Rencana Kerja Tahunan
NO.
|
JENIS RENCANA KERJA TAHUNAN
|
SUDAH MEMILIKI
|
BELUM MEMILIKI
|
1.
|
Kalender pendidikan/akademik yang meliputi jadwal pembelajaran, ulangan,
ujian, kegiatan ekstrakurikuler, dan hari libur
|
Ö
|
|
2.
|
Jadwal penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan untuk tahun ajaran
berikutnya
|
Ö
|
|
3.
|
Mata pelajaran yang
ditawarkan pada semester gasal, semester genap
|
Ö
|
|
4.
|
Penugasan pendidik pada mata
pelajaran dan kegiatan lainnya
|
Ö
|
|
5.
|
Buku teks pelajaran yang
dipaka; pada masing-masing mata pelaJaran
|
Ö
|
|
6.
|
Jadwal penggunaan dan
pemeliharaan sarana dan prasarana pembelajaran
|
Ö
|
|
7.
|
Pengadaan, penggunaan, dan
persediaan bahan habis pakai
|
Ö
|
|
8.
|
Program peningkatan mutu
pendidik dan tenaga kependidikan yang meliputi sekurang-kurangnya jenis,
durasi, peserta, dan penyelenggara program
|
Ö
|
|
9.
|
Jadwal rapat Dewan Pendidik,
rapat konsultasi Madrasah dengan orang tua/wali peserta didik, dan rapat
Madrasah dengan komite Madrasah
|
Ö
|
|
10.
|
Rencana anggaran pendapatan
dan belanja Madrasah untuk masa kerja satu tahun
|
Ö
|
|
11.
|
Jadwal penyusunan laporan
akuntabilitas dan kinerja Madrasah untuk satu tahun terakhir
|
Ö
|
|
Sistem Pengawasan Yang
Dilakukan di Madrasah
NO.
|
SISTEM PENGAWASAN
|
WAKTU
|
TINDAK LANJUT
|
|
Ada
|
Tidak ada
|
|||
1.
|
Pemantauan oleh kepala Madrasah untuk menilai efisiensi, efektifitas,
akuntabilitas Madrasah
|
Akhir
tahun pelajaran
|
Ö
|
|
2.
|
Pemantauan oleh komite Madrasah untuk menilai efisiensi, efektivitas,
dan akuntabilitas Madrasah
|
Akhir
tahun pelajaran
|
Ö
|
|
3.
|
Supervisi manajerial dan akademik yang dilakukan
oleh kepala Madrasah
|
Per
semester
|
Ö
|
|
4.
|
Supervisi manajerial dan akademik yang dilakukan oleh pengawas atau
penilik
|
Per tahun
|
Ö
|
|
5.
|
Evaluasi
|
Per tahun
|
Ö
|
|
6.
|
Pelaporan oleh pendidik ditujukan kepada kepala
Madrasah
|
Per
semester
|
Ö
|
|
7.
|
Pelaporan oleh pendidik ditujukan kepada orang tua/wali peserta didik
|
Per
semester
|
Ö
|
|
8.
|
Pelaporan oleh tenaga kependidikan ditujukan kepada kepala Madrasah
|
Pertengahan
semester
|
Ö
|
|
9.
|
Pelaporan oleh kepala
Madrasah ditujukan kepada
komite Madrasah
|
Per tahun
|
Ö
|
|
Kesimpulan : Pemantauan,
supervise dan pelaporan dilaksanakan secara terprogram dan periodik
7. Profil
Standar Pembiayaan
Dalam
melaksanakan kegiatannya, Madrasah memerlukan dukungan pembiayaan yang memadai.
Anggaran
Madrasah (Sesuai RAPBM)
Tahun
Anggaran
|
SUMBER
DANA
|
JUMLAH
(Rp)
|
|
Pemerintah
(Rp)
|
Orangtua/masyarakat
(Rp)
|
||
2011/2012
|
78.421.800,-
|
-
|
78.421.800,-
|
2012/2013
|
98.642.400,-
|
-
|
98.642.400,-
|
2013/2014
|
96.322.400,-
|
-
|
96.322.400,-
|
Kondisi
Biaya Penvelenggaraan Pendidikan
NO
|
JENIS
BIAYA
|
TAHUN
PELAJARAN
|
|||||
2011/2012
(Rp)
|
Surplus/
Defisit
|
2012/2013
(Rp)
|
Surplus/
Defisit
|
2013/2014
(Rp)
|
Surplus/
Defisit
|
||
1.
|
Biaya
Investasi
|
12.421.800,-
|
0
|
32.000.000,-
|
0
|
30.000.000,-
|
0
|
2.
|
Biaya
Operasional
|
32.000.000,-
|
0
|
32.322.400,-
|
0
|
32.322.400,-
|
0
|
3.
|
Biaya
Personal
|
34.000.000,-
|
0
|
34.000.000,-
|
0
|
34.000.000,-
|
0
|
JUMLAH
TOTAL
|
78.421.800,-
|
0
|
98.322.400,-
|
0
|
96.322.400,-
|
0
|
Dukungan komite Madrasah terhadap biaya penyelenggaraan pendidikan di
Madrasah tiga tahun terakhir :
a.
