Pages

Rabu, 04 November 2015

RKJM Bab 3 (1)



BAB III
RENCANA KERJA MADRASAH


A.      RENCANA STRATEGIS PENGEMBANGAN MADRASAH
1.     Rencana Strategis Pengembangan Standar isi
Berdasarkan pada kondisi diatas yang tergambar pada profil (tabel identifikasi tantangan/masalah, penyebab, tujuan dan penanganannya) maka MI AL-HIKMAH BALONGREJO Kab. Jombang kemudian menyusun rencana strategis untuk 4 (empat) tahun kedepan.
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan di MI AL-HIKMAH BALONGREJO Kab. Jombang telah terlaksana dengan baik, seiring dengan perkembangan globalisasi yang makin meningkat dan diarahkan pada Kurikulum dan penilaian yang bertaraf nasional merupakan rencana jangka panjang. Hal ini kemudian diimplementasikan dalam beberapa tahun kedepan, yakni Tahun 2014/2015 MI AL-HIKMAH BALONGREJO Kab. Jombang 100% dokumen KTSP lengkap dan siap diimplementasikan, tahun 2015/2016 Meningkatkan SKL yang memiliki keunggulan Madrasah sampai 30% dan pada tahun 2016/2017 MI AL-HIKMAH BALONGREJO Kab. Jombang mencapai keunggulan sampai 60  % – 70 % Dan tahun 2017/2018 meningkat sampai 75 % - 80 %
Berdasarkan uraian tersebut tersebut diatas, rencana strategis pencapaian standar isi              MI AL-HIKMAH BALONGREJO Kab. Jombang dapat digambarkan sebagaimana dalam tabel berikut:
Komponen/
Sasaran
2014/2015
2015/2016
2016/2017
2017/2018
Standar isi :
Tersusunnya dokumen KTSP I dan II

Memiliki dokumen KTSP I dan II yang siap diimplementasi-kan 100%

Meningkatkan SKL yang memiliki karakteristik keunggulan Madrasah 30%

Meningkatkan SKL yang memiliki karakteristik keunggulan Madrasah 70%

Meningkatkan SKL yang memiliki karakteristik keunggulan Madrasah 80%

2.     Rencana Strategis Pengembangan Standar proses;
Dalam standar proses tahun 2014/2015, 50% Guru telah mampu melakukan pembelajaran berkualitas, mengubah atmosfir belajar, gemar baca tulis, observasi, PAKEM dan CTL serta mampu meningkatkan hasil belajar, pada tahun 2015/2016 100% guru telah mampu melakukan pembelajaran berkualitas, mengubah atmosfir belajar, gemar baca tulis, observasi, melakukan PAKEM dan CTL serta setiap guru mampu mengembangkan materi ajar dan memanfaatkan setiap media pembelajaran yang tersedia.
Berdasarkan uraian tersebut diatas, rencana strategis pencapaian standar proses                      MI AL-HIKMAH BALONGREJO Kab. Jombang dapat digambarkan sebagaimana dalam tabel berikut
Komponen/
Sasaran
2014/2015
2015/2016
2016/2017
2017/2018
Standar proses :
Guru telah mampu melakukan pembelajaran berkualitas
Guru telah mampu  mengubah atmosfir belajar, gemar baca tulis, observasi, PAKEM dan CTL serta mampu meningkatkan hasil belajar sebesar 50%
Guru telah mampu melakukan pembelajaran berkualitas sebesar 75%
Mengubah atmosfir belajar, gemar baca tulis, observasi, melakukan PAKEM dan CTL sebesar 75%
Guru mampu mengembangkan materi ajar dan memanfaatkan setiap media pembelajaran yang tersedia sebesar 100%



3.     Rencana Strategis Pengembangan Standar sarana dan prasarana;

Partisipasi masyarakat yang begitu besar diimbangi kemauan untuk ikut serta memikirkan penambahan alat dan media pendidikan serta pengembangan penilaian akan menjadi modal dasar bagi MI AL-HIKMAH BALONGREJO Kab. Jombang  untuk menyongsong pendidikan yang cerah di masa datang. Empat tahun ke depan, seiring pencanangan Propinsi menjadi kota, Bahasa Inggris untuk satu tahun ke depan akan dilaksanakan di Madrasah ini menyongsong era globalisasi dan pencanangan tersebut.
Berdasarkan uraian tersbut tersebut diatas, rencana strategis pencapaian standar sarana dan prasarana MI AL-HIKMAH BALONGREJO Kab. Jombang  dapat digambarkan sebagaimana dalam tabel berikut:
Komponen/ Sasaran
2014/2015
2015/2016
2016/2017
2017/2018
Standar sarana dan prasarana :
Merintis Madrasah bertaraf nasional

