BAB III
RENCANA KERJA MADRASAH
A.
RENCANA STRATEGIS PENGEMBANGAN
MADRASAH
1. Rencana
Strategis Pengembangan Standar isi
Berdasarkan pada kondisi
diatas yang tergambar pada profil (tabel identifikasi tantangan/masalah,
penyebab, tujuan dan penanganannya) maka MI AL-HIKMAH BALONGREJO Kab. Jombang
kemudian menyusun rencana strategis untuk 4 (empat) tahun kedepan.
Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan di MI AL-HIKMAH BALONGREJO Kab. Jombang telah terlaksana dengan
baik, seiring dengan perkembangan globalisasi yang makin meningkat dan
diarahkan pada Kurikulum dan penilaian yang bertaraf nasional merupakan rencana
jangka panjang. Hal ini kemudian diimplementasikan dalam beberapa tahun
kedepan, yakni Tahun 2014/2015 MI AL-HIKMAH BALONGREJO Kab. Jombang 100%
dokumen KTSP lengkap dan siap diimplementasikan, tahun 2015/2016 Meningkatkan
SKL yang memiliki keunggulan Madrasah sampai 30% dan pada tahun 2016/2017 MI
AL-HIKMAH BALONGREJO Kab. Jombang mencapai keunggulan sampai 60 % – 70 % Dan tahun 2017/2018 meningkat sampai
75 % - 80 %
Berdasarkan uraian tersebut tersebut
diatas, rencana strategis pencapaian standar isi MI AL-HIKMAH BALONGREJO Kab.
Jombang dapat digambarkan sebagaimana dalam tabel berikut:
Komponen/
Sasaran
|
2014/2015
|
2015/2016
|
2016/2017
|
2017/2018
|
Standar isi :
Tersusunnya dokumen KTSP I dan II
|
Memiliki dokumen KTSP I dan II yang siap diimplementasi-kan 100%
|
Meningkatkan SKL yang memiliki karakteristik keunggulan Madrasah 30%
|
Meningkatkan SKL yang memiliki karakteristik keunggulan Madrasah 70%
|
Meningkatkan SKL yang memiliki karakteristik keunggulan Madrasah 80%
|
2. Rencana
Strategis Pengembangan Standar proses;
Dalam standar proses tahun
2014/2015, 50% Guru telah mampu melakukan pembelajaran berkualitas, mengubah
atmosfir belajar, gemar baca tulis, observasi, PAKEM dan CTL serta mampu
meningkatkan hasil belajar, pada tahun 2015/2016 100% guru telah mampu
melakukan pembelajaran berkualitas, mengubah atmosfir belajar, gemar baca
tulis, observasi, melakukan PAKEM dan CTL serta setiap guru mampu mengembangkan
materi ajar dan memanfaatkan setiap media pembelajaran yang tersedia.
Berdasarkan uraian tersebut
diatas, rencana strategis pencapaian standar proses MI AL-HIKMAH BALONGREJO
Kab. Jombang dapat digambarkan sebagaimana dalam tabel berikut
Komponen/
Sasaran
|
2014/2015
|
2015/2016
|
2016/2017
|
2017/2018
|
Standar proses :
Guru telah mampu melakukan pembelajaran berkualitas
|
Guru telah mampu mengubah atmosfir
belajar, gemar baca tulis, observasi, PAKEM dan CTL serta mampu meningkatkan
hasil belajar sebesar 50%
|
Guru telah mampu melakukan pembelajaran berkualitas sebesar 75%
|
Mengubah atmosfir belajar, gemar baca tulis, observasi, melakukan PAKEM
dan CTL sebesar 75%
|
Guru mampu mengembangkan materi ajar dan memanfaatkan setiap media
pembelajaran yang tersedia sebesar 100%
|
3. Rencana Strategis
Pengembangan Standar sarana dan prasarana;
Partisipasi masyarakat yang
begitu besar diimbangi kemauan untuk ikut serta memikirkan penambahan alat dan
media pendidikan serta pengembangan penilaian akan menjadi modal dasar bagi MI
AL-HIKMAH BALONGREJO Kab. Jombang untuk
menyongsong pendidikan yang cerah di masa datang. Empat tahun ke depan, seiring
pencanangan Propinsi menjadi kota, Bahasa Inggris untuk satu tahun ke depan
akan dilaksanakan di Madrasah ini menyongsong era globalisasi dan pencanangan
tersebut.
