Pages

Selasa, 03 November 2015

Rencana Kerja Tahunan (RKT)



BAB I
PENDAHULUAN


A.  Latar Belakang
Penerapan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Madrasah (MPMBM) sebenarnya merupakan jawaban dari terhadap semakin  kompleksnya permasalahan yang dihadapi oleh dunia pendidikan sekaligus menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap dunia pendidikan .
Untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap dunia pendidikan tersebut , Madrasah diharapkan memiliki alternatif dan kebijakan / langkah yang dapat diterima oleh masyarakat . Segala potensi yang ada diMadrasah di optimalkan agar menjadi Madrasah yang berprestasi, berdisiplin, berbudaya, dilandasi iman dan taqwa, sesuai dengan visinya dan kondisi obyektif Madrasah. Maka untuk mewujudkan tujuan pendidikan tersebut perlu dilaksanakan berbagai macam kegiatan yang antara lain :
1.      Pemantapan pelaksanaan kurikulum untuk memenuhi kebutuhan orang tua murid.
2.      Peningkatan jumlah jenis dan mutu sebagai peningkatan dan pemerataan pelayanan pendidikan.
3.      Peningkatan sarana dan prasarana pendidikan sebagai usaha pelayanan pendidikan yang merata.
4.      Peningkatan mutu pendidikan
5.      Sebagai kegiatan yang bersifat kemasyarakatan.

Kegiatan – kegiatan tersebut di atas harus ditunjang dengan pelayanan administrasi Madrasah yang terencana, teratur, terarah, dan berkesinambungan yang dituangkan dalam bentuk Rencana Kerja Tahunan (RKT).
Rencana Kerja Madrasah ini dimaksudkan agar dapat dipergunakan sebagai kerangka acuan oleh kepala Madrasah dalam mengambil  kebijakan, disamping itu sebagai pedoman dalam mencapai keberhasilan pelaksanaan progam belajar mengajar dan administrasi Madrasah  yang lain, agar pengelola Madrasah tidak menyimpang dari prinsip – prinsip manajemen.
Keberhasilan perencanaan ini menurut peran serta aktif dari segala warga Madrasah dan dukungan dari warga masyarakat. Seluruh komponen Madrasah harus mempunyai persepsi yang sama terhadap visi dan misi sehingga seluruh progam yang dijalankan oleh Madrasah tidak menyimpang dari visi dan misi tersebut.



B.     Landasan Hukum
Landasan hukum penyusunan RKT ini sebagai berikut :
1.   UU Nomor 20 / 2003 tentang sistem pendidikan nasional pasal 4 (Pengelolaan dana pendidikan berdasar   pada prinsip keadilan, efisiensi, transparansi dan akuntabilitas publik)
2.   Undang – undang nomor 25 tahun 2004 Tentang sistem perencanaan Pembanginan Nasional
3.   PP No. 19 / 2005 tentang standar nasional pendidikan pasal 53 (Setiap satuan pendidikan dikelola atas dasar rencana kerja tahunan yang merupakan penjabaran rinci dari  rencana kerja jangka menengah satuan pendidikan yang meliputi masa 4 tahun)
4.   Permendiknas 19 Tahun 2007 tentang standar pengelola pendidikan. Madrasah membuat rencana kerja jangka menengah (RKJM) 4 tahun. Rencana kerja tahunan (RKT) dinyatakan dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah (RKAM) dilaksanakan berdasarkan RKJM. RKJM/T disetujui saat dewan pendidikan setelah memperhatikan pertimbangan dari komite Madrasah dan disahkan berlakunya oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang
5.      Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2008 tentang ”Pendanaan Pendidikan”.


