Pages

Selasa, 03 November 2015

Program supervisi madrasah






PROGRAM TAHUNAN SUPERVISI AKADEMIK
DAN PELAKSANAANNYA
MI AL-HIKMAH BALONGREJO
TAHUN PELAJARAN 2015/2016



Disusun Dalam Rangka Pengembangan Kompetensi, Motivasi dan Komitmen Guru Yang Profesional di MI Al-Hikmah Balongrejo







Oleh :
RUSYDA EL SAFITRI,S.Pd
(Kepala Madrasah)











YAYASAN PENDIDIKAN “ AL – HIKMAH “
MI AL-HIKMAH
BALONGREJO SUMOBITO JOMBANG
Jl. KH. Arief Syahid No.176 Balongrejo Badas Sumobito Jombang











YAYASAN PENDIDIKAN “ AL – HIKMAH “
MI AL-HIKMAH
BALONGREJO SUMOBITO JOMBANG
Jl. KH. Arief Syahid No.176 Balongrejo Badas Sumobito Jombang





LEMBAR PENGESAHAN

      Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah Balongrejo Sumobito Jombang  telah menyusun Program tahunan supervisi akademik dan pelaksanaannya tahun pelajaran 2015/2016.














Mengetahui,                                                                    Jombang,   27 Juli  2015
PPAI Kec. Sumobito                                                       Kepala Madrasah




Umi Salamah,S.Ag,M.Pd                                                 Rusyda El Safitri,S.Pd
NIP. 197205101998032005












KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT.2015/2016ang melimpahkan rahmat, taufik serta hidayah-Nya sehingga kami mampu menyelesaikan penyusunan Program Supervisi Akademik MI Al-Hikmah Balongrejo Sumobito Jombang Tahun Pelajaran 2015/2016.
Program Supervisi Akademik MI Al-Hikmah Balongrejo Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang disusun sebagai pedoman dalam menjalankan kegiatan Supervisi Akademik oleh Kepala Madrasah dalam usaha Pengembangan Kompetensi, Motivasi dan Komitmen Guru Yang Profesional di MI Al-Hikmah Balongrejo.
Ucapan terima kasih disampaikan kepada :
1.       Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang yang telah memotivasi dan memfasilitasi penyusunan Program Supervisi Akademik Madrasah khususnya Kasi Pendma Kankemenag Kabupaten Jombang;
2.       PPAI Kecamatan sumobito yang telah memberikan bimbingan dalam penyelesaian penyusunan Program Supervisi Akademik MI Al-Hikmah Balongrejo Sumobito Jombang;
3.       Bapak/Ibu Dewan Guru MI Al-Hikmah Balongrejo Sumobito Jombang yang berkenan dan bersedia mendukung tugas-tugas Kepala Madrasah khususnya pelaksanaan kegiatan supervisi.
Walaupun telah dikaji ulang, kelemahan dan kesalahan masih saja dijumpai pada program ini.Ibarat pepatah tiada gading yang tak retak dan tiada laut yang bertebing.Saran, kritik dan masukan dari berbagai pihak dengan tangan terbuka kami terima demi perbaikan dan penyempurnaan program kerja ini dimasa mendatang.
                                                                                                                   
                                                                                                                   
                                                                                                                    Jombang, 27  Juli  2015
                                                                                                                    Penyusun




                                                                                                                    Rusyda El Safitri,S.Pd




















DAFTAR ISI  

Halaman Judul....................................................................................................        
Halaman Pengesahan..........................................................................................        
Kata Pengantar....................................................................................................        
Daftar Isi..............................................................................................................        

BAB I   : PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang..................................................................................        
B.   Visi, Misi Dan Tujuan Madrasah.........................................................        
C.   Landasan..........................................................................................        
D.   Tujuan .............................................................................................        
E.   Strategi ...........................................................................................        

BAB II  :  SASARAN PROGRAM SUPERVISI
A.      Sasaran Kegiatan Supervisi...............................................................        