Berdasarkan uraian tersbut
tersebut diatas, rencana strategis pencapaian standar sarana dan prasarana MI
AL-HIKMAH BALONGREJO Kab. Jombang dapat
digambarkan sebagaimana dalam tabel berikut:
Komponen/ Sasaran
|
2014/2015
|
2015/2016
|
2016/2017
|
2017/2018
|
Standar sarana dan prasarana :
Merintis Madrasah bertaraf nasional
|
Minimal memiliki 6 kamar mandi siswa yang bagus
|
Meningkatkan Kondisi Ruang Kelas serta media pembelajaran semakin baik ( LCD setiap kelas dll )
|
Meningkatkan jumlah kelas menjadi 10 kelas milik sendiri
|
Seluruh ruang kelas milik sendiri dan Madrasah telah memenuhi standar
sarana prasarana
|
4. Rencana Strategis Pengembangan Standar pengelolaan;
Rencana strategis pencapaian standar
pengelolaan MI AL-HIKMAH BALONGREJO Kab. Jombang dapat digambarkan sebagaimana dalam tabel
berikut:
Komponen
|
2014/2015
|
2015/2016
|
2016/2017
|
2017/2018
|
Standar Pengelolaan
|
Terakriditasi B
|
Terakriditasi B plus
|
Terakriditasi A
|
Terakriditasi A plus
|
5. Rencana Strategis Pengembangan Standar pembiayaan
Rencana strategis Pembiayaan dapat digambarkan
sebagaimana dalam tabel berikut:
Komponen
|
2014/2015
|
2015/2016
|
2016/2017
|
2017/2018
|
Standar sarana dan prasarana
|
Memiliki Alat Peraga Semua
Bidang studi MIPA
|
Memiliki Kelengkapan alat peraga semua bidang studi
sesuai standar sarana dan prasarana
|
Memiliki Laboratorium
Komputer dan IPA yang memadai
|
Memiliki Laboratorium Komputer, IPA dan Bahasa
|
6. Rencana Strategis Pengembangan Standar penilaian pendidikan. ,
Rencana strategis pencapaian standar penilaian pendidikan MadrasaH dapat digambarkan sebagaimana dalam tabel berikut:
Komponen
|
2014/2015
|
2015/2016
|
2016/2017
|
2017/2018
|
Standar
penilaian
pendidikan
|
Lulus 100 % dengan Nilai Rata-rata UASBN minimal 25,00
|
Lulus 100 % dan Nilai Rata-rata UASBN 26,00
|
Lulus 100 % dan Nilai Rata
rata UASBN 27,00
|
Lulus 100 % dan Nilai Rata
rata UASBN 28,00
|
B.
RENCANA PROGRAM KERJA MADRASAH
Rencana kerja Madrasah adalah
rencana operasional yang disusun berdasarkan program, sasaran dan kegiatan yang
akan dilakukan dalam waktu tertentu ( 4 tahun atau 1 tahun) guna merealisasikan
pencapaian 8 standar nasional pendidikan yang diharapkan. Bertolak dad analisis
terhadap rencana strategis yang telah dirumuskan dan ditetapkan dalam upaya
peningkatan mutu dan pengembangan Madrasah dalam memenuhi 8 (delapan) standar
pendidikan nasional, perlu disusun rencana program kerja Madrasah jangka
menengah ( 4 tahun) dan rencana kerja jangka pendek (1 tahun) yang berisi: (1)
penetapan Program-program untuk jangka menengah (empat tahun yang akan datang)
ataupun jangka pendek (per tahun); (2) penentuan sasaran-sasaran yang
direncanakan untuk mencapai program-program tersebut; (3) penentuan
indikator-indikator keberhasilan sasaran; (4) penyusunan kegiatan-kegiatan yang
dilakukan; (5) penetapan penanggung jawab kegiatan; dan (6) penyusunan jadwal
kegiatan pengembangan Madrasah.
