2. Profil Standar Proses
Dalam melakukan PBM, setiap guru membuat
perangkat mengajar dan melakukan remedial serta evaluasi setiap akhir
pertemuan.
Bertolak dari berbagai
pertanyaan tersebut di atas maka profil standar proses mengungkap data sebagai
berikut:
NO.
|
ASPEK
STANDAR PROSES
|
KEADAAN
|
|
YA
|
TIDAK
|
||
1.
|
Setiap
guru telah mengembangkan dan memiliki silabus dan RPP secara lengkap
|
Ö
|
|
2.
|
RPP setiap mata pelajaran memuat:
a. Tujuan
pembelajaran/kompetensi secara tepat
b. Materi
pembelajaran yang sesuai dengan tujuan
c. Strategi
pembelajaran secara bervariatif:
1) Klasikal
2) Kelompok
3) Individual
d. Kegiatan/Metode
pembelajaran:
1) Secara variatif (multi metode)
2) Secara interaktif (nteraksi dua arah/multi arah antara
guru-murid, dan murid-murid)
3) Secara inspiratif
4) Menantang
|
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
|
|
|
5) Memotivasi
anak didik untuk berpartisipasi aktif
6) Memberikan
ruang yang cukup bagi prakarsa, dan kreatifitas.
7) Memberikan
ruang yang cukup bagi kemandirian anak didik sesuai dengan bakat, minat, dan
perkembangan fisik serta psikologis.
e. Sumber
belajar/Bahan ajar:
1) Interaktif
2) Kontekstual (sesuai dengan pengalaman nyata dan dalam konteks
dunia nyata)
f. Media
pembelajaran/alat peraga yang:
1) Tepat
2) Bervariasi
g. Alokasi waktu secara tepat
h. Teknik Penilaian berbasis kelas (penilaian yang bersifat otentik/authentic assessment):
1) Menilai semua aspek hasil belajar
a) Pengetahuan
b) Keterampilan
c) Sikap
2) Menilai hasil akhir dari
suatu proses pembelajaran
|
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
|
|
|
3) Menilai
perubahan dan perkembangan aktivitas serta perolehan belajar selama proses
pembelajaran di dalam kelas/di luar kelas melalui:
|
Ö
|
|
|
a) Penilaian tertulis
b) Perbuatan/kinerja
c) Proyek
d) Produk
e) Portofolio
|
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
|
|
|
Kriteria Penilaian Acuan Patokan (PAP)
|
Ö
|
|
3.
|
Pelaksanaan Pembelajaran seperti kegiatan
tersebut di atas
|
Ö
|
|
4.
|
Setiap guru telah menerapkan PAKEM dan menginternalisasi-kan life skills dalam proses pembelajaran
|
75 %
|
|
5.
|
Guru menggunakan sumber belajar yang interaktif dan kontekstual
|
Ö
|
|
6.
|
Setiap guru telah mengembangkan bahan ajar
a. Modul
b. Handout
c. Makalah
d. Lembar Kega Siswa
|
Ö
Ö
Ö
Ö
|
|
7.
|
Setiap guru membuat dan memanfaatkan media pembelajaran/alat peraga
dalam proses pembelajaran
a. Visual
b. Audio
c. Audio-visual
d. Berbasis
computer
|
Ö
Ö
70 %
30 %
|
|
8.
|
Setiap guru telah memanfaatkan alokasi waktu yang
ditetapkan sesuai dengan tingkat keluasan serta
kedalaman
materi dan indikator-indikator yang dicapai
|
Ö
|
|
9.