BAB III :  PROGRAM KERJA TAHUNAN
A.      Program Kerja Tahunan Supervisi Akademik ......................................        
B.      Program Kegiatan Tahunan Supervisi Akademik .................................        

BAB IV : PENUTUP
A.      Kesimpulan......................................................................................        
B.      Saran..............................................................................................        

LAMPIRAN-LAMPIRAN :



BAB I
PENDAHULUAN

A.      LATAR BELAKANG
Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan pada satuan pendidikan diperlukan berbagai faktoryang urgen untuk dibina dan dikembangkan secara aktif, inovatif dan kreatif, diantaranya tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan staf serta faktor pendukung lainnya.
Eksistensi Kepala Madrasah merupakan bagian integral dalam upaya peningkatan mutu pendidikan.Bersama guru dan staf lainnya berkolaborasi secara aktif, kreatif, inovatif dan variatif membina dan mengembangkan mutu pendidikan pada sistem satuan pendidikan.
Salah satu tugas pokok Kepala Madrasah adalah melaksanakan fungsi-fungsi supervisi akademik maupun supervisi manajerial kelas. Supervisi akademik adalah kegiatan membina dan membantu guru dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran/ bimbingan dan kualitas hasil belajar siswa. Sedangkan supervisi manajerial kelas adalah proses kegiatan memberikan pembinaan, penilaian dan bantuan/ bimbingan dalam kaitannya dengan adsministrasi kelas misalnya kesiswaan, sarana, program 5K, BP/BK di kelas, dll.
Dalam konteks di atas untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan amatlah diperlukan program supervisi madrasah yang terpola secara sistematis, akuntabel dan berkelanjutan.

·         Visi :
            Terwujudnya generasi agamis, berilmu, kreatif dan mampu berkompetensi
v  Indikator-Indikatornya adalah:
l Terciptanya peningkatan pengetahuan Peserta didik dalam bidang IMTAQ dan  IPTEK 
l Terlaksananya peningkatan dan pengembangan SDM
l Terlaksananya proses pembelajaran yang bermutu dan menyenangkan
l Terwujudnya sarana/prasarana pendidikan yang memadai
l Terealisasinya peningkatan prestasi akademik melalui nilai ujian dan lomba-lomba
l Tercapainya peningkatan Kualitas lulusan madrasah
l Terciptanya kepercayaan dari masyarakat
l Terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat.

·         Misi :
a. Mengembangkan madrasah sehingga memiliki jati diri ke islaman
b. Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu sesui iptek.
c. Mengembangkan potensi siswa mampu terampil dan kreatif.
d. Melaksanakan pembinaan kompetisi bidang akademik dan non akademik.


·         Tujuan MI AL-HIKMAH BALONGREJO

1.       Madrasah dapat meningkatkan kemampuan anak didik dalam berwudlu, sholat, hafalan surat-surat pendek dan hafalan do’a khusus.
2.       Madrasah mengembangkan KTSP 100% untuk semua mata pelajaran.
3.       Madrasah mengembangkan PAKEM/ CTL 100% untuk semua mata pelajaran.
4.       Madrasah menargetkan lulusan dengan nilai rata-rata 8.00
5.       Proporsi lulusan yang melanjutkan ke Madrasah dan Madrasah pilihan 1 minimal 30%
6.       Madrasah memiliki 90%  tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang layak.
7.       Madrasah memiliki sarana prasarana 75% yang memiliki SPM.
8.       Madrasah memiliki 5% siswa-siswi yang pandai berbahasa Inggris.
9.       Madrasah mampu menjadi Juara 1 dalam Seni baca Al-Qur’an tingkat Nasional.
10.   Madrasah memiliki TIM Olahraga minimal 3 (tiga) cabang olahraga yang menjadi juara Kabupaten.
11.     Madrasah memiliki lingkungan yang nyaman, aman dan agamis yang memenuhi kriteria madrasah efektif.
12.     Madrasah menciptakan iklim yang kondusif dan harmonis antara madrasah dan masyarakat.
13.     Mengaktualisasikan ilmu yang diperoleh dalam perbuatan nyata.

