Pages

Rabu, 04 November 2015

RKJM Bab 2 (10)



Rencana Kerja Tahunan
NO.
JENIS RENCANA KERJA TAHUNAN
SUDAH MEMILIKI
BELUM MEMILIKI
1.
Kalender pendidikan/akademik yang meliputi jadwal pembelajaran, ulangan, ujian, kegiatan ekstrakurikuler, dan hari libur
Ö

2.
Jadwal penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan untuk tahun ajaran berikutnya
Ö

3.
Mata pelajaran yang ditawarkan pada semester gasal, semester genap
Ö

4.
Penugasan pendidik pada mata pelajaran dan kegiatan lainnya
Ö

5.
Buku teks pelajaran yang dipaka; pada masing-masing mata pelaJaran
Ö

6.
Jadwal penggunaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana pembelajaran
Ö

7.
Pengadaan, penggunaan, dan persediaan bahan habis pakai
Ö

8.
Program peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan yang meliputi sekurang-kurangnya jenis, durasi, peserta, dan penyelenggara program
Ö

9.
Jadwal rapat Dewan Pendidik, rapat konsultasi Madrasah dengan orang tua/wali peserta didik, dan rapat Madrasah dengan komite Madrasah
Ö

10.
Rencana anggaran pendapatan dan belanja Madrasah untuk masa kerja satu tahun
Ö

11.
Jadwal penyusunan laporan akuntabilitas dan kinerja Madrasah untuk satu tahun terakhir
Ö


Sistem Pengawasan Yang Dilakukan di Madrasah
NO.
SISTEM PENGAWASAN
WAKTU
TINDAK LANJUT
Ada
Tidak ada
1.
Pemantauan oleh kepala Madrasah untuk menilai efisiensi, efektifitas, akuntabilitas Madrasah
Akhir tahun pelajaran
Ö

2.
Pemantauan oleh komite Madrasah untuk menilai efisiensi, efektivitas, dan akuntabilitas Madrasah
Akhir tahun pelajaran
Ö

3.
Supervisi manajerial dan akademik yang dilakukan oleh kepala Madrasah
Per semester
Ö

4.
Supervisi manajerial dan akademik yang dilakukan oleh pengawas atau penilik
Per tahun
Ö

5.
Evaluasi
Per tahun
Ö

6.
Pelaporan oleh pendidik ditujukan kepada kepala
Madrasah
Per semester
Ö

7.
Pelaporan oleh pendidik ditujukan kepada orang tua/wali peserta didik
Per semester
Ö

8.
Pelaporan oleh tenaga kependidikan ditujukan kepada kepala Madrasah
Pertengahan semester
Ö

9.
Pelaporan oleh kepala Madrasah ditujukan kepada
komite Madrasah
Per tahun
Ö


Kesimpulan : Pemantauan, supervise dan pelaporan dilaksanakan secara terprogram dan periodik


7.    Profil Standar Pembiayaan
Dalam melaksanakan kegiatannya, Madrasah memerlukan dukungan pembiayaan yang memadai.
Anggaran Madrasah (Sesuai RAPBM)

Tahun
Anggaran
SUMBER DANA
JUMLAH
(Rp)
Pemerintah
(Rp)
Orangtua/masyarakat
(Rp)
2011/2012
78.421.800,-
-
78.421.800,-
2012/2013
98.642.400,-
-
98.642.400,-
2013/2014
96.322.400,-
-
96.322.400,-

Kondisi Biaya Penvelenggaraan Pendidikan
NO
JENIS
BIAYA
TAHUN PELAJARAN
2011/2012
(Rp)
Surplus/
Defisit
2012/2013 (Rp)
Surplus/
Defisit
2013/2014 (Rp)
Surplus/
Defisit
1.
Biaya Investasi
12.421.800,-
0
32.000.000,-
0
30.000.000,-
0
2.
Biaya Operasional
32.000.000,-
0
32.322.400,-
0
32.322.400,-
0
3.
Biaya Personal
34.000.000,-
0
34.000.000,-
0
34.000.000,-
0
JUMLAH TOTAL
78.421.800,-
0
98.322.400,-
0
96.322.400,-
0

Dukungan komite Madrasah terhadap biaya penyelenggaraan pendidikan di Madrasah tiga tahun terakhir :
a. Uang Infaq Komite 2011/2012  Ada ( Variatif  dan Subsidi Silang )
b. Uang Infaq Komite 2012/2013  Ada ( Variatif  dan Subsidi Silang )
c. Uang Infaq Komite 2013/2014  Ada ( Variatif  dan Subsidi Silang )
     