1. Penetapan
Program
Program merupakan pernyataan
yang berisi kesimpulan dari beberapa harapan atau tujuan yang saling bergantung
dan saling terkait, untuk mencapai suatu sasaran yang sama.
Biasanya satu program mencakup seluruh kegiatan
yang berada di bawah unit administrasi yang sama, atau sasaran-sasaran yang
saling bergantung dan saling melengkapi, yang semuanya harus dilaksanakan
secara bersamaan atau berurutan.
2. Penetapan
Sasaran-Sasaran
Sasaran digunakan sebagai
panduan dalam menyusun kegiatan yang akan dilakukan dalam Waktu tertentu (4
atau 1 tahun) guna merealisasikan program-program yang telah direncanakan
Sasaran yang baik adalah:
a. Realistis
b. Dapat
Diukur
c. Spesifik
3. Penentuan Indikator Keberhasilan
a. Indikator keberhasilan
adalah ukuran yang digunakan untuk menilai apakah sasaran/ program yang
ditetapkan berhasil atau tidak.
b. Indikator keberhasilan bisa berkaitan dengan proses dan dapat juga
berkaitan langsung dengan hasil akhir.
c. Indikator keberhasilan dapat bersifat kuantitatif atau kualitatif‑
d. Indikator
yang baik: SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, Time bound)
1) Dirumuskan
secara spesifik & operasional,
2) Dapat
diukur,
3) Dapat
Dicapai (realistis),
4) Relevan,
5) Dicapai
dalam batas waktu yang ditentukan, dan
6) Dirumuskan
dalam bentuk kalimat pernyataan.
Indikator
Keberhasilan:
1)
KTSP dokumen I dan II sudah
tersusun 100% pada tahun 2014/2015
4. Menyusun Kegiatan
a.
Pelatihan guru dalam menyusun
silabus dan RPP
b.
Pelatihan kepala dan wakamad
dalam menyusun KTSP dokumen
c.
Penyusunan KTSP dokumen I dan
II
5. Penetapan Penanggung Jawab Kegiatan
Penanggung
jawab program/kegiatan dapat ditangani oleh:
a. Kepala
Madrasah
b. Komite Madrasah
d. Kepala
Mapenda Departemen Agama Kabupaten/Kota
e. Pengawas
Pendidikan Agama IsLam
- Penentuan Jadwal Kegiatan Madrasah dalam 4 tahun
JADWAL KEGIATAN PENGEMBANGAN
MADRASAH
Nama Madrasah : MI AL-HIKMAH BALONGREJO
Alamat : Balongrejo Sumobito Jombang
Telp./Faks. : -
No.
|
Program/sasaran
|
2014/2015
|
2015/2016
|
2016/2017
|
2017/2018
|
||||
Smt 1
|
Smt 2
|
Smt 1
|
Smt 2
|
Smt 1
|
Smt 2
|
Smt 1
|
Smt 2
|
||
1.
|
Madrasah
Efektif
Sasaran 1. Efektif Masukan Siswa baru
Sasaran 2.Efektif Proses Pembelajaran
Sasaran 3. Efektif Lulusan
|
Ö
Ö
Ö
|
Ö
Ö
|
Ö
Ö
Ö
|
Ö
Ö
|
Ö
Ö
Ö
|
Ö
Ö
|
Ö
Ö
Ö
|
Ö
Ö
|
2.
|
Peningkatan Prestasi Akademik dan Non Akademik
Sasaran 1. Prestasi Hasil Belajar siswa
Sasaran 2. Prestasi Non Akdemik Siswa Tingkat
Kecamatan, Kabupaten dan Propinsi
|
Ö
Ö
|
Ö
Ö
|
Ö
Ö
|
Ö
Ö
|
Ö
Ö
|
Ö
Ö
|
Ö
Ö
|
Ö
Ö
|
7. Rencana Program Kerja Madrasah Jangka Menengah (4 Tahun)
Program
Kerja Madrasah untuk Pengembangan Standar Isi
NO
|
PROGRAM
|
SASARAN
|
INDIKATOR
KEBERHASILAN
|
BlAYA
(Rp.)
|
1.