B.      LANDASAN
1.       Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
2.       Undang-undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen;
3.       Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional;
4.       Peraturan Pemerintah Nomor 74 tahun 2008 tentang Sertifikasi Guru;
5.       Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan;
6.       Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2007 tentang Standar Penilaian;
7.       Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 24 tahun 2007 tentang Standar Sarana Prasarana;
8.       Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 41 tahun 2007 tentang Standar Proses.
9.       Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia  Nomor 000912 Tahun 2013.
C.     TUJUAN
Tujuan Program Supervisi disusun adalah :
1.       Sebagai pedoman untuk melaksanakan supervisi;
2.       Sebagai landasan kerja kepala madrasah dalam menjalankan tugas, wewenang dan tanggungjawab selaku supervisor;
3.       Sebagai acuan dalam kegiatan monitoring, evaluasi, pembinaan dan pelaporan;
4.       Sebagai pedoman untuk membantu guru dan pegawai dalam mengembangkan visi, misi dan tujuan madrasah;
5.       Sebagai bahan untuk mengumpulkan data, mengola dan menganalisis tentang kemajuan SDM dan SDP (Sumber Daya Pendidikan) lainnya.



D.     STRATEGI
Strategi yang digunakan dalam kegiatan supervisi dan tindak lanjutnya adalah dengan melakukan pengamatan, wawancara, memberikan arahan, bimbingan, contoh dan saran kepada guru dan pegawai madrasah.



BAB II
SASARAN SUPERVISI

Kegiatan supervisi dilakukan oleh Kepala Madrasah kepada guru-guru dan pegawai di Madrasah. Adapun yang menjadi sasaran kegiatan ini adalah sebagai berikut:

No
Nama/NIP
Tmpt, tgl lahir
Pendidikan/Jurusan
1
Rusyda El Safitri,S.Pd
Jombang, 20 Juni 1985
S1/Pend.Geografi
2
Hj.Musawwamah
Jombang,  10-04-1955
MAI
3
Kasni, S.Pd.I.
Jombang,  26-02-1963
S1/PAI
4
Mutrofin,S.Pd.I
Jombang,  07-09-1979
S1/ PAI
5
Muzaiyatun,S.PdI
Mojokerto, 01-04-1979
S1/ PAI
6
Maslahah,S.Pd,M.PdI
Jombang, 21-04-1982
S2/Managemen
7
Bagus Rokhmad
Jombang, 11-08-1985
MA
8
Wakhidah,S.PdI
Tuban, 14-11-1984
S1/ PAI
9
Moh.Abduh Mukhlison,S.Pd,M.PdI
Jombang, 03-10-1986
S1/ Matematika
10
Djakfar
Jombang, 05-12-1963
PGA
11
Yusuf Efendi
Jombang, 06-02-1992
MA
12
Musdalifah
Mojokerto,17-06-1995
MA
13
Djunaidi
Surabaya, 03 April 1982
MA
14
Siti Thoifah,S.Pd

S1/Bahasa Inggris

No
Mengjr bid.studi
Kls
Jml jam
Tgs.Tambahan
Jlh jam
SertfksTahun
Telepon
1
IPS
5,6
6
Kepala Madrasah
18
2011
085645675889
2
Fiqih
SKI
Aswajah
Aqidah
4,5,6
4,5,6
4,5,6
4
6
6
6
2



085746853266
3
Bahasa Indonesia
4,5,6
15
Wali Kelas 4, Pustakawan
12
2009
085731922753
4
Guru Kelas
1
25
 Wali kelas 1
 2
2012 
085645955480
5
Guru Kelas
3
24
 Wali kelas 3
 2
2010
 085748228023
6
MTK,IPA
5,6
9



085648453310
7
Qur’an Hadist
Bahasa Arab
Nahwu/Shorof
2-6
4,5,6
4,5,6
10
6
6
Wali kelas 6
2