Kesimpulan :     Biaya Investasi kurang ( Kondisi Ruang Kelas  Kurang
                          Biaya Operasional Cukup       

8.    Profil Standar Penilaian Pendidikan
Untuk mengetahui tinckat keberhasi!an dari berbagai proses pembelajaran yang dilakukan oleh Madrasah adalah melalui penilaian. Agar penilain yang dilakukan oleh Madrasah memiliki arah yang jelas dan konsisten, maka hendaknya memenuhi standar penilaian yang telah ditetapkan oleh pemerintah.
NO.
ASPEK STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN
KEADAAN
Ya
Tidak
1.
Madrasah memiliki sistem penilaian yang melliputi Teknik, Jenis dan bentuk penilaian sesuai dengan standar penilaian pendidikan
Ö

2
Penilaian pendidikan di Madrasah dilakukan oleh
a.        Pendidik
b.        Satuan Pendidikan
c.        Pemerintah

Ö
Ö
Ö

3
Kegiatan Penilaian yang dilakukan pendidik Meliputi:
a.        Menginformasikan silabus mata pelajaran yang di dalamnya memuat Rancangan dan kriteria penilaian pada awal semester.
b.        Menginformasikan silabus mata pelajaran yang di dalamnya memuat Rancangan dan kriteria penilaian pada awal semester.
c.        Mengembangkan indikator pencapaian KD dan memilih teknik penilaian yang sesuai -ada saat menyusun silabus mata pelajaran.
d Mengembangkan instrumen dan pedoman penilaian sesuai dengan bentuk dan teknik penifaian yang dipilih.
e.        Melaksanakan tes, pengamatan, penugasan, dan/atau bentuk lain yang diperlukan
f  Mengolah hasil penilaian untuk mengetahui kemajuan hasil belajar dan kesulitan belajar peserta didik.
g.        Mengembalikan hasil pemeriksaan pekerjaan peserta didik disertai balikan/komentar yang mendidik.
h.        Memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran.
i. Melaporkan hasil penilaian mata pelajaran pada setiap akhir semester kepada pimpinan satuan pendidikan dalam bentuk satu nilai prestasi belajar peserta didik disertai deskripsi singkat sebagai cerminan kompetensi utuh
j. Melaporkan hasil penilaian akhlak kepada guru pendidikan agama dan asil penilaian kepribadian kepada guru pendidikan kewaraanegaraan sebagai informasi untuk menentukan nilai akhir semester akhlak dan kepribadian peserta didik dengan kategori sanaat baik, baik, atau kurang baik.

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö

Ö
Ö


Ö


4.
Kegiatan Penilaian yang dilakukan Satuan Pendidikan meliputi:
a.        Menentukan KKM setiap mata pela ' iaran dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, karakteristik mata pelajaran, dan kondisi satuan Pendidikan melalui rapat dewan pendidik.
b.        Mengkoordinasikan ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan ulangan kenaikan kelas.
c.        Menentukan krderia kenaikan kelas bagi satuan pendidikan yang menggunakan sistem paket mela!ui rapat dewan pendidik.
d.        Menentukan kriteria program pembelajaran bagi satuan pendidikan yang mengaunakan sistem kredit semester melalui rapat dewan pendidik.
e.        Menentukan nilai akhir kelompok mata pelajaran estetika dan kelompok mata pelajaran pendidikan jasmani, olah raga dan kesehatan mefalui rapat dewan pendidik dengan mempertimbangkan hasil penilaian oleh pendidik.
f  Menentukan nilai akhir kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dan kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian dilakukan melalui rapat dewar pendidik dengan mempertimbangkan hasil penilaian oleh pendidik dan nilai hasil ujian Madrasah.
g.        Menyelenggarakan ujian Madrasah dan menentukan kelulusan peserta didik dari ujian Madrasah sesuai dengan POS Ujian Madrasah bagi satuan pendidikan penyelenggara UN
h.        Melaporkan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran pada setiap akhir semester kepada orang tua/wali peserta didik dalam bentuk buku laporan pendidikan.
i. Melaporkan pencapaian hasil belajar tingkat satuan pendidikan kepada dinas pendidikan kabupaten/kota.
j. Menentukan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan melalui rapat dewan pendidik sesuai dengan kriteria
a)    Menyelesaikan seluruh program pembelajaran
b)    Memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia; kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian; kelompok mata pelajaran estetika; dan kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga, dan kesehatan.
c)    Lulus ujian Madrasah/Madrasah.
d)    Lulus UN.
k.        Menerbitkan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional(SKHUN) setiap peserta didik yang mengikuti Ujian Nasional bagi satuan pendidikan
l. penyelenggara UN
m. Menerbitkan ijazah setiap peserta didik yang lulus dari satuan pendidikan bagi satuan pendidikan penyelenggara UN.