|
Madrasah telah mengembangkan program, meliputi:
a. Program remedial teachmg
b. Program Pengayaan
c. Program Percepatan/akselerasi
|
Ö
Ö
|
Ö
|
10
|
Setiap siswa dapat rnengembangkan potensi diri sesuai
dengan bakat dan minat
|
70 %
|
|
11
|
Madrasah telah mengembangkan budaya gemar membaca
|
Ö
|
|
12
|
Madrasah mempunyai standar proses pelayanan
administrasi
|
Ö
|
|
13
|
Madrasah mempunyai standar Proses Belajar
Mengajar
|
Ö
|
|
14
|
Madrasah mempunyai standar proses Evaluasi
Pendidikan
|
Ö
|
|
15
|
Madrasah melakukan pengawasan proses pembelajaran untuk
terfaksanakannya proses pembelajaran yang efektif dan efisien
|
Ö
|
|
16
|
Komite Madrasah berperan serta dalam upaya
pemenuhan standar proses di Madrasah
|
Ö
|
|
Data pendukung pengembangan Program remedial teaching,
Pengayaan dan Percepatan/akselerasi
No.
|
Program
|
Waktu
|
Sasaran
|
Target
|
1
|
Penyusunan remidial,
pengayaan
|
Juli-Juni
|
Siswa tuntas menyelesaikan KD
|
Siswa menyelesaikan setiap KD untuk melanjutkan
KD berikutnya
|
2
|
Identifikasi hasil ulangan
|
Setiap Bulan
|
Menilai siswa yang belum tuntas
|
Siswa menentukan setiap KD
|
3
|
Pelaporan
|
Akhir Semester
|
Melaporkan ketuntasan ke guru
|
Guru mengetahui siswa telah tuntas
|
4
|
Komputerisasi, penilaian
|
Setiap
hari
|
Mempercepat hasil evaluasi
|
Guru dan siswa cepat mengetahui ketuntasan
|
Prestasi Akademik: Peringkat Rata-rata US/M
No.
|
Tahun Pelajaran
|
Peringkat
|
||||||||
Tingkat Kecamatan (Rayon)
|
Tingkat Kabupaten
|
Tingkat propinsi
|
||||||||
Mad. Negeri
|
Mad Swasta
|
Mad negeri dan Swasta
|
Mad. Negeri
|
Mad Swasta
|
Mad negeri dan Swasta
|
Mad. Negeri
|
Mad Swasta
|
Mad negeri dan Swasta
|
||
1.
|
2011/2012
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
2.
|
2012/2013
|
-
|
-
|
-
|
-
|
--
|
-
|
-
|
-
|
-
|
3.
|
2013/2014
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
Hasil-hasil (prestasi) yang dicapai oleh para siswa dalam
kegiatan pengembangan diri:
Perolehan Kejuaraan/Prestasi Akademik: Lomba-lomba
No.
|
Nama Lomba
|
Tahun 2012/2013
|
Tahun 2013/2014
|
||||||
Juara ke
|
Tingkat
|
Juara
ke
|
Tingkat
|
||||||
Kab/ Kota
|
Propinsi
|
Nasional
|
Kab/ Kota
|
Pro-pinsi
|
Nasi onal
|
||||
1.
|
Olympiade Matematika
|
-
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Pidato dua bahasa & olympiade Mtk.
|
-
|
|
|
|
|
|
|
|
Perolehan Kejuaraan/Prestasi Non Akademik
No.
|
Nama Lomba
|
Waktu Pelak-sanaan
|
Penye lenggara
|
Tahun 2012/2013
|
Tahun 2013/2014
|
||||||
Juara ke
|
Tingkat
|
Juara ke
|
Tingkat
|
||||||||
Kab/ Kota
|
Propinsi
|
Nasional
|
Kab/ Kota
|
Pro-pinsi
|
Nasi onal
|
||||||
1.
|
MTQ di AKSIOMA
|
Bulan Februari
|
MKKMI Kabupaten
|
2
|
√
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Lompat Jauh di
Aksioma
|
Bulan Februari
|
MKKMI Kabupaten
|
1
|
√
|
|
|
|
|
|
|
Kesimpulan : baik dan perlu
peningkatan
0 komentar:
Posting Komentar