Uang Infaq Komite 2011/2012 Ada (
Variatif dan Subsidi Silang )
b.
Uang Infaq Komite 2012/2013 Ada (
Variatif dan Subsidi Silang )
c.
Uang Infaq Komite 2013/2014 Ada (
Variatif dan Subsidi Silang )
Kesimpulan : Biaya Investasi kurang ( Kondisi Ruang
Kelas Kurang
Biaya Operasional Cukup
8.
Profil Standar Penilaian Pendidikan
Untuk mengetahui tinckat
keberhasi!an dari berbagai proses pembelajaran yang dilakukan oleh Madrasah
adalah melalui penilaian. Agar penilain yang dilakukan oleh Madrasah memiliki
arah yang jelas dan konsisten, maka hendaknya memenuhi standar penilaian yang
telah ditetapkan oleh pemerintah.
NO.
|
ASPEK
STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN
|
KEADAAN
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Madrasah
memiliki sistem penilaian yang melliputi Teknik, Jenis dan bentuk penilaian
sesuai dengan standar penilaian pendidikan
|
Ö
|
|
2
|
Penilaian pendidikan di Madrasah dilakukan oleh
a. Pendidik
b. Satuan
Pendidikan
c. Pemerintah
|
Ö
Ö
Ö
|
|
3
|
Kegiatan Penilaian yang dilakukan pendidik Meliputi:
a. Menginformasikan
silabus mata pelajaran yang di dalamnya memuat Rancangan dan kriteria
penilaian pada awal semester.
b. Menginformasikan silabus mata pelajaran yang di dalamnya
memuat Rancangan dan kriteria penilaian pada awal semester.
c. Mengembangkan indikator pencapaian KD dan memilih teknik
penilaian yang sesuai -ada saat menyusun silabus mata pelajaran.
d Mengembangkan instrumen dan pedoman penilaian sesuai dengan bentuk
dan teknik penifaian yang dipilih.
e. Melaksanakan tes, pengamatan, penugasan, dan/atau bentuk
lain yang diperlukan
f Mengolah hasil penilaian untuk mengetahui kemajuan hasil belajar
dan kesulitan belajar peserta didik.
g. Mengembalikan hasil pemeriksaan pekerjaan peserta didik
disertai balikan/komentar yang mendidik.
h. Memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran.
i. Melaporkan hasil penilaian mata pelajaran pada setiap akhir
semester kepada pimpinan satuan pendidikan dalam bentuk satu nilai prestasi
belajar peserta didik disertai deskripsi singkat sebagai cerminan kompetensi
utuh
j. Melaporkan hasil penilaian akhlak kepada guru pendidikan agama dan
asil penilaian kepribadian kepada guru pendidikan kewaraanegaraan sebagai
informasi untuk menentukan nilai akhir semester akhlak dan kepribadian
peserta didik dengan kategori sanaat baik, baik, atau kurang baik.
|
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
|
|
4.
|
Kegiatan Penilaian yang dilakukan Satuan Pendidikan meliputi:
a. Menentukan KKM setiap mata pela ' iaran dengan
memperhatikan karakteristik peserta didik, karakteristik mata pelajaran, dan
kondisi satuan Pendidikan melalui rapat dewan pendidik.
b. Mengkoordinasikan ulangan tengah semester, ulangan akhir
semester, dan ulangan kenaikan kelas.
c. Menentukan krderia kenaikan kelas bagi satuan pendidikan
yang menggunakan sistem paket mela!ui rapat dewan pendidik.
d. Menentukan kriteria program pembelajaran bagi satuan
pendidikan yang mengaunakan sistem kredit semester melalui rapat dewan
pendidik.
e. Menentukan nilai akhir kelompok mata pelajaran estetika dan
kelompok mata pelajaran pendidikan jasmani, olah raga dan kesehatan mefalui
rapat dewan pendidik dengan mempertimbangkan hasil penilaian oleh pendidik.
f Menentukan nilai akhir kelompok mata pelajaran agama dan akhlak
mulia dan kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dilakukan
melalui rapat dewar pendidik dengan mempertimbangkan hasil penilaian oleh
pendidik dan nilai hasil ujian Madrasah.
g. Menyelenggarakan ujian Madrasah dan menentukan kelulusan
peserta didik dari ujian Madrasah sesuai dengan POS Ujian Madrasah bagi
satuan pendidikan penyelenggara UN
h. Melaporkan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua
kelompok mata pelajaran pada setiap akhir semester kepada orang tua/wali
peserta didik dalam bentuk buku laporan pendidikan.
i. Melaporkan pencapaian hasil belajar tingkat satuan pendidikan
kepada dinas pendidikan kabupaten/kota.
j. Menentukan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan melalui
rapat dewan pendidik sesuai dengan kriteria
a) Menyelesaikan seluruh program pembelajaran
b) Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk
seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia;
kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian; kelompok mata
pelajaran estetika; dan kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga, dan
kesehatan.
c) Lulus ujian Madrasah/Madrasah.
d) Lulus UN.
k. Menerbitkan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional(SKHUN)
setiap peserta didik yang mengikuti Ujian Nasional bagi satuan pendidikan
l. penyelenggara UN
m. Menerbitkan ijazah setiap peserta didik yang lulus dari satuan
pendidikan bagi satuan pendidikan penyelenggara UN.
|
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
|
|
Data Pendukung Teknik, Jenis
dan Bentuk Penilaian serta Umpan Balik
Kelompok
Mata Pelajaran
|
Teknik
Penilaian
|
Umpan
Balik
|
|
Jenis
|
Bentuk
|
||
1.