Minimal memiliki 6 kamar mandi siswa yang bagus

Meningkatkan Kondisi Ruang Kelas serta media pembelajaran semakin baik ( LCD setiap kelas dll )

Meningkatkan jumlah kelas menjadi 10 kelas milik sendiri

Seluruh ruang kelas milik sendiri dan Madrasah telah memenuhi standar sarana prasarana


4.     Rencana Strategis Pengembangan Standar pengelolaan;
 Rencana strategis pencapaian standar pengelolaan MI AL-HIKMAH BALONGREJO Kab. Jombang  dapat digambarkan sebagaimana dalam tabel berikut:

Komponen
2014/2015
2015/2016
2016/2017
2017/2018
Standar  Pengelolaan
Terakriditasi B
Terakriditasi B plus
Terakriditasi A
Terakriditasi A plus

5.     Rencana Strategis Pengembangan Standar pembiayaan
 Rencana strategis Pembiayaan dapat digambarkan sebagaimana dalam tabel berikut:
Komponen
2014/2015
2015/2016
2016/2017
2017/2018
Standar sarana dan prasarana
Memiliki Alat Peraga Semua Bidang studi MIPA
Memiliki Kelengkapan alat peraga semua bidang studi sesuai standar sarana dan prasarana
Memiliki Laboratorium Komputer dan IPA yang memadai
Memiliki Laboratorium Komputer, IPA dan Bahasa

6.     Rencana Strategis Pengembangan Standar penilaian pendidikan. ,
 Rencana strategis pencapaian standar penilaian           pendidikan         MadrasaH dapat digambarkan sebagaimana dalam tabel berikut:
Komponen
2014/2015
2015/2016
2016/2017
2017/2018
Standar penilaian
pendidikan
Lulus 100 % dengan Nilai Rata-rata UASBN minimal 25,00
Lulus 100 % dan Nilai Rata-rata UASBN 26,00
Lulus 100 % dan Nilai Rata rata UASBN 27,00
Lulus 100 % dan Nilai Rata rata UASBN 28,00



B.      RENCANA PROGRAM KERJA MADRASAH
Rencana kerja Madrasah adalah rencana operasional yang disusun berdasarkan program, sasaran dan kegiatan yang akan dilakukan dalam waktu tertentu ( 4 tahun atau 1 tahun) guna merealisasikan pencapaian 8 standar nasional pendidikan yang diharapkan. Bertolak dad analisis terhadap rencana strategis yang telah dirumuskan dan ditetapkan dalam upaya peningkatan mutu dan pengembangan Madrasah dalam memenuhi 8 (delapan) standar pendidikan nasional, perlu disusun rencana program kerja Madrasah jangka menengah ( 4 tahun) dan rencana kerja jangka pendek (1 tahun) yang berisi: (1) penetapan Program-program untuk jangka menengah (empat tahun yang akan datang) ataupun jangka pendek (per tahun); (2) penentuan sasaran-sasaran yang direncanakan untuk mencapai program-program tersebut; (3) penentuan indikator-indikator keberhasilan sasaran; (4) penyusunan kegiatan-kegiatan yang dilakukan; (5) penetapan penanggung jawab kegiatan; dan (6) penyusunan jadwal kegiatan pengembangan Madrasah.

1. Penetapan Program
Program merupakan pernyataan yang berisi kesimpulan dari beberapa harapan atau tujuan yang saling bergantung dan saling terkait, untuk mencapai suatu sasaran yang sama.
Biasanya satu program mencakup seluruh kegiatan yang berada di bawah unit administrasi yang sama, atau sasaran-sasaran yang saling bergantung dan saling melengkapi, yang semuanya harus dilaksanakan secara bersamaan atau berurutan.

2. Penetapan Sasaran-Sasaran
Sasaran digunakan sebagai panduan dalam menyusun kegiatan yang akan dilakukan dalam Waktu tertentu (4 atau 1 tahun) guna merealisasikan program-program yang telah direncanakan Sasaran yang baik adalah:
a.  Realistis
b.  Dapat Diukur
c.  Spesifik

3. Penentuan Indikator Keberhasilan
a. Indikator keberhasilan adalah ukuran yang digunakan untuk menilai apakah sasaran/ program yang ditetapkan berhasil atau tidak.
b.  Indikator keberhasilan bisa berkaitan dengan proses dan dapat juga berkaitan langsung dengan hasil akhir.
c.  Indikator keberhasilan dapat bersifat kuantitatif atau kualitatif‑
d.  Indikator yang baik: SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time bound)
1)     Dirumuskan secara spesifik & operasional,
2)     Dapat diukur,
3)     Dapat Dicapai (realistis),
4)     Relevan,
5)     Dicapai dalam batas waktu yang ditentukan, dan
6)     Dirumuskan dalam bentuk kalimat pernyataan.
 Indikator Keberhasilan:
1)         KTSP dokumen I dan II sudah tersusun 100% pada tahun 2014/2015