C.  Tujuan RKT
Penyusunan Rencana Kerja  Madrasah ini bertujuan :
a.   Tujuan Umum
1.      Mengetahui semua potensi Madrasah yang ada untuk dapat diolah dan dikembangkan
2.      Sebagai pedoman operasional dalam mengelola Madrasah selama Empat tahun pelajaran.
3.      Memiliki tolok ukur keberhasilan / ketidak berhasilan dalam mengelola Madrasah selama satu tahun pelajaran.
4.      Mengetahui permasalahan – permasalahan yang timbul di Madrasah  yang kemudian menjadi hambatan, peluang atau ancaman pengembangan Madrasah

 b.  Tujuan Khusus
Agar para pelaksana pendidikan dapat :
1.      Melaksanakan tugas secara tertib, berdaya guna dan terarah.
2.      Melaksanakan administrasi pendidikan secara rapi dan teratur
3.      Melaksanakan kegiatan belajar mengajar sesuai dengan kalender pendidikan dan kelender kegiatan Madrasah  dengan hasil yang lebih optimal.
D.     Manfaat RKT
RKT penting dimiliki Madrasah, maka MI Al-Hikmah Balongrejo Sumobito, menyusun RKT untuk memberi arah dan bimbingan para pelaku Madrasah dalam rangka menuju perubahan atau tujuan Madrasah yang lebih baik dalam meningkatkan dan mengembangkan Madrasah dengan resiko yang kecil dan untuk mengurangi ketidakpastian masa depan. Dengan adanya RKT diharapkan dapat dijadikan sebagai :
1.      Pedoman kerja untuk perbaikan dan pengembanagan Madrasah.
2.      Sarana untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengembangan Madrasah.
3.      Bahan untuk mengajukan usulan pendanaan pengembangan Madrasah.

BAB II
PROFIL  MADRASAH


Kondisi saat ini berdasarkan Instrumen Evaluasi Diri Madrasah (EDM)  sesuai dengan 8 (Delapan) Standar Nasional Pendidikan (SNP) dapat kami diskripsikan sebagai berikut :

A.    STANDAR ISI
  1. Kurikulum yang berlaku sudah sesuai dengan Panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) tetapi  perlu penyempurnaan dibuat/direvisi setiap tahun dan sudah disosialisasikan seluruh pemangku kepentingan Madrasah/Warga Madrasah. Perlu adanya penyusunan kurikulum 2013 pada mapel agama.
  2. Sebagian besar Guru Menyusun Perangkat Pembelajaran , mulai dari Prota, Promes, silabus dan RPP, namun masih perlu ditingkatkan terutama dalam pembuatan Media Pembelajaran atau alat peraga
  3. Madrasah kami sudah memiliki Tim Pengembang kurikulum namun masih belum berjalan maksimal
  4. Belum semua Guru MI Al-Hikmah Balongrejo Sumobito yang membuat Analis Ulangan dan Remidi serta Pengayaan

B.     STANDAR PROSES
1.      Madrasah Sudah mengembangkan silabus sudah sesuai dengan satandart Isi, SKL dan panduan KTSP, namun silabus tersebut masih dibuat secara berkelompok dan perlu di reviuw setiap tahun.
2.      Madrasah sebagian besar mempunyai silabus muatan lokal
3.      Setiap awal tahun pelajaran guru sudah membuat RPP berkrakter tetapi masih belum setiap tahun melakukan reviuw.
4.      Setiap guru sudah menampilkan pembelajara PAKEMI dan konstektual dalam setiap kegiatan pembelajaran.
5.      Semua siswa sudah memiliki buku pegangan untuk Agama dan Umum namun ada beberapa bidang studi yang masih belum ada.
6.      Hanya sebagian guru yang memberikan reward kepada siswa.
7.      Kepala Madrasah sudah melaksanakan Supervisi kelas setiap semester bersama guru senior ( PKM)

C.     STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
1.       Di Madrasah kami nilai siswa dalam ulangan pada umumnya diatas KKM, apabila ada siswa yang dibawah KKM maka diadakan Remidi.
2.      Meningkatnya lulusan dari tahun ke tahun dan lulus 100 % untuk itu selalu diperlukan Pengayaan maple UN.
3.      Madrasah  belum bisa berprestasi dalam bidang akademik pada tingkat propinsi maupun meraih prestasi akademik di tingkat kabupaten
4.      Madrasah mengembangkan pendidikan krakter melalui integritas pada bidang studi dan kegiatan – kegiatan rutin seperti upacara, PHBN dan PHBI
5.      Kualitas akademik Pendidik  belum semua memenuhi SNP, dan hanya beberapa guru yang lulus sertifikasi

D.    STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
1.      Kualifikasi akademik semua Pendidik  belum semua memenuhi SNP .
2.      Kualifikasi akademik Tenaga kependidikan 2 orang sudah memenuhi SNP  
3.      Pada umumnya guru kami berlatar belakang pendidikan PAI menjadi guru kelas sehingga guru harus selalu diikutkan pelatihan/workshop.  