Agama dan akhlak mulia
|
Portofolio
|
Penugasan
|
Diskusi
|
2.
Kewarganegaraan dan Kepribadian
|
Portofolio
|
Penugasan
|
Diskusi
|
3.
Ilmu penget. dan teknologi
|
Portofolio
|
Penugasan
|
Diskusi
|
4.
Estetika
|
Portofolio
|
Penugasan
|
Diskusi
|
5. Jasmani, olah raga, dan kesehatan
|
Portofolio
|
Penugasan
|
Diskusi
|
Data Pendukung KKM Mata
Pelajaran di Madrasah dan Rata-rata Tingkat Pencapaiannya
No.
|
Mata
Pelajaran
|
KKM
|
Rata-rata
Tk. pencapaian
|
||||
2011/
2012
|
2012/
2013
|
2013/
2014
|
2011/
2012
|
2012/
2013
|
2013/
2014
|
||
1.
|
Qur'an
Hadist
|
70
|
70
|
70
|
72.50
|
73.25
|
75.00
|
2.
|
Aqidah
Akhlaq
|
70
|
70
|
70
|
75.20
|
75.46
|
75.00
|
3.
|
Fiqih
|
70
|
70
|
70
|
67.45
|
75.00
|
72.25
|
4.
|
Sejarah
& Keb. Islam
|
70
|
70
|
70
|
62.22
|
75.00
|
75.00
|
5.
|
PendidikanKewarganegaraan
|
75
|
75
|
75
|
77.50
|
77.50
|
78.50
|
6.
|
Bahasa
Indonesia
|
75
|
75
|
75
|
68.50
|
75.00
|
75.00
|
7.
|
Matematika
|
70
|
70
|
70
|
60.50
|
75.00
|
75.00 |
8.
|
Bahasa
Arab
|
70
|
70
|
70
|
65.60
|
75.00
|
75.00
|
9.
|
IPA
|
75
|
75
|
75
|
62.25
|
75.00
|
75.00
|
10.
|
IPS
|
75
|
75
|
75
|
70.02
|
75.00
|
75.00
|
11.
|
Seni
Budaya
|
70
|
70
|
70
|
75.00
|
75.20
|
75.50
|
12.
|
Pendidikan
Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
|
75
|
75
|
75
|
80.00
|
78.50
|
77.00
|
|
Muatan
Lokal
|
|
|
|
|
|
|
13.
|
Bahasa
Jawa
|
70
|
70
|
70
|
75.00
|
75.00
|
75.00
|
14.
|
Bahasa
Inggris
|
70
|
70
|
70
|
75.00
|
75.00
|
75.00
|
15.
|
Pengembangan
Diri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Peserta Didik Yang Berhak Dan Tidak Berhak
Mengikuti UNAS, Yang Lulus Dan Tidak Lulus (Mengulang) Tiga Tahun Terakhir
NO.
|
TAHUN
PELAJARAN
|
UAS
|
LULUS
/ TIDAK LULUS
|
||||
Berhak
|
Tidak
Berhak
|
Jumlah
|
Lulus
|
Tidak
Lulus
|
Jumlah
|
||
1.
|
2011/2012
|
34
|
0
|
39
|
39
|
0
|
39
|
2.
|
2012/2013
|
30
|
0
|
49
|
49
|
0
|
49
|
3.
|
2013/2014
|
21
|
0
|
41
|
41
|
0
|
41
|
Keterlibatan Komite Madrasah
Dalam Mengontrol Pelaksanaan Standar
NO
|
PELAKSANAAN STANDAR
|
BENTUK KETERLIBATAN KOMITE MADRASAH
|
1
|
Kelompok Mata Pelajaran Agama dan akhlak mulia
|
Melaksanakan monitoring dan aplikasi moral siswa dan masyarakat
|
2.
|
Kelompok Mata Pelajaran Kewarganegaraan dan Kepribadian
|
Melaksanakan monitoring dan aplikasi moral siswa jiwa cihta tanah air dan
ketertiban
|
3.
|
Kelompok Mata Pelajaran Ilmu pengetahuan dan teknologi
|
Melaksanakan monitoring dan aplikasi hasil teknologi informasi
|
4.
|
Kelompok Mata Pelajaran Estetika
|
Melaksanakan monitoring dan aplikasi terhadap keindahan cijta kebersihan
dan kerindangan
|
5.
|
Kelompok Mata Pelajaran Jasmani, olah raga, dan kesehatan
|
Melaksanakan monitoring dan aplikasi ketertiban, kehadiran, kebersihan
lingkungan, sehat jasmani dan rohani
|
0 komentar:
Posting Komentar