
BAB II : SASARAN PROGRAM SUPERVISI
A.
Sasaran Kegiatan Supervisi...............................................................
BAB III : PROGRAM KERJA TAHUNAN
A.
Program Kerja Tahunan Supervisi Akademik ......................................
B.
Program Kegiatan Tahunan Supervisi Akademik .................................
BAB IV : PENUTUP
A.
Kesimpulan......................................................................................
B.
Saran..............................................................................................
LAMPIRAN-LAMPIRAN :
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Dalam
rangka meningkatkan mutu pendidikan pada satuan pendidikan diperlukan berbagai faktoryang
urgen untuk dibina dan dikembangkan secara aktif, inovatif dan kreatif,
diantaranya tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan staf serta faktor
pendukung lainnya.
Eksistensi
Kepala Madrasah merupakan bagian integral dalam upaya peningkatan mutu
pendidikan.Bersama guru dan staf lainnya berkolaborasi secara aktif, kreatif,
inovatif dan variatif membina dan mengembangkan mutu pendidikan pada sistem
satuan pendidikan.
Salah
satu tugas pokok Kepala Madrasah adalah melaksanakan fungsi-fungsi supervisi
akademik maupun supervisi manajerial kelas. Supervisi akademik adalah kegiatan
membina dan membantu guru dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran/
bimbingan dan kualitas hasil belajar siswa. Sedangkan supervisi manajerial
kelas adalah proses kegiatan memberikan pembinaan, penilaian dan bantuan/
bimbingan dalam kaitannya dengan adsministrasi kelas misalnya kesiswaan,
sarana, program 5K, BP/BK di kelas, dll.
Dalam
konteks di atas untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan amatlah
diperlukan program supervisi madrasah yang terpola secara sistematis, akuntabel
dan berkelanjutan.
·
Visi :
“Terwujudnya generasi
agamis, berilmu, kreatif dan mampu berkompetensi”
v Indikator-Indikatornya adalah:
l Terciptanya peningkatan pengetahuan Peserta didik dalam
bidang IMTAQ dan IPTEK
l Terlaksananya
peningkatan dan pengembangan SDM
l Terlaksananya
proses pembelajaran yang bermutu dan menyenangkan
l Terwujudnya
sarana/prasarana pendidikan yang memadai
l Terealisasinya peningkatan prestasi akademik melalui
nilai ujian dan lomba-lomba
l Tercapainya peningkatan Kualitas lulusan madrasah
l Terciptanya
kepercayaan dari masyarakat
l Terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat.
·
Misi :
a. Mengembangkan madrasah
sehingga memiliki jati diri ke islaman
b. Menyelenggarakan
pendidikan yang bermutu sesui iptek.
c. Mengembangkan
potensi siswa mampu terampil dan kreatif.
d. Melaksanakan
pembinaan kompetisi bidang akademik dan non
akademik.
· Tujuan MI AL-HIKMAH BALONGREJO
1.
Madrasah dapat meningkatkan kemampuan anak didik dalam
berwudlu, sholat, hafalan surat-surat pendek dan hafalan do’a khusus.
2.
Madrasah mengembangkan KTSP 100% untuk semua mata pelajaran.
3.
Madrasah mengembangkan PAKEM/ CTL 100% untuk semua mata
pelajaran.
4.
Madrasah menargetkan lulusan dengan nilai rata-rata 8.00
5.
Proporsi lulusan yang melanjutkan ke Madrasah dan Madrasah
pilihan 1 minimal 30%
6.
Madrasah memiliki 90%
tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang layak.
7.
Madrasah memiliki sarana prasarana 75% yang memiliki SPM.
8.
Madrasah memiliki 5% siswa-siswi yang pandai berbahasa
Inggris.
9.
Madrasah mampu menjadi Juara 1 dalam Seni baca Al-Qur’an
tingkat Nasional.
10.
Madrasah memiliki TIM Olahraga minimal 3 (tiga) cabang
olahraga yang menjadi juara Kabupaten.
11.
Madrasah memiliki lingkungan yang nyaman, aman dan agamis
yang memenuhi kriteria madrasah efektif.
12.
Madrasah menciptakan iklim yang kondusif dan harmonis antara
madrasah dan masyarakat.
13.
Mengaktualisasikan ilmu yang diperoleh dalam perbuatan
nyata.
B.
LANDASAN
1.
Undang-undang Nomor
20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2.
Undang-undang Nomor
14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen;
3.
Peraturan Pemerintah
Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional;
4.
Peraturan Pemerintah
Nomor 74 tahun 2008 tentang Sertifikasi Guru;
5.
Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional Nomor 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan;
6.
Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2007 tentang Standar Penilaian;
7.
Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional Nomor 24 tahun 2007 tentang Standar Sarana Prasarana;
8.
Peraturan Menteri
Pendidikan Nasional Nomor 41 tahun 2007 tentang Standar Proses.
9.
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 000912 Tahun 2013.
C.
TUJUAN
Tujuan
Program Supervisi disusun adalah :
1.
Sebagai pedoman untuk
melaksanakan supervisi;
2.
Sebagai landasan
kerja kepala madrasah dalam menjalankan tugas, wewenang dan tanggungjawab selaku
supervisor;
3.
Sebagai acuan dalam
kegiatan monitoring, evaluasi, pembinaan dan pelaporan;
4.
Sebagai pedoman untuk
membantu guru dan pegawai dalam mengembangkan visi, misi dan tujuan madrasah;
5.
Sebagai bahan untuk
mengumpulkan data, mengola dan menganalisis tentang kemajuan SDM dan SDP
(Sumber Daya Pendidikan) lainnya.
D.
STRATEGI
Strategi
yang digunakan dalam kegiatan supervisi dan tindak lanjutnya adalah dengan
melakukan pengamatan, wawancara, memberikan arahan, bimbingan, contoh dan saran
kepada guru dan pegawai madrasah.
BAB
II
SASARAN
SUPERVISI
Kegiatan
supervisi dilakukan oleh Kepala Madrasah kepada guru-guru dan pegawai di
Madrasah. Adapun yang menjadi sasaran kegiatan ini adalah sebagai berikut:
No
|
Nama/NIP
|
Tmpt,
tgl lahir
|
Pendidikan/Jurusan
|
1
|
Rusyda El Safitri,S.Pd
|
Jombang, 20 Juni 1985
|
S1/Pend.Geografi
|
2
|
Hj.Musawwamah
|
Jombang, 10-04-1955
|
MAI
|
3
|
Kasni, S.Pd.I.
|
Jombang, 26-02-1963
|
S1/PAI
|
4
|
Mutrofin,S.Pd.I
|
Jombang, 07-09-1979
|
S1/ PAI
|
5
|
Muzaiyatun,S.PdI
|
Mojokerto, 01-04-1979
|
S1/ PAI
|
6
|
Maslahah,S.Pd,M.PdI
|
Jombang, 21-04-1982
|
S2/Managemen
|
7
|
Bagus Rokhmad
|
Jombang, 11-08-1985
|
MA
|
8
|
Wakhidah,S.PdI
|
Tuban, 14-11-1984
|
S1/ PAI
|
9
|
Moh.Abduh Mukhlison,S.Pd,M.PdI
|
Jombang, 03-10-1986
|
S1/ Matematika
|
10
|
Djakfar
|
Jombang, 05-12-1963
|
PGA
|
11
|
Yusuf Efendi
|
Jombang, 06-02-1992
|
MA
|
12
|
Musdalifah
|
Mojokerto,17-06-1995
|
MA
|
13
|
Djunaidi
|
Surabaya, 03 April 1982
|
MA
|
14
|
Siti Thoifah,S.Pd
|
S1/Bahasa Inggris
|
No
|
Mengjr
bid.studi
|
Kls
|
Jml jam
|
Tgs.Tambahan
|
Jlh jam
|
SertfksTahun
|
Telepon
|
1
|
IPS
|
5,6
|
6
|
Kepala Madrasah
|
18
|
2011
|
085645675889
|
2
|
Fiqih
SKI
Aswajah
Aqidah
|
4,5,6
4,5,6
4,5,6
4
|
6
6
6
2
|
085746853266
|
|||
3
|
Bahasa Indonesia
|
4,5,6
|
15
|
Wali Kelas 4, Pustakawan
|
12
|
2009
|
085731922753
|
4
|
Guru Kelas
|
1
|
25
|
Wali kelas 1
|
2
|
2012
|
085645955480
|
5
|
Guru Kelas
|
3
|
24
|
Wali kelas 3
|
2
|
2010
|
085748228023
|
6
|
MTK,IPA
|
5,6
|
9
|
085648453310
|
|||
7
|
Qur’an Hadist
Bahasa Arab
Nahwu/Shorof
|
2-6
4,5,6
4,5,6
|
10
6
6
|
Wali kelas 6
|
2
|
085731834800
|
|
8
|
Guru Kelas
|
2
|
24
|
Wali
kelas 2
|
2
|
085745349473
|
|
9
|
MTK
|
4,5
|
10
|
081515198568
|
|||
10
|
Penjaskes
|
4,5,6
|
6
|
085655968117
|
|||
11
|
Penjaskes
Bahasa Jawa
IPA
|
1,2,3
2,3
4
|
6
4
4
|
085645535618
|
|||
12
|
Bahasa Inggris
Bahasa Arab
|
1,2
1
|
4
2
|
085707286250
|
|||
13
|
Fiqih
Bahasa Arab
Qur’an Hadist
PKN
Bahasa Jawa
SBK
Aqidah
|
2
1,2
1
4,5,6
4
3,4
5,6
|
2
4
2
6
2
4
4
|
Wali kelas 5
|
2
|
085708167208
|
|
14
|
Bahasa Inggris
|
5,6
|
4
|
085733996613
|
BAB
III
PROGRAM
KERJA SUPERVISI AKADEMIK
A.