E.     STANDAR SARANA DAN PRASARANA
1.      Madrasah kami sudah memiliki 6 ruang namun masih bisa dikatakan rusak ringan dan masih yang perlu pembenahan jendela,tralis dan pintu.
2.      Kamar mandi siswa ada 3 namun rusak ringan.
3.      Sudah mempunyai ruang kesenian tetapi ukurannya belum sesuai standar.
4.      Sudah mempunyai rung ketrampilan tetapi ukurannya belum sesuai standar.
5.      Sudah mempunyai Lab. IPA tetapi ukurannya belum sesuai standar
6.      Sudah memilik ruang perpustakaan
7.      Sudah mempunyai Tempat parkir sepeda siswa.

F.      STANDAR PENGELOLAAN
1.      Madrasah memiliki Visi dan Misi yang diketahui oleh seluruh warga madrasah
2.      Madrasah sudah mempunyai RAPBM yang disusun oleh Tim yang terdiri dari komite, Kepala dan Guru
3.      Madrasah sudah memiliki Tim pengembang Madrasah tapi belum bisa berjalan maksimal.
4.      Madrasah sudah memiliki RKJM tapi masih jauh dari sempurna.
5.      Madrasah sudah memiliki EDM
6.      Madrasah sudah memiliki KKM yang disusun oleh masing – masing guru
7.      Madrasah selalu memotivasi guru untuk mengembangkan akademiknya.



G.    STANDAR PEMBIAYAAN
1.      Dalam menyusun RAPBM madarasah melibatkan komite beserta perwakilan guru.
2.      Madrasah sangat bergantung pada dana BOS dan BOSDA.

H.    STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN
1.      Guru menyusun penilaian siswa secara sistematis yang meliputi, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester dan nilai dari tugas mandiri siswa,
2.      Setiap awal tahun guru membuat KKM yang kemudian diinformasikan kepada siswanya.
3.      Guru sudah melaksanakan Evaluasi/ penilaian sesuai dengan yang telah direncanakan dalam perangkat pembelajaran
4.      Setiap selesai melaksanakan penilaian guru selalu membuat analisis soal dan hasil nilai siswa kemudian mengadakan remidi bagi siswa yang dibawah KKM dan memberikan pengayaan bagi siswa yang mempunyai nilai diatas KKM.
5.      Madrasah membuat laporan tertulis mengenai nilai siswa berupa raport sisipan dan dan raport semester

BAB III
VISI MISI DAN TUJUAN MADRASAH

MI AL-Hikmah Balongrejo Sumobito Jombang sebagai lembaga pendidikan mengemban amanat untuk mencapai dan mendukung Visi dan Misi Pendidikan Nasional serta pendidikan di daerah masing – masing. Oleh karna itu MI AL-Hikmah Balongrejo Sumobito Jombang  perlu memiliki Visi dan Misi Madrasah yang dapat dijadikan arah kebijkan dalam mencapai tujuan pendidikan yang dicita-citakan. Berikut ini dikemukakan Visi, Misi dan Tujuan Pendidikan MI AL-Hikmah Balongrejo Sumobito Jombang.

