4. Profil Standar Pendidik dan Tenaga
Kependidikan
NO.
|
ASPEK STANDAR PENDIDIKAN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
|
KEADAAN
|
|
YA
|
TIDAK
|
||
1.
|
Kondisi guru dan tenaga kependidikan lainnya di Madrasah telah
memenuhi Standar nasional pendidik dan kependidikan
|
Ö
|
|
2.
|
Kondisi Kepala Madrasah telah memenuhi standar tenaga kependidikan
|
Ö
|
|
3.
|
Guru memiliki kesesuaian antara latar belakang pendidikan dengan mata
pelajaran yang dipegang di Madrasah
|
46,7 %
|
|
4.
|
Guru dan tenaga kependidikan telah mengikuti pelatihan untuk mendukung
tugas profesionalnya
a. Setiap
Guru telah mengikuti pelatihan untuk mendukung tugas profesionalnya
b. Setiap
tenaga kependidikan telah mengikuti pelatihan untuk mendukung tugas
profesionalnya
|
Ö
Ö
|
|
5.
|
Keikutsertaan guru dan tenaga kependidikan dalam
forum ilmiah
a. Seluruh guru telah mengikuti kegiatan forum ilmiah
b. Seluruh tenaga kependidikan ikut dalam forum ilmiah
c. Peranan guru dalam forum ilmiah
· Peserta
· Pemakalah
d. Peranan tenaga kependidikan dalam forum ilmiah
· Peserta
· Pemakalah
e. Forum Forum ilmiah yang diikuti oleh guru pada tingkat:
· Kecamatan
· Kota/kabupaten
· Provinsi
· Nasional
· Internasional
f. Forum ilmiah yang diikuti tenaga kependidikan pada tingkat:
· Kecamatan
· Kota/kabupaten
· Provinsi
· Nasional
· Internasional
|
Ö
Ö
Ö
Ö
|
Ö
Ö
Ö
|
6.
|
Guru Madrasah dan tenaga kependidikan telah meraih prestasi :
a. Akademik
• Tingkat
kecamatan
• Tingkat kota/kabupaten
• Tingkat Provinsi
• Tingkat Nasional
• Tingkat Internasional
b. Non akademik
• Tingkat kecamatan
• Tingkat kota/kabupaten
• Tingkat Provinsi
• Tingkat Nasional
• Tingkat Internasional
|
|
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
Ö
|
7.
|
Komite Madrasah berperan aktif dalam mendukung
pencapaian standar pendidik dan tenaga kependidikan
|
Ö
|
|
Tenaga Pendukung Kualifikasi Pendidikan, Status, Jenis
Kelamin, dan Jumlah Tenaga Pendidik
No.
|
Tingkat
Pendidikan
|
Jumlah
dan Status Guru
|
Jumlah
|
|||
PNS
|
GTY
|
|||||
L
|
P
|
L
|
P
|
|||
1.
|
S3/S2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
2.
|
S1
|
-
|
-
|
1
|
9
|
10
|
3.
|
D4
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
4.
|
D3/Sarmud
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
5.
|
D2
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
6.
|
D1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
7.
|
< SMA/Sederajat
|
-
|
-
|
4
|
2
|
6
|
Jumlah
|
-
|
-
|
5
|
11
|
16
|
Tenaga Kependidikan : Tenaga Pendukung
No
|
Tenaga
pendukung
|
Jumlah
tenaga pendukung dan
kualifikasi
pendidikannya
|
Jumlah tenaga pendukung
Berdasarkan Status dan Jenis
Kelamin
|
Jumlah
|
||||||||
<SMP
|
SMA
|
D1
|
D2
|
D3
|
S1
|
PNS
|
Honorer
|
|||||
L
|
P
|
L
|
P
|
|||||||||
1
|
Tata
Usaha
|
-
|
1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
1
|
2
|
Perpustakaan
|
Dirangkap
guru mata pelajaran
|
||||||||||
3
|
Penjaga
Madrasah
|
1
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
-
|
1
|
-
|
1
|
4
|
Lainnya
Pembuang
sampah
|
Dirangkap
tukang kebun
|
||||||||||
Jumlah
|
1
|
1
|
|
|
|
|
|
|
1
|
1
|
2
|
Tabel Data Pendukung Kondisi Kepala Madrasah Tiga Tahun Terakhir
NO
|
![]()
Kompetensi
|
2011/2012
|
2012/2013
|
2013/2014
|
||||||
R
|
C
|
T
|
R
|
C
|
T
|
R
|
C
|
T
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
|
1.
|
Memiliki landasan dan wawasan pendidikan
|
|
V
|
|
|
|
V
|
|
|
V
|
2.
|
Memahami
Madrasah sebagai
System
|
|
V
|
|
|
|
V
|
|
|
V
|
3.
|
Memahami Manajemen Berbasis Madrasah (MBM)
|
|
|
V
|
|
|
V
|
|
|
V
|
4.
|
Merencanakan
pengembangan
Madrasah
|
|
|
V
|
|
|
V
|
|
|
V
|
5.
|
Mengelola
kurikulum
|
|
|
V
|
|
|
V
|
|
|
V
|
6.
|
Mengelola
tenaga kependidikan
|
|
|
V
|
|
|
V
|
|
|
V
|
7.
|
Mengelola
sarana prasarana
|
|
|
V
|
|
|
V
|
|
|
V
|
8.
|
Mengelola
kesiswaan
|
|
|
V
|
|
|
V
|
|
|
V
|
9.
|
Mengelola
keuangan
|
|
|
V
|
|
|
V
|
|
|
V
|
10.