085731834800
8
Guru Kelas
2
24
 Wali kelas 2
 2

085745349473
9
MTK
4,5
10



081515198568
10
Penjaskes
4,5,6
6



085655968117
11
Penjaskes
Bahasa Jawa
IPA
1,2,3
2,3
4
6
4
4



085645535618
12
Bahasa Inggris
Bahasa Arab
1,2
1
4
2



085707286250
13
Fiqih
Bahasa Arab
Qur’an Hadist
PKN
Bahasa Jawa
SBK
Aqidah
2
1,2
1
4,5,6
4
3,4
5,6
2
4
2
6
2
4
4
Wali kelas 5
2

085708167208
14
Bahasa Inggris
5,6
4



085733996613

BAB III
PROGRAM KERJA SUPERVISI AKADEMIK

A.      PROGRAM KERJA TAHUNAN SUPERVISI AKADEMIK
No
Aspek/ Unsur
Sub Unsur Supervisi
Pelaksanaan Supervisi
Ket
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
Januari
Pebruari
Maret
April
Mei
Juni
1
Perangkat Perencanaan Pembelajaran
Silabus, Program Tahunan, Program Semester dan RPP


 X




 X





2
Proses Belajar Mengajar
Strategi, metode, teknik pembelajaran yang mengacu pada Permendiknas No. 41 tahun 2007
 X
 X
 X