Ö


Ö

Ö

Ö


Ö

Ö



Ö


Ö


Ö


Ö

Ö




Ö
Ö
Ö
Ö
Ö



 
Data Pendukung Teknik, Jenis dan Bentuk Penilaian serta Umpan Balik

 
Kelompok Mata Pelajaran
Teknik Penilaian
Umpan Balik
Jenis
Bentuk
1. Agama dan akhlak mulia
Portofolio
Penugasan
Diskusi
2. Kewarganegaraan dan Kepribadian
Portofolio
Penugasan
Diskusi
3. Ilmu penget. dan teknologi
Portofolio
Penugasan
Diskusi
4. Estetika
Portofolio
Penugasan
Diskusi
5. Jasmani, olah raga, dan kesehatan
Portofolio
Penugasan
Diskusi

Data Pendukung KKM Mata Pelajaran di Madrasah dan Rata-rata Tingkat Pencapaiannya
No.
Mata Pelajaran
KKM
Rata-rata Tk. pencapaian
2011/ 2012
2012/ 2013
2013/ 2014
2011/ 2012
2012/ 2013
2013/ 2014
1.
Qur'an Hadist
70
70
70
72.50
73.25
75.00
2.
Aqidah Akhlaq
70
70
70
75.20
75.46
75.00
3.
Fiqih
70
70
70
67.45
75.00
72.25
4.
Sejarah & Keb. Islam
70
70
70
62.22
75.00
75.00
5.
PendidikanKewarganegaraan
75
75
75
77.50
77.50
78.50
6.
Bahasa Indonesia
75
75
75
68.50
75.00
75.00
7.
Matematika
70
70
70
60.50
75.00
75.00
8.
Bahasa Arab
70
70
70
65.60
75.00
75.00
9.
IPA
75
75
75
62.25
75.00
75.00
10.
IPS
75
75
75
70.02
75.00
75.00
11.
Seni Budaya
70
70
70
75.00
75.20
75.50
12.
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
75
75
75
80.00
78.50
77.00

Muatan Lokal






13.
Bahasa Jawa
70
70
70
75.00
75.00
75.00
14.
Bahasa Inggris
70
70
70
75.00
75.00
75.00
15.
Pengembangan Diri















Jumlah Peserta Didik Yang Berhak Dan Tidak Berhak Mengikuti UNAS, Yang Lulus Dan Tidak Lulus (Mengulang) Tiga Tahun Terakhir

NO.
TAHUN PELAJARAN
UAS
LULUS / TIDAK LULUS
Berhak
Tidak Berhak
Jumlah
Lulus
Tidak Lulus
Jumlah
1.
2011/2012
34
0
39
39
0
39
2.
2012/2013
30
0
49
49
0
49
3.
2013/2014
21
0
41
41
0
41

Keterlibatan Komite Madrasah Dalam Mengontrol Pelaksanaan Standar
NO
PELAKSANAAN STANDAR
BENTUK KETERLIBATAN KOMITE MADRASAH
1
Kelompok Mata Pelajaran Agama dan akhlak mulia
Melaksanakan monitoring dan aplikasi moral siswa dan masyarakat
2.
Kelompok Mata Pelajaran Kewarganegaraan dan Kepribadian
Melaksanakan monitoring dan aplikasi moral siswa jiwa cihta tanah air dan ketertiban
3.
Kelompok Mata Pelajaran Ilmu pengetahuan dan teknologi
Melaksanakan monitoring dan aplikasi hasil teknologi informasi
4.
Kelompok Mata Pelajaran Estetika
Melaksanakan monitoring dan aplikasi terhadap keindahan cijta kebersihan dan kerindangan
5.
Kelompok Mata Pelajaran Jasmani, olah raga, dan kesehatan
Melaksanakan monitoring dan aplikasi ketertiban, kehadiran, kebersihan lingkungan, sehat jasmani dan rohani
Kesimpulan :  Sudah cukup efektif dan perlu ada peningkatan
  



0 komentar:

Posting Komentar