Pages

Rabu, 04 November 2015

RKJM Bab 2 (11)



Rangkuman Profil Madrasah Ibtidaiyah Al-Hikmah Balongrejo


Kategori
Profil
1. Standar Isi
a.    Dokumen KTSP (dokumen I dan II)
b.    Pemahaman guru terhadap KTSP
c.    Struktur kurikulum yang dikembangkan di Madrasah
d.    Setiap guru memiliki standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang dipegang
e.    Jumlah beban belajar siswa untuk kegiatan tatap muka, penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur
f.     Jumlah beban mengajar dari masing-masing guru mata pelajaran
g.    Mata pelajaran muatan lokal yang dikembangkan di Madrasah
h.    Kegiatan pengembangan diri yang dikembangkan di Madrasah
Ada
Ada
Ada
Ada

Ada

Ada
Ada
Ada
2. Standar Proses
a. Silabus dan RPP yang dikembangkan dan dimiliki masing-masing guru telah memenuhi standar
b. Pelaksanaan Pembelajaran seperti kegiatan yang tertulis dalam RPP
c. Penerapan PAKEM dalam proses pembelajaran
d. Internalisasikan life skills dalam proses pembelajaran oleh masing-masing guru
e. Pengembangan program remedial teaching, pengayaan dan akselerasi
f.   Pengembangan Muatan lokal di Madrasah
g. Kegiatan pengembangkan diri sesuai dengan bakat dan minat siswa
h. Madrasah mempunyai standar proses pelayanan administrasi
i.   Madrasah mempunyai standar proses Kegiatan Belajar Mengajar
j.   Madrasah mempunyai standar proses evaluasi pendidikan
k.  Madrasah mempunyai standar proses pembiayaan pendidikan Madrasah melakukan proses pengawasan pembelajaran untuk melaksanakan proses pembelajaran yang efektif dan efisien
rn. Keterlibatan komite Madrasah da!am pengembangan standar proses
Ada

Ada

70 %

50 %
70 %
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
Ada

Ada
3. Standar Kompetensi Lulusan
a.  Rata-rata nilai US/M per mata pelajaran tiga tahun terakhir untuk tingkat KKM dan Kabupaten.
b.  Persentase lulusan tiga tahun terakhir.
c.  Persentase lulusan yang melanjutkan tiga tahun terakhir
d.  Keterlibatan komite Madrasah dalam mendukung pencapaian standar kompetensi lulusan.
Ada

Ada
Ada
Ada
4. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
a.  Jumlah guru dan tenaga kependidikan dan kualifikasi akademiknya tiga tahun terakhir
b.  Kondisi Kepala Madrasah tiga tahun terakhir
c.  Kesesuaian antara latar belakang pendidikan dengan. mata pelajaran yang dipegang
d.  Pendidikan dan pelatihan yang pernah diikuti oleh masing-masing guru dan tenaga kependidikan
e.  Status masing-masing guru (GT/GTT) dan lama pengalaman kerja
f.  Jumlah guru dan tenaga kependidikan yang telah meraih prestasi akademik dan non akademik pada  tingkat kecamatan, kota/kabupaten, provinsi, nasional, dan/atau internasional, dan prestasi akademik yang telah diraih
g.  Jumlah guru dan tenaga kependidikan di Madrasah yang telah memiliki karya pengembangan profesi, jenis karya dan dipublikasikan pada tingkat apa (tingkat kecamatan, kot3/kabupaten, provinsi, nasional, dan/atau internasional)
h.  Keikutsertaan guru dan tenaga kependidikan dalam forum ilmiah, jumlahnya, peranan mereka dalam forum ilmiah (peserta/pemakalah), dan pada tingkat apa (tingkat kecamatan, kota/kabupaten, provinsi, nasional, dan/atau internasional)
i.   Keterlibatan komite Madrasah da;am mendukung pencapaian standar pendidik dan tenaga kependidikan
Ada

Ada
70 %

Ada 

Ada

Ada 
Tingkat Kecamatan


Tidak



Ada



Ada
5. Standar Sarana dan Prasarana
a. Kondisi perabot Madrasah tiga tahun terakhir.
b. Kondisi perpustakaan, jumlah buku dan judulnya, perbandingan jumlah buku dengan peserta didik tiga tahun terakhir.
c. Macam-macam laboratorium yang dimiliki Madrasah dan kondisinya saat ini.
d. Jenis ICT yang dimiliki oleh Madrasah untuk menunjang pembelajaran dan kondisinya saat ini.
e. Kondisi peralatan pembelajaran tiga tahun terakhir.
f.  Kondisi sarana penunjang administrasi Madrasah tiga tahun terakhir.
g. Kondisi prasarana Madrasah tiga tahun terakhir.
h. Kondisi sanitasi Madrasah tiga tahun terakhir.
i.  Keterlibatan Keterlibatan komite Madrasah dalam mendukung pencapaian standar sarana dan prasarana.
Ada
50 %