|
Penyusunan/
revisi KTSP
(kurikulum
Madrasah
Ibtidaiyah Al-Hikmah Balongrejo)
|
Tersusunnya
kurikulum
Madrasah
(KTSP)
|
KTSP sudah
tersusun
|
400.000,-
|
2
|
Penerapan KTSP
|
Terimplementasinya
KTP
|
KTSP sudah diterapkan secara menyeluruh
|
400.000,-
|
|
|
Jumlah
|
800.000,-
|
Program
Kerja Madrasah untuk Pengembangan Standar Proses
NO
|
PROGRAM
|
SASARAN
|
INDIKATOR
KEBERHASILAN
|
BIAYA
(Rp.)
|
1.
|
Penyusunan
Perangkat pembelajaran
|
Tersusunnya perangkat pembelajaran
|
Perangkat pembelajaran sudah tersusun
|
800.000,-
|
2.
|
Penyusunan
program pembelajaran
|
Tersusunnya program pembelajaran
|
sudah tersusunnya Program pembelajaran
|
800.000,-
|
3.
|
Pengaktifan
komputerisasi penilaian KTSP
|
Keaktifan komputerisasi penilaian KTSP
|
Proses penilaian komputerisasi terlaksana
|
400.000,-
|
4.
|
Pelaporan
hasil KBM
|
Pelaporan berupa hasil UH, UTS semester
|
Tersusunnya buku pelaporan hasil PBM
|
6.120.000,-
|
Jumlah
Total
|
8.120.000,-
|
Program
Kerja Madrasah untuk Pengembangan Standar Kompetensi Lulusan
NO
|
PROGRAM
|
SASARAN
|
INDIKATOR
KEBERHASILAN
|
BIAYA
|
|||
1.
|
Sosialisasi
SKL
|
SKL diketahui semua Civitas
MI AL-HIKMAH BALONGREJO
|
Civitas MI AL-HIKMAH BALONGREJO mangetahui SKL
|
1.000.000,-
|
|||
2
|
Pemilihan
Metode Pengembangan SKL
|
Terpilihnya Metode Pengembangan SKL
|
Metode sudah dipilih untuk mengembangkan SKL
|
400.000,-
|
|||
3
|
Penerapan Metode Yang Sudah Terpilih
|
Menerapkan
Metode yang Terpilih
|
Metode sudah diterapkan
|
400.000,-
|
|||
4
|
Uji Coba SKL yang dikembangkan
|
Mengujicobakan SKL kepada Siswa
|
Keberhasilan SKL yang telah dikembangkan
|
400.000,-
|
|||
Jumlah
Total
|
2.200.000,-
|
|
|
|
4. Program Kerja Madrasah untuk Pengembangan
Standar Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
NO
|
PROGRAM
|
SASARAN
|
INDIKATOR
KEBERHASILAN
|
Biaya
|
1.
|
Pelatihan
Guru Mata Pelajaran
|
Terlatihnya semua Guru Mata Pelajaran
|
Guru Menerapkan Hasil Pelatihan
|
2.100.000,-
|
2.
|
Pengaktifan
KKG
|
Aktifnya Guru mengikuti KKG
|
Kreatifitas Guru dalam PBM
|
4.480.000,-
|
Jumlah Total
|
6.580.000,-
|
5. Program Kerja Madrasah
untuk Pengembangan Standar Sarana Prasarana
NO
|
PROGRAM
|
SASARAN
|
INDIKATOR
KEBERHASILAN
|
BIAYA
|
|||
|
Pengadaan format/ blangko
perangkat pembelajaran
|
Guru dan siswa
|
Tersedianya format/ blangko perangkat
|
5.600.000,-
|
|||
|
Pengadaan solfware program
Penyusunan jadwal pelajaran 2014/2015
- 2017/2018
|
Guru dan siswa
|
Tersedianya jadwal pelajaran
dan pembagian jam mengajar dengan
cepat
|
400.000,-
|
|||
|
Pengadaan form.dan Pelaporan Hasil KBM ( Buku
Laporan Hasil Ulangan )
|
Guru dan siswa
|
Tersedianya format/ blangko
perangkat Hasil Ulangan Rapor
|
5.874.000,-
|
|||
|
Penyediaan sarana prasarana dalam kegiatan
KKG
|
Guru
|
Tersedianya saran yang
diperlukan untuk KKG
|
2.800.000,-
|
|||
|
Rehabilitasi Kelas
|
Ruang Kelas
|
Terwujudnya ruang kelas yang
representatif
|
20.000.000,-
|
|||
|
Perawatan / pengecatan gedung
|
Gedung
|
Terwujudnya gedung yang representatif
|
20.000.000,-
|
|||
|
Renovasi/ pengadaan meja kursi siswa
|
siswa
|
Terwujudnya meja kursi yang representatif
|
20.000.000,-
|
|||
|
Pengadaan Internet
|
Guru dan siswa
|
Terwujudnya internet sekolah
|
2.400.000,-
|
|||
|
Pengadaan Meja Guru
|
Guru
|
Terwujudnya sarana kelengkapan guru
|
3.000.000,-
|
|||
10.