PROGRAM
KERJA TAHUNAN SUPERVISI AKADEMIK
No
|
Aspek/ Unsur
|
Sub Unsur Supervisi
|
Pelaksanaan Supervisi
|
Ket
|
|||||||||||
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
Januari
|
Pebruari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
||||
1
|
Perangkat
Perencanaan Pembelajaran
|
Silabus, Program
Tahunan, Program Semester dan RPP
|
X
|
|
|
|
X
|
|
|
|
|
|
|||
2
|
Proses Belajar
Mengajar
|
Strategi, metode,
teknik pembelajaran yang mengacu pada Permendiknas No. 41 tahun 2007
|
X
|
X
|
x
|
x
|
x
|
x
|
X
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
|
3
|
Media/ Alat
Pembelajaran dan Sumber Pembelajaran
|
Pemanfaatan alat
peraga dan sumber belajar
|
X
|
X
|
x
|
x
|
x
|
x
|
X
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
|
4
|
Lingkungan Sebagai
Sumber Belajar
|
Penataan lingkungan
belajar
|
X
|
X
|
x
|
x
|
x
|
x
|
X
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
|
5
|
Penilaian Hasil
Belajar
|
Teknik penilaian
|
X
|
X
|
x
|
x
|
x
|
x
|
X
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
|
6
|
Analisis Hasil
Belajar dan Tindak Lanjutnya
|
Analisis, perbaikan
dan pengayaan hasil belajar
|
X
|
X
|
x
|
x
|
x
|
x
|
X
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
|
7
|
Analisis Bahan Ajar
|
Konsep, Fakta
prinsip dan Prosedur
|
X
|
X
|
x
|
x
|
x
|
x
|
X
|
x
|
x
|
x
|
x
|
x
|
|
B.
PROGRAM PELAKSANAAN
KEGIATAN SUPERVISI AKADEMIK
No
|
Aspek/Unsur
|
Sub
Unsur
|
Tujuan
|
Indikator
Keberhasilan
|
Strategi/
Metode/ Teknik Supervisi
|
Skenario
Kegiatan
|
Sumber
Daya Yang Diperlukan
|
Penilaian
& Instrumen
|
Rencana
Tindak Lanjut
|
1
|
Perangkat Perencanaan Pembelajaran
|
Silabus, Program Semester, RPP
|
Guru mempunyai perangkat perencanaan pembelajaran : silabus,
program semester, RPP
|
Guru mampu menyusun perangkat pembelajaran : Silabus Program
Semester, RPP
|
Diskusi, Pemberian contoh, Supervisi klinis
|
Membimbing guru dalam menyusun/ membuat silabus, program
semester dan RPP
|
Kepala Madrasah, Guru, Permendiknas No. 22,23,24 tahun 2006 dan
No. 41 tahun 2007
|
Lembar observasi/ Daftar ceklis
|
Kegiatan monitoring/ kunjungan kelas
|
2
|
Proses Belajar Mengajar
|
Strategi, metode, teknik pembelajaran yang mengacu pada
Permendiknas No. 41 tahun 2007
|
Guru memilki beberapa strategi, teknik dan metode pembelajaran
|
Guru mampu menyusun dan menerapkan strategi, teknik dan metode
pembelajaran
|
Diskusi, Pemberian contoh, Supervisi klinis
|
Membimbing guru dalam menerapkan strategi, teknik dan metode
pembelajaran
|
Kepala Madrasah, Guru, Permendiknas No. 41 tahun 2007
|
Lembar observasi/ Daftar ceklis, lembar pengamatan, dokumentasi
|
Kegiatan monitoring/ kunjungan kelas
|
3
|
Media/ alat Pembelajaran dan Sumber Pembelajaran
|
Alat peraga dan sumber belajar
|
Guru dalam pembelajaran dapat memanfaatkan media pembelajaran
dan multi sumber
|
Guru mampu menciptakan dan atau memanfaatkan media pembelajaran
dan multi sumber belajar
|
Diskusi, Pemberian contoh, Supervisi klinis
|
Membimbing guru dalam membuat/ menggunakan alat peraga dan
sumber belajar
|
Guru, Permendiknas No. 20/2007, Sumber Dana
|
Lembar observasi/ Daftar ceklis, lembar pengamatan, dokumentasi
|
Kegiatan monitoring/ kunjungan kelas
|
4
|
Lingkungan Sebagai Sumber Belajar
|
Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar
|
Guru dalam pembelajaran dapat memanfaatkan lingkungan sebagai
sumber belajar
|
Guru mampu dan mau memanfaatkan lingkungan sebagai sumber
belajar
|
Diskusi, Pemberian contoh, Supervisi klinis
|
Membimbing guru memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar
|
Guru, hewan/tumbuhan/ benda/ peristiwa di sekitar.
