Pages

Rabu, 04 November 2015

RKJM Bab 2 (2)



2. Profil Standar Proses
 Dalam melakukan PBM, setiap guru membuat perangkat mengajar dan melakukan remedial serta evaluasi setiap akhir pertemuan.
Bertolak dari berbagai pertanyaan tersebut di atas maka profil standar proses mengungkap data sebagai berikut:

NO.
ASPEK STANDAR PROSES
KEADAAN
YA
TIDAK
1.
Setiap guru telah mengembangkan dan memiliki silabus dan RPP secara lengkap
Ö

2.
RPP setiap mata pelajaran memuat:
a.  Tujuan pembelajaran/kompetensi secara tepat
b.  Materi pembelajaran yang sesuai dengan tujuan
c.  Strategi pembelajaran secara bervariatif:
1)    Klasikal
2)    Kelompok
3)    Individual
d.  Kegiatan/Metode pembelajaran:
1)    Secara variatif (multi metode)
2)    Secara interaktif (nteraksi dua arah/multi arah antara guru-murid, dan murid-murid)
3)    Secara inspiratif
4)    Menantang


Ö
Ö

Ö
Ö
Ö

Ö
Ö
Ö
Ö



5)    Memotivasi anak didik untuk berpartisipasi aktif
6)    Memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, dan kreatifitas.
7)    Memberikan ruang yang cukup bagi kemandirian anak didik sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis.
e.  Sumber belajar/Bahan ajar:
1)    Interaktif
2)    Kontekstual (sesuai dengan pengalaman nyata dan dalam konteks dunia nyata)
f.   Media pembelajaran/alat peraga yang:
1)   Tepat
2)   Bervariasi
g.  Alokasi waktu secara tepat
h.  Teknik Penilaian berbasis kelas (penilaian yang bersifat otentik/authentic assessment):
1)    Menilai semua aspek hasil belajar
a)    Pengetahuan
b)    Keterampilan
c)    Sikap
2)         Menilai hasil akhir dari suatu proses pembelajaran
Ö
Ö

Ö

Ö
Ö


Ö
Ö
Ö
Ö



Ö
Ö
Ö
Ö


3)    Menilai perubahan dan perkembangan aktivitas serta perolehan belajar selama proses pembelajaran di dalam kelas/di luar kelas melalui:
Ö


a)    Penilaian tertulis
b)    Perbuatan/kinerja
c)    Proyek
d)    Produk
e)    Portofolio
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö


Kriteria Penilaian Acuan Patokan (PAP)
Ö

3.
Pelaksanaan Pembelajaran seperti kegiatan tersebut di atas
Ö

4.
Setiap guru telah menerapkan PAKEM dan menginternalisasi-kan life skills dalam proses pembelajaran
75 %

5.
Guru menggunakan sumber belajar yang interaktif dan kontekstual
Ö

6.
Setiap guru telah mengembangkan bahan ajar
a. Modul
b. Handout
c. Makalah
d. Lembar Kega Siswa

Ö
Ö
Ö
Ö

7.
Setiap guru membuat dan memanfaatkan media pembelajaran/alat peraga dalam proses pembelajaran
a. Visual
b. Audio
c. Audio-visual
d. Berbasis computer


Ö
Ö
70 %
30 %

8.
Setiap guru telah memanfaatkan alokasi waktu yang
ditetapkan sesuai dengan tingkat keluasan serta kedalaman
materi dan indikator-indikator yang dicapai
Ö

9.
Madrasah telah mengembangkan program, meliputi:
a. Program remedial teachmg
b. Program Pengayaan
c. Program Percepatan/akselerasi

Ö
Ö




Ö
10
Setiap siswa dapat rnengembangkan potensi diri sesuai
dengan bakat dan minat
70 %

11
Madrasah telah mengembangkan budaya gemar membaca
Ö

12
Madrasah mempunyai standar proses pelayanan administrasi
Ö

13
Madrasah mempunyai standar Proses Belajar Mengajar
Ö

14
Madrasah mempunyai standar proses Evaluasi Pendidikan
Ö

15
Madrasah melakukan pengawasan proses pembelajaran untuk terfaksanakannya proses pembelajaran yang efektif dan efisien
Ö

16
Komite Madrasah berperan serta dalam upaya pemenuhan standar proses di Madrasah
Ö

Data pendukung pengembangan Program remedial teaching, Pengayaan dan Percepatan/akselerasi
No.
Program
Waktu
Sasaran
Target
1
Penyusunan remidial, pengayaan
Juli-Juni
Siswa tuntas menyelesaikan KD
Siswa menyelesaikan setiap KD untuk melanjutkan KD berikutnya
2
Identifikasi hasil ulangan
Setiap Bulan
Menilai siswa yang belum tuntas
Siswa menentukan setiap KD
3
Pelaporan
Akhir Semester
Melaporkan ketuntasan ke guru
Guru mengetahui siswa telah tuntas
4
Komputerisasi, penilaian
Setiap  hari
Mempercepat hasil evaluasi
Guru dan siswa cepat mengetahui ketuntasan
Prestasi Akademik: Peringkat Rata-rata US/M
No.
Tahun Pelajaran
Peringkat
Tingkat Kecamatan (Rayon)
Tingkat Kabupaten
Tingkat propinsi
Mad. Negeri
Mad Swasta
Mad negeri dan Swasta
Mad. Negeri
Mad Swasta
Mad negeri dan Swasta
Mad. Negeri
Mad Swasta
Mad negeri dan Swasta
1.
2011/2012
-
-
-
-
-
-
-
-
-
2.
2012/2013
-
-
-
-
--
-
-
-
-
3.
2013/2014
-
-
-
-
-
-
-
-
-

Hasil-hasil (prestasi) yang dicapai oleh para siswa dalam kegiatan pengembangan diri:
Perolehan Kejuaraan/Prestasi Akademik: Lomba-lomba
No.
Nama Lomba
Tahun 2012/2013
Tahun 2013/2014
Juara ke
Tingkat
Juara
ke
Tingkat
Kab/ Kota
Propinsi
Nasional
Kab/ Kota
Pro-pinsi
Nasi  onal
1.
Olympiade Matematika
-







2.
Pidato dua bahasa & olympiade Mtk.
-








Perolehan Kejuaraan/Prestasi Non Akademik
No.
Nama Lomba
Waktu Pelak-sanaan
Penye lenggara
Tahun 2012/2013
Tahun 2013/2014
Juara ke
Tingkat
Juara ke
Tingkat
Kab/ Kota
Propinsi
Nasional
Kab/ Kota
Pro-pinsi
Nasi  onal
1.
MTQ di AKSIOMA
Bulan Februari
MKKMI Kabupaten
2






2.
Lompat Jauh di Aksioma
Bulan Februari
MKKMI Kabupaten
1






Kesimpulan : baik dan perlu peningkatan


0 komentar:

Posting Komentar