Data Pendukung Pengelolaan Pembelajaran
No.
|
Sistem/mekanisme
|
Peran
|
Keterangan
|
||
Guru
|
Kepala Madrasah
|
Komite Madrasah
|
|||
1.
|
Perencanaan Proses Pembelajaran :
|
|
|
|
|
|
1) Penyusunan Silabus
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
|
|
2) Penyusunan Rencana Pembelajaran secara
tertulis
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
|
2.
|
Pelaksanaan Proses :
|
|
|
|
|
|
1) Strategi Pembelajaran yang bervariasi
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
|
|
2) Penggunaan metode pembelajaran
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
|
|
3) Penggunaan Bahan Ajar
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
|
|
4) Penggunaan media Pembelajaran/Alat Peraga
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
|
|
5) Pengalokasian waktu
|
Ö
|
Ö
|
|
|
|
6) Pengelolaan kelas
|
Ö
|
Ö
|
|
|
|
7) Penilaian
|
Ö
|
Ö
|
|
|
3.
|
Pendataan
|
Ö
|
Ö
|
|
|
Data
Pendukung Pengelolaan Peserta Didik
No.
|
Sistem/mekanisme
|
Ketersediaan Sistem
|
Peran
|
Keterangan
|
||
Guru
|
Kepala Madrasah
|
Komite Madrasah
|
||||
1.
|
Penerimaan peserta didik
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
|
2.
|
Pengadministrasian peserta
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
|
3.
|
Konseling peserta didik
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
|
4.
|
Kesehatan peserta didik
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
|
5.
|
Penentuan kenaikan kelas atau kelulusan peserta didik
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
|
6.
|
Pendataan
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
|
Data
Pendukung Pengelolaan Personalia
No.
|
Sistem/mekanisme
|
Ketersediaan Sistem
|
Peran
|
Keterangan
|
|||
Guru
|
Kepala Madrasah
|
Komite Madrasah
|
Mapendais Kabupaten-Yayasan
|
||||
1.
|
Penerimaan SDM (Kepala Madrasah, Guru dan Pegawai)
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
|
2.
|
Penempatan SDM
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
|
3.
|
Penilaian kinerja dan pengembangan SDM
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
|
4.
|
Promosi – demosi SDM
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
|
5.
|
Pengembangan kompetensi SDM
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
|
6.
|
Peningkatan Kualifikasi SDM
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
|
7.
|
Pengadministrasian personalia
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
|
8.
|
Pendataan
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
|
Data
Pendukung Pengelolaan Sarana Prasarana
No.
|
Sistem/mekanisme
|
Ketersediaan Sistem
|
Peran
|
Keterangan
|
|||
Guru
|
Kepala Madrasah
|
Komite Madrasah
|
Mapendais Kabupaten-Yayasan
|
||||
1.
|
Pengadaan
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
|
|
2.
|
Perawatan/pemeliharaan
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
|
|
3.
|
Administrasi
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
|
4.
|
Pendataan
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
|
Tabel
Pengelolaan Keuangan
No.
|
Sistem/mekanisme
|
Ketersediaan Sistem
|
Peran
|
Ketera ngan
|
|||
Guru
|
Kepala Madrasah
|
Komite Madrasah
|
Mapenda Kabupaten-Yayasan
|
||||
1.
|
BOS
|
|
|
|
|
|
|
|
a.Pembukuan/akuntansi
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
|
|
b. Pelaporan
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
|
|
c. Pendataan
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
|
2.
|
APBD
|
|
|
|
|
|
|
|
a.Pembukuan/akuntansi
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
|
|
b. Pelaporan
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
|
|
c. Pendataan
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
|
3.
|
Lainnya
|
|
|
|
|
|
|
|
a.Pembukuan/akuntansi
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
|
|
b. Pelaporan
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
|
|
c. Pendataan
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
Ö
|
|
Tabel Data Pendukung
Keorganisasian Komite Madrasah - Pembentukan dan Tata Kerja
|
![]()
Keorganisasian
|
2011/2012
|
2012/2013
|
2013/2014
|
|||
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
||
|
1. Pembentukan dan tata
Kerja
|
Ö
|
|
Ö
|
|
Ö
|
|
1.
|
Apakah mengerti tujuan, peran dan fungsi komite
|
Ö
|
|
Ö
|
|
Ö
|
|
2.
|
Apakah mengerti mengapa harus ada komite
|
Ö
|
|
Ö
|
|
Ö
|
|
3.
|
Apakah anggota Komite Madrasah dipilih secara
|
Ö
|
|
Ö
|
|
Ö
|
|
4.
|
Adakah struktur organisasi
|
Ö
|
|
Ö
|
|
Ö
|
|
5.
|
Adakah AD/ART
|
|
Ö
|
|
Ö
|
Ö
|
|
|
1) Jika ”Ya”, apakah AD/ART
tersebut bisa membantu pelaksanaan peran dan fungsi Komite Madrasah ?
|
|
|
|
|
Ö
|
|
6.
|
Adakah Program Kerja ?
|
|
|
|
|
|
|
|
1) Jika ”Ya”, apakah program
kerja disusun berdasarkan RPS ?
|
Ö
|
|
Ö
|
|
Ö
|
|
7.
|
Adakah laporan pertanggung jawaban
|
Ö
|
|
Ö
|
|
Ö
|
|
Tabel data pendukung
keorganisasian Komite Madrasah - Komposisi Anggota
|
Tahun
Keorganisasian
|
2011/2012
|
2012/2013
|
2013/2014
|
||||||
L
|
P
|
Jml
|
L
|
P
|
Jml
|
L
|
P
|
Jml
|
||
|
2. Komposisi Anggota
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1.
|
Orang tua peserta didik mampu secara ekonomi
|
|
1
|
1
|
|
1
|
1
|
|
1
|
1
|
2.
|
Orang tua peserta didik tidak mampu secara ekonomi
|
1
|
|
1
|
1
|
|
1
|
1
|
|
1
|
3.
|
Ahli pendidikan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Tokoh Masyarakat
|
1
|
|
1
|
1
|
|
1
|
1
|
|
1
|
5.
|
Yang berpotensi sebagai donor
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Kombinasi antara nomor 3-5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
0 komentar:
Posting Komentar