Pages

Rabu, 04 November 2015

RKJM Bab 2 (3)



4.    Profil Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
NO.
ASPEK STANDAR PENDIDIKAN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
KEADAAN
YA
TIDAK
1.
Kondisi guru dan tenaga kependidikan lainnya di Madrasah telah memenuhi Standar nasional pendidik dan kependidikan
Ö

2.
Kondisi Kepala Madrasah telah memenuhi standar tenaga kependidikan
Ö

3.
Guru memiliki kesesuaian antara latar belakang pendidikan dengan mata pelajaran yang dipegang di Madrasah
46,7 %

4.
Guru dan tenaga kependidikan telah mengikuti pelatihan untuk mendukung tugas profesionalnya
a. Setiap Guru telah mengikuti pelatihan untuk mendukung tugas profesionalnya
b. Setiap tenaga kependidikan telah mengikuti pelatihan untuk mendukung tugas profesionalnya


Ö

Ö

5.
Keikutsertaan guru dan tenaga kependidikan dalam forum ilmiah
a.    Seluruh guru telah mengikuti kegiatan forum ilmiah
b.    Seluruh tenaga kependidikan ikut dalam forum ilmiah
c.    Peranan guru dalam forum ilmiah
·  Peserta
·  Pemakalah
d.    Peranan tenaga kependidikan dalam forum ilmiah
·  Peserta
·  Pemakalah
e.   Forum Forum ilmiah yang diikuti oleh guru pada tingkat:
·  Kecamatan
·  Kota/kabupaten
·  Provinsi
·  Nasional
·  Internasional
f.    Forum ilmiah yang diikuti tenaga kependidikan pada tingkat:
·  Kecamatan
·  Kota/kabupaten
·  Provinsi
·  Nasional
·  Internasional

Ö


Ö





Ö
Ö








Ö



Ö








Ö






6.
Guru Madrasah dan tenaga kependidikan telah meraih prestasi :
a. Akademik
  Tingkat kecamatan
  Tingkat kota/kabupaten
  Tingkat Provinsi
  Tingkat Nasional
  Tingkat Internasional
b. Non akademik
  Tingkat kecamatan
  Tingkat kota/kabupaten
  Tingkat Provinsi
  Tingkat Nasional
  Tingkat Internasional











Ö
Ö
Ö
Ö
Ö

Ö
Ö
Ö
Ö
7.
Komite Madrasah berperan aktif dalam mendukung pencapaian standar pendidik dan tenaga kependidikan

Ö


Tenaga Pendukung Kualifikasi Pendidikan, Status, Jenis Kelamin, dan Jumlah Tenaga Pendidik
No.
Tingkat Pendidikan
Jumlah dan Status Guru
Jumlah
PNS
GTY
L
P
L
P
1.
S3/S2
-
-
-
-
-
2.
S1
-
-
1
9
10
3.
D4
-
-
-
-
-
4.
D3/Sarmud
-
-
-
-
-
5.
D2
-
-
-
-
-
6.
D1
-
-
-
-
-
7.
< SMA/Sederajat
-
-
4
2
6
Jumlah
-
-
5
11
16









Tenaga Kependidikan : Tenaga Pendukung
No
Tenaga pendukung
Jumlah tenaga pendukung dan
kualifikasi pendidikannya
Jumlah tenaga pendukung
Berdasarkan Status dan Jenis
Kelamin
Jumlah
<SMP
SMA
D1
D2
D3
S1
PNS
Honorer
L
P
L
P
1
Tata Usaha
-
1
-
-
-
-
-
-
-
1
1
2
Perpustakaan
Dirangkap guru mata pelajaran
3
Penjaga Madrasah
1
-
-
-
-
-
-
-
1
-
1
4
Lainnya
Pembuang sampah
Dirangkap tukang kebun
Jumlah
1
1






1
1
2

Tabel Data Pendukung Kondisi Kepala Madrasah Tiga Tahun Terakhir

NO
Tahun
Kompetensi
2011/2012
2012/2013
2013/2014
R
C
T
R
C
T
R
C
T
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1.
Memiliki landasan dan wawasan pendidikan

V



V


V
2.
Memahami Madrasah sebagai
System

V



V


V
3.
Memahami Manajemen Berbasis Madrasah (MBM)