|
Pengadaan sarana olahraga dan ekstrakurikuler
|
Siswa
|
Kelengkapan alat olahraga dan ekstrakurikuer
|
6.000.000,-
|
|||
11.
|
Pengadaan LCD 1 unit
2014/2015
|
|
Terwujudnya media pembelajaran
|
6.500.000,-
|
|||
Jumlah
Total
|
92.574.000,-
|
|
|
Rp.
438.076.000
|
6. Program Kerja Madrasah
untuk Pengembangan Standar Pengelolaan
NO
|
PROGRAM
|
SASARAN
|
INDIKATOR
KEBERHASILAN
|
BIAYA
(Rp.)
|
1.
|
Kalender Pendidikan
|
Tenaga Pendidik dan Kependidikan
|
Terlaksanya pelaksanaan pembelajaran tahunan
|
400.000,-
|
2
|
Jadwal Penyusunan KTSP
|
Tenaga Pendidik dan Kependidikan
|
Terlaksanya Kurikulum
|
400.000,-
|
3
|
Pembagian Mata Pelajaran per
semester
|
Tenaga Pendidik dan Kependidikan
|
Banyak jam pelajaran yang tersedia
|
400.000,-
|
5.
|
Pengadaan buku teks (BOS)
|
Siswa
|
Terdistribusikan ke siswa
buku mata pelajaran
|
48.000.000,-
|
6.
|
Mendata bahan /sarana yang akan digunakan dan
masa pakai
|
Seluruh sarpras
|
Terpenuhinya data, bahan/
sarana yang digunakan
|
9.600.000,-
|
7.
|
Membuat tim scedul rapat
guru dengan orang tua dan komite
|
Tenaga Pendidik dan Kependidikan
|
Tersusunnya tim scedul dan terlaksananya rapat
guru dengan orang tua dan komite
|
1.000.000,-
|
8.
|
Membuat laporan akuntabilitas
|
Tenaga Pendidik dan Kependidikan
|
Terpenuhinya laporan akuntabilitas
|
400.000,-
|
Jumlah
Total
|
58.600.000,-
|
7. Program Kerja Madrasah
untuk Pengembangan Standar Pembiayaan
NO
|
PROGRAM
|
SASARAN
|
INDIKATOR
KEBERHASILAN
|
Biaya
(Rp.)
|
1.
|
Investasi/pengadaan
- Komputer
- Printer
|
Tersedianya kebutuhan TIK dan
|
Tercukupinya raso peralatan
administrasi kantor
|
6.500.000,-
|
2.
|
Operasional
-
tinta spidol di kelas
-
tinta printer
-
gaji/HR
-
daya dan jasa
-
pemeliharaan
-
belanja pegawai
|
-
Tersedianya ATK
-
Tersedianya kesejahteraan guru dan karyawan
-
Tesedianya daya dan jasa
-
Tesedianya dana pemeliharaan
|
- tercukupinya kebutuhan ATK
- terpenuhinya kebutuhan honor guru dan karyawan
-
terpenuhinya daya dan
kewajiban langganan daya dan jasa
- tercukupinya biaya pemeliharaan
|
412.800.000,-
|
3
|
Personal
-
Pemberian bantuan siswa
tidak mampu
|
Tersedianya dana bantuan
siswa tidak mampu
|
Terpenuhinya bantuan siswa
tidak mampu
|
16.000.000,-
|
Jumlah
Total
|
435.300.000,-
|
0 komentar:
Posting Komentar