|
Mengelola
hubungan Madrasah- masyarakat
|
|
|
V
|
|
|
V
|
|
|
V
|
11.
|
Mengelola
kelembagaan
|
|
|
V
|
|
|
V
|
|
|
V
|
12.
|
Mengelola
sistem informasi Madrasah
|
|
V
|
|
|
|
V
|
|
|
V
|
13.
|
Memimpin
Madrasah
|
|
|
V
|
|
|
V
|
|
|
V
|
14.
|
Mengembangkan
budaya Madrasah (etos kerja, disiplin, budaya bersih, hidup sehat)
|
|
V
|
|
|
|
V
|
|
|
V
|
15.
|
Memiliki dan melaksanakan kreativitas, inovasi, dan jiwa kewirausahaan
|
|
|
V
|
|
|
V
|
|
|
V
|
16.
|
Mengembangkan
diri
|
|
|
V
|
|
|
V
|
|
|
V
|
17.
|
Mengelola
waktu
|
|
|
V
|
|
|
V
|
|
|
V
|
18.
|
Menyusun dan melaksanakan
regulasi Madrasah
|
|
V
|
|
|
V
|
|
|
V
|
|
19.
|
Memberdayakan
sumberdaya
Madrasah
|
|
|
V
|
|
|
V
|
|
|
V
|
20.
|
Melakukan
koordinasi/ penyerasian
|
|
V
|
|
|
V
|
|
|
V
|
|
21.
|
Mengambil
keputusan secara
Terampil
|
|
|
V
|
|
|
V
|
|
|
V
|
22.
|
Melakukan
monitoring dan evaluasi
|
|
|
V
|
|
V
|
|
|
|
V
|
23.
|
Melaksanakan
supervise
|
|
V
|
|
|
V
|
|
|
V
|
|
24.
|
Mennyiapkan, melaksanakan, dan menindaklanjuti hasil akreditasi
|
|
|
V
|
|
|
V
|
|
|
V
|
25.
|
Membuat laporan akuntabilitas
Madrasah/Madrasah
|
|
|
V
|
|
|
V
|
|
|
V
|
Keterangan
:
•
R = Rendah, C = Cukup, T = Tinggi
Data pendukung jawaban diatas secara rinci diungkapkan
dalam beberapa tabel berikut ini:
Jumlah
guru dengan tugas mengajar sesuai dengan latar belakang pendidikan (keahlian)
No.
|
Guru
|
Jumlah guru dengan latar belakang pendidikan sesuai
dengan tugas mengajar
|
Jumlah guru dengan latar belakang pendidikan TIDAK
sesuai dengan tugas mengajar
|
Jumlah
|
||||||
D1/D2
|
D3/Sarmud
|
S1/D4
|
S2/S3
|
D1/D2
|
D3/Sarmud
|
S1/D4
|
S2/S3
|
|
||
1
|
Pendidikan Agama Islam
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Guru Kelas
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Guru Penjasorkes
|
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Lainnya :
Mulok
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
|
Data
pendukung pengembangan Kompetensi/Profesionalisme pendidik serta tenaga
kependidikan dan keikutsertaannya dalam forum ilmiah
No.
|
Jenis Pengembangan Kompetensi
|
Tahun Pelaksanaan Kegiatan
|
Peran Dalam Kegiatan
|
Penyeleng gara
|
Tingkat (Inter/Nas/ Lokal)
|
Jumlah Guru yang telah mengikuti kegiatan pengembangan
kompetensi/profesionalisme
|
||
Laki-laki
|
Perempuan
|
Jumlah
|
||||||
1
|
Penataran
Diklat Kurikulum 2013
|
2014
|
Peserta
|
Depag Kab.
|
Kabupaten
|
3
|
3
|
6
|
Kesimpulan
: Cukup dan perlu lebih meningkat
Data
pendukung pencapaian prestasi bagi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan
No.
|
Jenis Lomba dan Nama Guru
|
Penyelenggara
|
Perolehan Juara 1 sampai 3 dalam 3 tahun terakhir
|
|
Tingkat
|
Jumlah
Guru
|
|||
1.
|
Lomba Guru Prestasi
|
Diknas
|
Nasional
|
-
|
Prpinsi
|
-
|
|||
Kabupaten
|
-
|
Kesimpulan
: Perlu mendorong guru untuk mengikuti kegiatan Prestasi
Data
pendukung program pengembangan potensi diri siswa sesuai dengan bakat dan minatnya
No.
|
Program Extrakurikuler
|
Waktu
|
Sasaran
|
Target
|
1
|
Pramuka
|
Setiap hari minggu ke I dan III
|
Siswa kelas 1-6
|
Ikut dalam Jambore Kab.
|
2
|
Drum band
|
Setiap hari minggu ke II dan IV
|
Siswa
|
Juara tingkat Kec./Kab.
|
3
|
Olahraga
|
Setiap hari senin jam 16.00
|
Siswa kelas 3,4,5,6
|
Juara tingkat Kec./Kab.
|
4
|
Bimbingan Baca Kitab
|
Setiap hari sabtu jam 15.00
|
Siswa kelas 4,5,6
|
Mampu membaca kitab kuning
|
5
|
Bimbingan Belajar UASBN
|
Setiap hari jam 12.30
|
Siswa kelas 6
|
Lulus 100%
|
Bentuk
keterlibatan komite Madrasah dalam upaya mencapai standar proses adalah:
1.
Ikut serta memonitor perencanaan
2.
Ikut serta memonitor pelaksanaan
3.
Ikut serta memonitor pelaporan
Kesimpulan
: Sangat mendukung terlaksananya program tersebut
0 komentar:
Posting Komentar