3.
Profil Standar Kompetensi Lulusan
Fungsi utama Madrasah adalah
membelajarkan siswa untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang telah
ditetapkan baik oleh pemerintah maupun oleh Madrasah sendiri. Untuk menyusun
profil SKL, Madrasah perlu menggambarkan target pencapaian SKL dan kondisi riil
prestasi Madrasah beberapa tahun terakhir. Beberapa pertanyaan di bawah dapat
dipakai sebagai panduan dalam menyusun profil yang terkait dengan standar
kompetensi lulusan:
Bertolak dari berbagai
pertanyaan tersebut di atas maka profil standar isi MI AL-HIKMAH BALONGREJO dapat
diungkapkan data sebagai berikut: (misalnya)
NO.
|
ASPEK
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
|
KEADAAN
|
|
YA
|
TIDAK
|
||
1.
|
Madrasah telah memiliki target SKL 3 (tiga) tahun terakhir
|
Ö
|
|
2.
|
Rata-rata nilai ujian Madrasah tiga tahun terakhir telah mencapai
target yang diharapkan
|
Ö
|
|
3.
|
Presentase Iulusan tiga tahun terakhir telah memenuhi target yang
dikehendaki Madrasah
|
Ö
|
|
4.
|
Presentase Iulusan yang melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih
tinggi dalam tiga tahun terakhir 100 % dari seluruh jumlah lulusan setiap
tahun
|
Ö
|
|
5.
|
Madrasah mampu berprestasi dalam lomba/olimpiade tiga tahun terakhir
dalam bidang:
a. Akademik (mata pelajaran)
b. Non akademik
1) Olahraga
2) Kesenian
3) UKS/M
4) Kegiatan keagamaan
|
Ö
Ö
Ö
|
Ö
Ö
|
6.
|
Komite Madrasah terlibat da!arn mendukung
pencapaian prestasi akademik dan non akademik
|
Ö
|
|
Data pendukung jawaban di atas secara rinci diungkapkan
dalam beberapa tabel berikut ini :
Prestasi Akademik : Nilai Ujian Madrasah (US)
No.
|
Mata Pelajaran
|
Rata-rata Nilai UAM
|
||
Tahun 2011/2012
|
Tahun 2012/2013
|
Tahun 2013/2014
|
||
1
|
Bhs. Indonesia
|
7,57
|
8,20
|
7,27
|
2
|
Matematika
|
7,24
|
8,10
|
7,70
|
3
|
IPA
|
7,64
|
8,58
|
8,70
|
4
|
Pend. Agama
|
8,57
|
8,36
|
8,05
|
5
|
PKn
|
8,19
|
8,09
|
8,27
|
6
|
IPS
|
7,69
|
8,08
|
7,93
|
7
|
Seni Budaya dan Keterampilan
|
7,80
|
8,12
|
8,21
|
8
|
Penjaskes
|
8,20
|
8,05
|
8,03
|
9
|
Bhs. Inggris
|
8,07
|
8,27
|
7,26
|
10
|
Mulok
|
7,85
|
8,16
|
7,70
|
|
|
|
|
|
Angka Kelulusan dan Melanjutkan (3) tahun terakhir
No.
|
Tahun Ajaran
|
Jumlah Kelulusan dan Kelanjutan Studi
|
||||
Jumlah Peserta Ujian
|
Jumlah Lulusan
|
% Kelulusan
|
% Lulusan yang Melanjutkan Pendidikan
|
% Lulusan yang TIDAK Melanjutkan Pendidikan
|
||
1.
|
2011/2012
|
34
|
34
|
100
|
100
|
0
|
2.
|
2012/2013
|
30
|
30
|
100
|
100
|
0
|
3.
|
2013/2014
|
21
|
21
|
100
|
100
|
0
|
Prestasi
akademik : Persentase Lulusan dan Rata-Rata UASBN, serta lulusan Yang
Melanjutkan Ke Jenjang Pendidikan Lanjutannya Tiga Tahun Terakhir :
Tahun Pelajaran
|
Tamatan (%)
|
Rata-rata NILAI UAN
|
Siswa yang melanjutkan ke SMP/MTS (%)
|
|||||||||
Jml
|
Target
|
Bahasa Indonesia
|
Matematika
|
IPA
|
Jml
|
Rata-rata tiga mapel
|
Jml
|
Target
|
||||
Hasil
|
Target
|
Hasil
|
Target
|
Hasil
|
Target
|
|||||||
2011/2012
|
34
|
100
|
7.57
|
6.00
|
7.24
|
6.00
|
7.64
|
6.00
|
22.45
|
7.48
|
100
|
100
|
2012/2013
|
30
|
100
|
8.20
|
6.00
|
8.10
|
6.00
|
8.58
|
6.00
|
24.88
|
8.29
|
100
|
100
|
2013/2014
|
21
|
100
|
7.27
|
6.00
|
7.70
|
6.00
|
8.70
|
6.00
|
23.67
|
7.89
|
100
|
100
|
Kesimpulan
: Baik
5. Profil Standar
Sarana dan Prasarana
Sarana dan Prasana sebagai
faktor pendukung keberhasilan proses pendidikan, hendaknya diupayakan agar
dapat memenuhi standar sarana dan prasarana ppfididikan yang telah ditetapkan
oleh pemerintah. Berdasarkan Permendiknas nomor 24 tahun 2007 tentang standar
sarana prasarana, maka Madrasah
hendaknya minimal memiliki lahan, bangunan, perabot, peralatan pendidikan media
pendidikan dan perlengkapan lainnya sesuai dengan rasio siswa.