V


V


V
4.
Merencanakan pengembangan
Madrasah


V


V


V
5.
Mengelola kurikulum


V


V


V
6.
Mengelola tenaga kependidikan


V


V


V
7.
Mengelola sarana prasarana


V


V


V
8.
Mengelola kesiswaan


V


V


V
9.
Mengelola keuangan


V


V


V
10.
Mengelola hubungan Madrasah- masyarakat


V


V


V
11.
Mengelola kelembagaan


V


V


V
12.
Mengelola sistem informasi Madrasah

V



V


V
13.
Memimpin Madrasah


V


V


V
14.
Mengembangkan budaya Madrasah (etos kerja, disiplin, budaya bersih, hidup sehat)

V



V


V
15.
Memiliki dan melaksanakan kreativitas, inovasi, dan jiwa kewirausahaan


V


V


V
16.
Mengembangkan diri


V


V


V
17.
Mengelola waktu


V


V


V
18.
Menyusun dan melaksanakan
regulasi Madrasah

V


V


V

19.
Memberdayakan sumberdaya
Madrasah


V


V


V
20.
Melakukan koordinasi/ penyerasian

V


V


V

21.
Mengambil keputusan secara
Terampil


V


V


V
22.
Melakukan monitoring dan evaluasi


V

V



V
23.
Melaksanakan supervise

V


V


V

24.
Mennyiapkan, melaksanakan, dan menindaklanjuti hasil akreditasi


V


V


V
25.
Membuat laporan akuntabilitas
Madrasah/Madrasah


V


V


V
Keterangan :
• R = Rendah, C = Cukup, T = Tinggi

Data pendukung jawaban diatas secara rinci diungkapkan dalam beberapa tabel berikut ini:
Jumlah guru dengan tugas mengajar sesuai dengan latar belakang pendidikan (keahlian)
No.
Guru
Jumlah guru dengan latar belakang pendidikan sesuai dengan tugas mengajar
Jumlah guru dengan latar belakang pendidikan TIDAK sesuai dengan tugas mengajar
Jumlah
D1/D2
D3/Sarmud
S1/D4
S2/S3
D1/D2
D3/Sarmud
S1/D4
S2/S3

1
Pendidikan Agama Islam


6






2
Guru Kelas


6






3
Guru Penjasorkes


1






4
Lainnya :
Mulok


2






Jumlah


15







Data pendukung pengembangan Kompetensi/Profesionalisme pendidik serta tenaga kependidikan dan keikutsertaannya dalam forum ilmiah
No.
Jenis Pengembangan Kompetensi
Tahun Pelaksanaan Kegiatan
Peran Dalam Kegiatan
Penyeleng gara
Tingkat (Inter/Nas/ Lokal)
Jumlah Guru yang telah mengikuti kegiatan pengembangan kompetensi/profesionalisme
Laki-laki
Perempuan
Jumlah
1
Penataran Diklat Kurikulum 2013
2014
Peserta
Depag Kab.
Kabupaten
3
3
6

Kesimpulan : Cukup dan perlu lebih meningkat

Data pendukung pencapaian prestasi bagi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan
No.
Jenis Lomba dan Nama Guru
Penyelenggara
Perolehan Juara 1 sampai 3                  dalam 3 tahun terakhir
Tingkat
Jumlah Guru
1.
Lomba Guru Prestasi
Diknas
Nasional
-
Prpinsi
-
Kabupaten
-
Kesimpulan : Perlu mendorong guru untuk mengikuti kegiatan Prestasi







Data pendukung program pengembangan potensi diri siswa sesuai dengan bakat dan minatnya
No.
Program Extrakurikuler
Waktu
Sasaran
Target
1
Pramuka
Setiap hari minggu ke I dan III
Siswa kelas 1-6
Ikut dalam Jambore Kab.
2
Drum band
Setiap hari minggu ke II dan IV
Siswa
Juara tingkat Kec./Kab.
3
Olahraga
Setiap hari senin jam 16.00
Siswa kelas 3,4,5,6
Juara tingkat Kec./Kab.
4
Bimbingan Baca Kitab
Setiap hari sabtu jam 15.00
Siswa kelas 4,5,6
Mampu membaca kitab kuning
5
Bimbingan Belajar UASBN
Setiap hari jam 12.30
Siswa kelas 6
Lulus 100%


Bentuk keterlibatan komite Madrasah dalam upaya mencapai standar proses  adalah:
1. Ikut serta memonitor perencanaan      
2. Ikut serta memonitor pelaksanaan      
3. Ikut serta memonitor pelaporan
Kesimpulan : Sangat mendukung terlaksananya program tersebut     


0 komentar:

Posting Komentar