4.  Menyusun Kegiatan
a.    Pelatihan guru dalam menyusun silabus dan RPP
b.    Pelatihan kepala dan wakamad dalam menyusun KTSP dokumen
c.    Penyusunan KTSP dokumen I dan II

5. Penetapan Penanggung Jawab Kegiatan
Penanggung jawab program/kegiatan dapat ditangani oleh:
a. Kepala Madrasah
b.  Komite Madrasah
d. Kepala Mapenda Departemen Agama Kabupaten/Kota
e. Pengawas Pendidikan Agama IsLam
  1. Penentuan Jadwal Kegiatan Madrasah dalam 4 tahun

JADWAL KEGIATAN PENGEMBANGAN MADRASAH

Nama Madrasah    :  MI AL-HIKMAH BALONGREJO
Alamat                  :  Balongrejo Sumobito Jombang
Telp./Faks.            :   -

No.
Program/sasaran
2014/2015
2015/2016
2016/2017
2017/2018
Smt 1
Smt 2
Smt 1
Smt 2
Smt 1
Smt 2
Smt 1
Smt 2
1.
Madrasah Efektif
 Sasaran 1. Efektif Masukan  Siswa baru
Sasaran 2.Efektif Proses Pembelajaran
Sasaran 3. Efektif Lulusan

Ö

Ö

Ö



Ö

Ö

Ö

Ö

Ö



Ö

Ö

Ö

Ö

Ö



Ö

Ö

Ö

Ö

Ö



Ö

Ö
2.
Peningkatan Prestasi Akademik dan Non Akademik
Sasaran 1. Prestasi Hasil Belajar siswa
Sasaran 2. Prestasi Non Akdemik Siswa Tingkat Kecamatan, Kabupaten dan Propinsi


Ö

Ö


Ö

Ö


Ö

Ö


Ö

Ö


Ö

Ö


Ö

Ö


Ö

Ö


Ö

Ö

7. Rencana Program Kerja Madrasah Jangka Menengah (4 Tahun)
Program Kerja Madrasah untuk Pengembangan Standar Isi
NO
PROGRAM
SASARAN
INDIKATOR
KEBERHASILAN
BlAYA (Rp.)
1.
Penyusunan/ revisi KTSP
(kurikulum
Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah Balongrejo)
Tersusunnya
kurikulum Madrasah
(KTSP)

KTSP sudah
tersusun

400.000,-
2
Penerapan KTSP
Terimplementasinya
KTP

KTSP sudah diterapkan secara menyeluruh
400.000,-


Jumlah
800.000,-

Program Kerja Madrasah untuk Pengembangan Standar Proses
NO
PROGRAM
SASARAN
INDIKATOR
KEBERHASILAN
BIAYA (Rp.)
1.
Penyusunan Perangkat pembelajaran
Tersusunnya perangkat  pembelajaran
Perangkat pembelajaran sudah tersusun
800.000,-
2.
Penyusunan program pembelajaran
Tersusunnya program pembelajaran
sudah tersusunnya Program pembelajaran
800.000,-
3.
Pengaktifan komputerisasi penilaian KTSP
Keaktifan komputerisasi penilaian KTSP
Proses penilaian komputerisasi terlaksana
400.000,-
4.
Pelaporan hasil KBM
Pelaporan berupa hasil UH, UTS semester
Tersusunnya buku pelaporan hasil PBM
6.120.000,-
Jumlah Total
8.120.000,-

Program Kerja Madrasah untuk Pengembangan Standar Kompetensi Lulusan
NO
PROGRAM
SASARAN
INDIKATOR
KEBERHASILAN
BIAYA

1.
Sosialisasi SKL
SKL diketahui semua Civitas             MI AL-HIKMAH BALONGREJO
Civitas MI AL-HIKMAH BALONGREJO mangetahui SKL
1.000.000,-

2
Pemilihan Metode Pengembangan SKL
Terpilihnya Metode Pengembangan SKL
Metode sudah dipilih untuk mengembangkan SKL
400.000,-

3
Penerapan Metode Yang Sudah Terpilih
Menerapkan Metode yang Terpilih
Metode sudah diterapkan
400.000,-

4
Uji Coba SKL yang dikembangkan
Mengujicobakan SKL kepada Siswa
Keberhasilan SKL yang telah dikembangkan
400.000,-

Jumlah Total
2.200.000,-






4. Program Kerja Madrasah untuk Pengembangan Standar Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
NO
PROGRAM
SASARAN
INDIKATOR
KEBERHASILAN
Biaya
1.
Pelatihan Guru Mata Pelajaran
Terlatihnya semua Guru Mata Pelajaran
Guru Menerapkan Hasil Pelatihan
2.100.000,-
2.
Pengaktifan KKG
Aktifnya Guru mengikuti KKG
Kreatifitas Guru dalam PBM
4.480.000,-
Jumlah Total
6.580.000,-