|
Lembar observasi/ Daftar ceklis, lembar pengamatan, dokumentasi
|
Kegiatan monitoring/ kunjungan kelas
|
5
|
Penilaian Hasil Belajar
|
Penilai, teknik tes dan non tes
|
Guru dapat menyusun alat penilaian baik tes maupun non tes
|
Guru mampu menyusun/ membuat alat penilaian baik tes maupun non
tes
|
Diskusi, Pemberian contoh, Supervisi klinis
|
Membimbing guru dalam menyusun alat penilaian baik tes maupun
non tes
|
Guru, Pedoman penilaian di kelas SD/MI (BNSP), Permendiknas No.
20 tahun 2007
|
Lembar observasi/ Daftar ceklis, lembar pengamatan, dokumentasi
|
Kegiatan monitoring/ kunjungan kelas
|
6
|
Analisi Hasil Belajar dan Tindak Lanjutnya
|
Perbaikan dan pengayaan hasil belajar
|
Perbaikan dan pengayaan hasil belajar peserta didik
|
Guru mampu mengadakan perbaikan dan pengayaan peserta didik
setelah analisis hasil belajar
|
Diskusi, Pemberian contoh, Supervisi klinis
|
Membimbing guru dalam mengadakan perbaikan dan pengayaan hasil
belajar
|
Permendiknas No. 20 tahun 2007 dan buku pedoman penilaian kelas
SD/MI Depdiknas 2007
|
Lembar observasi/ Daftar ceklis, lembar pengamatan, dokumentasi
|
Kegiatan monitoring/ kunjungan kelas
|
7
|
Analisis Bahan Ajar
|
Analisis bahan ajar berupa konsep, fakta, prinsip dan prosedur
pembelajaran
|
Guru dapat menentukan bahan ajar berupa konsep, fakta, prinsip
atau prosedur dalam pembelajaran
|
Guru mampu dalam menentukan bahan ajar berupa konsep, fakta,
prinsip atau prosedur dalam pembelajaran
|
Diskusi, Pemberian contoh, Supervisi klinis
|
Membimbing guru dalam menentukan bahan ajar berupa konsep,
fakta, prinsip atau prosedur dalam pembelajaran
|
Dokumen RPP
|
Lembar observasi/ Daftar ceklis, lembar pengamatan, dokumentasi
|
Kegiatan monitoring/ kunjungan kelas
|
BAB
IV
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Program
tahunan supervisi akademik MI Al-Hikmah Balongrejo Kecamatan Sumobito Kabupaten
Jombang disusun dalam rangka mengembangan kompetensi pendidik dan tenaga
kependidikan di MI Al-Hikmah Balongrejo dan untuk memberikan motivasi guru
dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik.Komitmen untuk menjadi guru yang
profesional merupakan harapan yang harus diwujudkan oleh berbagai pihak
khususnya guru yang bersangkutan.
B.
SARAN-SARAN
Keberhasilan
dalam mewujudkan visi, misi dan tujuan madrasah dengan kegiatan supervisi
diharapkan bukanlah satu-satunya cara. Komitmen dari semua pihak khususnya
pemangku kepentingan di MI Al-Hikmah Balongrejo untuk mencapai tujuan bersama
sangat di harapkan wujud nyatanya.
Kami
sangat sadar bahwa Program Tahunan Supervisi Akademik MI Al-Hikmah Balongrejo
Tahun Pelajaran 2015/2016 yang kami susun ini masih jauh dari sempurna.
Kekurangan dan kesalahan masih banyak di temukan di sana sini. Untuk itulah
kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi penyempurnaan
penyusunan
program di masa datang.
0 komentar:
Posting Komentar