TIDAK
Tidak

Ada
Ada
Ada
Ada
Ada
6. Standar Pengelolaan
a.  Pedoman yang mengatur tentang: (1) Kurikulum tinalkat satuan pendidikan dan silabus; (2) Kalender pendidikan/akademik, yang menunjukkan seluruh kategori aktivitas Madrasah selama satu tahun dan dirinci secara semesteran, bulanan, dan mingguan-, (3) Struktur organisasi Madrasah; (4) Pembagian tugas di antara pendidik; (5) Pembagian tugas di antara tenaga kependidikan; (6) Peraturan akademik; (7) Tata tertib Madrasah, yang meiiputi tata tertib pendidik, 'Lenaga kependidikan dan peserta didik, serta penggunaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana; (8) Kode etik hubungan antara sesama warga di dalam lingkungan Madrasah dan hubungan antara warga Madrasah dengan masyarakat-, (9) Biaya operasional Madrasah (10) Pedoman penerimaan siswa baru; (11) Pedoman Pengadministrasian peserta didik-, (12) Pedoman Penentuan kenaikan/kelulusan peserta didik; (13) Pedoman Konseling dan kesehatan peserta didik; (14) Pedoman Penerimaan dan penempatan SDM; (15) Pedoman Penilaian kinerja dan pengembangan SDM; (16) Pedoman Promosi — Demosi SDM-, (17) Pedoman Pengembangan kompetensi SDM; (18)Pedoman Peningkatan kualifikasi SDM; (19) Pedoman Pengadministrasian personalia; (20) Pedoman Jenis Anggaran Biaya operasional Madrasah; (21) Pedoman Pembukuan Pedoman Pelaporan-, (22) Penyebaran informasi timbal balik dari dan ke Madrasah; (23) Materi informasi dariMadrasah; (24) Metode penyebaran informasi; (25) Pendataan (Pengelolaan pembelajaran, Pengelolaan Peserta didik, Pengelolaan persoi.alia, Pengelolaan Sarana dan Prasarana, Pengelolaan Keuangan, Pengelolaan Hubungan Madrasah dengan masyarakat) (26) Madrasah memberikan ruang terhadap PSM (Peran serta Masyarakat) dalam pengembangan Madrasah
b. Rencana kerja tahunan yang merupakan penjabaran rinci dari rencana kerja jangka menengah (masa 4 tahun), yang meliputi: (1) kalender pendidikan/akademik yang meliputi jadwal pembelajaran, ulangan, ujian, kegiatan ekstrakurikuler, dan hari libur-, (2) jadwal penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan untuk tahun ajaran berikutnya; (3) mata pelajaran yang ditawarkan pada semester gasal, semester genap; (4) penugasan pendidik pada mata pelajaran dan kegiatan lainnya-, (5) buku teks pelajaran yang dipakai pada masing-masing mata pelajaran; (6) jadwal penggunaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana pembelajaran; (7) pengadaan, penggunaan, dan persediaan bahan habis pakai-, (8) program peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan yang meliputi sekurang-kurangnya jenis, durasi, peserta, dan penyelenggara program; (9) jadwal rapat Dewan Pendidik, rapat konsultasi madrsah dengan orang tua/wali peserta didik, dan rapat Madrasah dengan komite Madrasah, untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah; (10) rencana anggaran pendapatan dan belanja Madrasah untuk masa kerja satu tahun-, (11) jadwal penyusunan laporan akuntabilitas dan kinerja satuan pendidikan untuk satu tahun terakhir.
c. Sistem pengawasan yang dilakukan di Madrasah, yang meliputi pemantauan, supervisi, evaluasi, pelaporan, dan tindak lanjut hasil penqawasan.
Ada





























Ada













Ada
7. Standar Pembiayaan
a. Kondisi anggaran Madrasah termasuk sumber-sumber dana dan jumlahnya tiga tahun terakhir.
b. Kondisi biaya investasi
c. Kondisi biaya operasional
d. Kondisi biaya personal
e. Dukungan komite Madrasah terhadap biaya penyelenggaraan pendidikan di Madrasah tiga tahun terakhir
Ada

Ada
Ada
Ada
Ada
8. Standar Penilaian Pendidikan
a. Teknik penilaian hasil belajar dari masing-masing mata pelajaran
b. Penilaian yang dilakukan pendidik dan satuan pendidikan
c.  KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) dari masing-masing mata pelajaran dan rata-rata tingkat pencapaiannya
d. Jumlah peserta didik yang berhak dan tidak berhak mengikuti UASBN, yang lulus dan tidak lulus (mengulang) tiga tahun terakhir.
e. Ketentuan-ketentuan untuk dinyatakan naik atau tidak naik kelas, dan ketentuan lulus atau tidak lulus dari Madrasah
f.   Hasil-hasl (prestasi) yang dicapai oleh para siswa dalam kegiatan pengembangan diri, terutama kegiatan ekstrakurikuler.
g. Keterlibatan komite Madrasah dalam mengontrol pelaksanaan standar.
Ada
Ada
Ada

Ada

Ada

Ada

Ada

0 komentar:

Posting Komentar