Sebagai bahan pertimbangan
dalam peningkatan sarana dan prasarana Madrasah yang perlu diperhatikan adalah
:
a. Lahan, misalnya apakah luasnya sesuai rasio murid, dekat dengan
pemukiman, dsb.
b. Bangunan, misalnya kesesuaian bangunan dengan rasio murid
c. Tingkat keamanan lokasi lahan dan bangunan
d. Prasarana minimal yang harus dimiliki (kondisi prasarana dan
kesesuaian dengan rasio siswa)
e. Kondisi sarana (jenis, rasio dan diskripsinya).
Profil standar Sarana dan
prasarana akan mengungkapkan data sebagai berikut:
No.
|
STANDAR
SARANA DAN PRASARANA
|
KEADAAN
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Madrasah
telah memiliki lahan minimal sesuai dengan rasio jumlah siswa/m2
|
Ö
|
|
2.
|
Luas
lahan dapat digunakan untuk membangun prasarana bangunan gedung, tempat
ibadah dan bermain/ berolahraga
|
Ö
|
|
3.
|
Lahan
terhindar dari bahaya dan memiliki akses untuk penyelamatan dalam keadaan
darurat
|
Ö
|
|
4.
|
Kemiringan lahan rata-rata kurang dari 15%, tidak berada di dalam garis
aliran sungai dan jalur kereta api.
|
Ö
|
|
5.
|
Lahan
terhindar dari gangguan-gangguan Pencemaran air, Kebisingan, dan Pencemaran
udara
|
Ö
|
|
6.
|
Lahan
sesuai memenuhi Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten/Kota dan mendapat izin
pemanfaatan tanah dari Pemerintah daerah setempat
|
Ö
|
|
7.
|
Lahan
memiliki status hak atas tanah, dan/atau memiliki izin pemanfaatan dari
pemegang hak atas tanah sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang
berlaku untuk jangka waktu minimum 20 tahun.
|
Ö
|
|
Keterangan:
Mengenai standar sarana dan prasarana dapat dibaca pada Permendiknas
nomor 24 tahun 2007, sebagaimana tercantum dalam daftar lampiran.
No.
|
STANDAR
SARANA DAN PRASARANA
|
KEADAAN
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
|
Bangunan gedung memenuhi ketentuan tata bangunan
|
Ö
|
|
2.
|
Bangunan
gedung memenuhi peryaratan keselamatan
|
Ö
|
|
3.
|
Bangunan
gedung memenuhi persyaratan kesehatan
|
Ö
|
|
4.
|
Bangunan
gedung menyediakan fasilitas dan aksesibilitas yang mudah, aman, dan nyaman
termasuk bagi penyandang cacat.
|
Ö
|
|
5.
|
Bangunan
gedung memenuhi persyaratan kenyamanan
|
Ö
|
|
6.
|
Bangunan
gedung maksimum terdiri dari tiga lantai, tangga yang mempertimbangkan
kemudahan, keamanan, keselamatan, dan kesehatan pengguna
|
Ö
|
|
7.
|
Bangunan gedung dilengkapi sistem keamanan
|
Ö
|
|
8.
|
Bangunan gedung dilengkapi instalasi listrik dengan daya minimum 900
watt.
|
Ö
|
|
9.
|
Pembangunan
gedung atau ruang baru harus dirancang, dilaksanakan, dan diawasi secara
profesional.
|
Ö
|
|
10.
|
Kualitas bangunan gedung minimum permanen kelas B
|
Ö
|
|
11.
|
Bangunan
gedung rnadrasah baru dapat bertahan minimum 20 tahun
|
Ö
|
|
12.
|
Pemeliharaan
bangunan gedung Madrasah
a. Ringan dilakukan minimum
sekali dalam 5 tahun.
b. Pemeliharaan
berat minimum sekali dalam 20 tahun.
|
Ö
|
|
13.
|
Bangunan gedung memiliki IMB
|
Ö
|
|
0 komentar:
Posting Komentar