5. Program Kerja Madrasah untuk Pengembangan Standar Sarana Prasarana
NO
PROGRAM
SASARAN
INDIKATOR
KEBERHASILAN
BIAYA

  1. 1
Pengadaan format/ blangko perangkat pembelajaran
Guru dan siswa
Tersedianya format/ blangko perangkat
5.600.000,-

  1. 5
Pengadaan solfware program Penyusunan   jadwal pelajaran 2014/2015 - 2017/2018
Guru dan siswa
Tersedianya jadwal pelajaran dan   pembagian jam mengajar dengan cepat
400.000,-

  1. 9
Pengadaan form.dan Pelaporan Hasil KBM ( Buku Laporan Hasil Ulangan )
Guru dan siswa
Tersedianya format/ blangko perangkat Hasil Ulangan Rapor
5.874.000,-

  1. 10
Penyediaan sarana prasarana dalam kegiatan KKG            
Guru
Tersedianya saran yang diperlukan untuk KKG
2.800.000,-

  1. 18
Rehabilitasi Kelas
Ruang Kelas
Terwujudnya ruang kelas yang representatif
20.000.000,-

  1. 22
Perawatan / pengecatan  gedung
Gedung
Terwujudnya gedung  yang representatif
20.000.000,-

  1. 27
Renovasi/ pengadaan meja kursi siswa
siswa
Terwujudnya meja kursi  yang representatif
20.000.000,-

  1. 32
Pengadaan Internet
Guru dan siswa
Terwujudnya internet sekolah
2.400.000,-

  1. 33
Pengadaan Meja Guru
Guru
Terwujudnya sarana kelengkapan guru
3.000.000,-

10.
Pengadaan sarana olahraga dan ekstrakurikuler
Siswa
Kelengkapan alat olahraga dan ekstrakurikuer
6.000.000,-

11.
Pengadaan LCD 1 unit
2014/2015

Terwujudnya media pembelajaran
6.500.000,-

Jumlah Total
92.574.000,-


Rp. 438.076.000



6. Program Kerja Madrasah untuk Pengembangan Standar Pengelolaan
NO
PROGRAM
SASARAN
INDIKATOR
KEBERHASILAN
BIAYA (Rp.)
1.
Kalender Pendidikan
Tenaga Pendidik dan Kependidikan
Terlaksanya pelaksanaan pembelajaran tahunan
400.000,-
2
Jadwal Penyusunan KTSP
Tenaga Pendidik dan Kependidikan
 Terlaksanya Kurikulum
400.000,-
3
Pembagian Mata Pelajaran per semester
Tenaga Pendidik dan Kependidikan
Banyak jam pelajaran yang tersedia
400.000,-
5.
Pengadaan buku teks (BOS)
Siswa
Terdistribusikan ke siswa buku mata pelajaran
48.000.000,-
6.
Mendata bahan /sarana yang akan digunakan dan masa pakai
Seluruh sarpras
Terpenuhinya data, bahan/ sarana yang digunakan
9.600.000,-
7.
Membuat tim scedul rapat guru dengan orang tua dan komite
Tenaga Pendidik dan Kependidikan
Tersusunnya tim scedul dan terlaksananya rapat guru dengan orang tua dan komite
1.000.000,-
8.
Membuat laporan akuntabilitas
Tenaga Pendidik dan Kependidikan
Terpenuhinya laporan akuntabilitas
400.000,-
Jumlah Total
58.600.000,-

7. Program Kerja Madrasah untuk Pengembangan Standar Pembiayaan
NO
PROGRAM
SASARAN
INDIKATOR
KEBERHASILAN
Biaya (Rp.)
1.
Investasi/pengadaan
-  Komputer
-  Printer
Tersedianya kebutuhan TIK dan
Tercukupinya raso peralatan administrasi kantor
6.500.000,-
2.
Operasional
-   tinta spidol di kelas
-   tinta printer
-   gaji/HR
-   daya dan jasa
-   pemeliharaan
-   belanja pegawai

-   Tersedianya ATK
-   Tersedianya kesejahteraan guru dan karyawan
-   Tesedianya daya dan jasa
-   Tesedianya dana pemeliharaan


-  tercukupinya kebutuhan ATK
-  terpenuhinya kebutuhan honor guru dan karyawan
-  terpenuhinya daya dan kewajiban langganan daya dan jasa
-  tercukupinya biaya pemeliharaan

412.800.000,-
3
Personal
-    Pemberian bantuan siswa tidak mampu
Tersedianya dana bantuan siswa tidak mampu
Terpenuhinya bantuan siswa tidak mampu
16.000.000,-
Jumlah Total
435.300.000,-

0 komentar:

Posting Komentar