3
Media/ Alat Pembelajaran dan Sumber Pembelajaran
Pemanfaatan alat peraga dan sumber belajar
 X
 X
 X

4
Lingkungan Sebagai Sumber Belajar
Penataan lingkungan belajar
 X
 X
 X

5
Penilaian Hasil Belajar
Teknik penilaian
 X
 X
 X

6
Analisis Hasil Belajar dan Tindak Lanjutnya
Analisis, perbaikan dan pengayaan hasil belajar
 X
 X
 X

7
Analisis Bahan Ajar
Konsep, Fakta prinsip dan Prosedur
 X
 X
 X


B.      PROGRAM PELAKSANAAN KEGIATAN SUPERVISI AKADEMIK
No
Aspek/Unsur
Sub Unsur
Tujuan
Indikator Keberhasilan
Strategi/ Metode/ Teknik Supervisi
Skenario Kegiatan
Sumber Daya Yang Diperlukan
Penilaian & Instrumen
Rencana Tindak Lanjut
1
Perangkat Perencanaan Pembelajaran
Silabus, Program Semester, RPP
Guru mempunyai perangkat perencanaan pembelajaran : silabus, program semester, RPP
Guru mampu menyusun perangkat pembelajaran : Silabus Program Semester, RPP
Diskusi, Pemberian contoh, Supervisi klinis
Membimbing guru dalam menyusun/ membuat silabus, program semester dan RPP
Kepala Madrasah, Guru, Permendiknas No. 22,23,24 tahun 2006 dan No. 41 tahun 2007
Lembar observasi/ Daftar ceklis
Kegiatan monitoring/ kunjungan kelas
2
Proses Belajar Mengajar
Strategi, metode, teknik pembelajaran yang mengacu pada Permendiknas No. 41 tahun 2007
Guru memilki beberapa strategi, teknik dan metode pembelajaran
Guru mampu menyusun dan menerapkan strategi, teknik dan metode pembelajaran
Diskusi, Pemberian contoh, Supervisi klinis
Membimbing guru dalam menerapkan strategi, teknik dan metode pembelajaran
Kepala Madrasah, Guru, Permendiknas No. 41 tahun 2007
Lembar observasi/ Daftar ceklis, lembar pengamatan, dokumentasi
Kegiatan monitoring/ kunjungan kelas
3
Media/ alat Pembelajaran dan Sumber Pembelajaran
Alat peraga dan sumber belajar
Guru dalam pembelajaran dapat memanfaatkan media pembelajaran dan multi sumber
Guru mampu menciptakan dan atau memanfaatkan media pembelajaran dan multi sumber belajar
Diskusi, Pemberian contoh, Supervisi klinis
Membimbing guru dalam membuat/ menggunakan alat peraga dan sumber belajar
Guru, Permendiknas No. 20/2007, Sumber Dana
Lembar observasi/ Daftar ceklis, lembar pengamatan, dokumentasi
Kegiatan monitoring/ kunjungan kelas
4
Lingkungan Sebagai Sumber Belajar
Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar
Guru dalam pembelajaran dapat memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar
Guru mampu dan mau memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar
Diskusi, Pemberian contoh, Supervisi klinis
Membimbing guru memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar
Guru, hewan/tumbuhan/ benda/ peristiwa di sekitar.
Lembar observasi/ Daftar ceklis, lembar pengamatan, dokumentasi
Kegiatan monitoring/ kunjungan kelas
5
Penilaian Hasil Belajar
Penilai, teknik tes dan non tes
Guru dapat menyusun alat penilaian baik tes maupun non tes
Guru mampu menyusun/ membuat alat penilaian baik tes maupun non tes
Diskusi, Pemberian contoh, Supervisi klinis
Membimbing guru dalam menyusun alat penilaian baik tes maupun non tes
Guru, Pedoman penilaian di kelas SD/MI (BNSP), Permendiknas No. 20 tahun 2007
Lembar observasi/ Daftar ceklis, lembar pengamatan, dokumentasi
Kegiatan monitoring/ kunjungan kelas
6
Analisi Hasil Belajar dan Tindak Lanjutnya
Perbaikan dan pengayaan hasil belajar
Perbaikan dan pengayaan hasil belajar peserta didik
Guru mampu mengadakan perbaikan dan pengayaan peserta didik setelah analisis hasil belajar
Diskusi, Pemberian contoh, Supervisi klinis
Membimbing guru dalam mengadakan perbaikan dan pengayaan hasil belajar
Permendiknas No. 20 tahun 2007 dan buku pedoman penilaian kelas SD/MI Depdiknas 2007
Lembar observasi/ Daftar ceklis, lembar pengamatan, dokumentasi
Kegiatan monitoring/ kunjungan kelas
7
Analisis Bahan Ajar
Analisis bahan ajar berupa konsep, fakta, prinsip dan prosedur pembelajaran
Guru dapat menentukan bahan ajar berupa konsep, fakta, prinsip atau prosedur dalam pembelajaran
Guru mampu dalam menentukan bahan ajar berupa konsep, fakta, prinsip atau prosedur dalam pembelajaran
Diskusi, Pemberian contoh, Supervisi klinis
Membimbing guru dalam menentukan bahan ajar berupa konsep, fakta, prinsip atau prosedur dalam pembelajaran
Dokumen RPP
Lembar observasi/ Daftar ceklis, lembar pengamatan, dokumentasi
Kegiatan monitoring/ kunjungan kelas





BAB IV
PENUTUP

A.      KESIMPULAN
Program tahunan supervisi akademik MI Al-Hikmah Balongrejo Kecamatan Sumobito Kabupaten Jombang disusun dalam rangka mengembangan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan di MI Al-Hikmah Balongrejo dan untuk memberikan motivasi guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik.Komitmen untuk menjadi guru yang profesional merupakan harapan yang harus diwujudkan oleh berbagai pihak khususnya guru yang bersangkutan.

B.      SARAN-SARAN
Keberhasilan dalam mewujudkan visi, misi dan tujuan madrasah dengan kegiatan supervisi diharapkan bukanlah satu-satunya cara. Komitmen dari semua pihak khususnya pemangku kepentingan di MI Al-Hikmah Balongrejo untuk mencapai tujuan bersama sangat di harapkan wujud nyatanya.
Kami sangat sadar bahwa Program Tahunan Supervisi Akademik MI Al-Hikmah Balongrejo Tahun Pelajaran 2015/2016 yang kami susun ini masih jauh dari sempurna. Kekurangan dan kesalahan masih banyak di temukan di sana sini. Untuk itulah kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan demi penyempurnaan penyusunan program di masa datang.




0 komentar:

Posting Komentar