A.     Visi
       Terwujudnya generasi agamis, berilmu, kreatif dan mampu berkompetisi
v  Indikator-Indikatornya adalah:
1.        Terciptanya peningkatan pengetahuan Peserta didik dalam bidang IMTAQ dan  IPTEK 
2.        Terlaksananya peningkatan dan pengembangan SDM
3.        Terlaksananya proses pembelajaran yang bermutu dan menyenangkan
4.        Terwujudnya sarana/prasarana pendidikan yang memadai
5.        Terealisasinya peningkatan prestasi akademik melalui nilai ujian dan lomba-lomba
6.        Tercapainya peningkatan Kualitas lulusan madrasah
7.        Terciptanya kepercayaan dari masyarakat
8.        Terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat.
Misi :
1.        Mengembangkan madrasah sehingga memiliki jati diri ke islaman
2.        Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu sesui iptek.
3.        Mengembangkan potensi siswa mampu terampil dan kreatif.
4.        Melaksanakan pembinaan kompetisi bidang akademik dan non akademik.
·         TUJUAN
1.      Madrasah dapat meningkatkan kemampuan anak didik dalam berwudlu, sholat, hafalan surat-surat pendek dan hafalan do’a khusus.
2.      Madrasah mengembangkan KTSP 100% untuk semua mata pelajaran.
3.      Madrasah mengembangkan PAKEM/ CTL 100% untuk semua mata pelajaran.
4.      Madrasah menargetkan lulusan dengan nilai rata-rata 8.00
5.      Proporsi lulusan yang melanjutkan ke Madrasah dan Madrasah pilihan 1 minimal 30%
6.      Madrasah memiliki 90%  tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang layak.
7.      Madrasah memiliki sarana prasarana 75% yang memiliki SPM.
8.      Madrasah memiliki 5% siswa-siswi yang pandai berbahasa Inggris.
9.      Madrasah mampu menjadi Juara 1 dalam Seni baca Al-Qur’an tingkat Nasional.
10.  Madrasah memiliki TIM Olahraga minimal 3 (tiga) cabang olahraga yang menjadi juara Kabupaten.
11.  Madrasah memiliki lingkungan yang nyaman, aman dan agamis yang memenuhi kriteria madrasah efektif.
12.  Madrasah menciptakan iklim yang kondusif dan harmonis antara madrasah dan masyarakat.
13.  Mengaktualisasikan ilmu yang diperoleh dalam perbuatan nyata.

BAB IV
PROGRAN KEGIATAN MADRASAH TAHUNAN


Rencana kerja MI Al-Hikmah Balongrejo Sumobito Jombang disusun dengan mempertimbangan keadaan Madrasah, harapan pemangku kepentingan, dan tantangan  dalam lingkungan strategis pendidikan di Madrasah agar sasaran dan progam  pengembangan Madrasah dalam 1 tahun ke depan lebih realistis dan konsisten dalam prinsip – prinsip pengelolaan pendidikan yang efektif, efisien, akuntabel dan demokratis. Hasil dari identifikasi dan analisis pemecahan tantangan Madrasah dapat dilihat pada tabel 1, 2 dan 3 dalam lampiran 1. Dalam menyusun rencana kerja Madrasah dalam 1 tahun ini meliputi dua kegiatan, yaitu (1) merumuskan program Madrasah yang dilakukan melalui empat langkah ( (a) merumuskan program, (b) merumuskan sasaran, (c) menentukan indikator keberhasilan, dan (d) menentukan kegiatan dan penanggung jawab ), dan (2) menyusun jadwal kegiatan, seperti pada tabel di bawah ini :

JADWAL PROGRAM DAN KEGIATAN MADRASAH
TAHUN PELAJARAN 2015/2016

NO
PROGRAM/KEGIATAN
Bulan
7
8
9
10
11
12
1
2
3
4
5
6
1
PENGEMBANGAN KESISWAAN













1.1     Mengadakan Evaluasi dan Menyusun program Madrasah












1.2     Mensosialisasikan program kerja ke warga madrasah











1.3     Melaksanakan KBM yang yang bervariasi dan menyenangkan

1.4     Melaksanakan KBM dengan memanfaatkan sumber daya yang ada

1.5     Menyusun Kegiatan PHBN dan PHBI












1.6     Menjalin kerja sama dengan masyarakat dan  instansi terkait

1.7     Mengoptimalkan pelaksanaan  program remedial 


1.8    Melaksanakan Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru












1.9    Melaksanakan MOPDB












1.10  Melaksanakan ulangan Mid
         Semester












1.11  Melaksanakan Ujian Akhir     Semester











1.12 Melaksanakan Ulangan Kenaikan Kelas












1.13  Melaksanakan Ujian Madrasah












1.14  1.14  Melaksanakan Try out













 1.15  1.15. Mengikutsertakan siswa Lomba akademik dan Non  Akademik
2
KURIKULUM DAN KEGIATAN  PEMBELAJARAN:













2.1   Penyusunan Kalender pendidikan, KKM  dan Perangkat   Pembelajaran












2.2  Mengadakan work shop tentang   Peningkatan SDM Guru












2.3  Melaksanakan supervisi kelas  secara berkala









2.4  Melaksanakan Bimbingan belajar Mapel UN siswa   kelas VI 








2.5  Melaksanakan Materi Tambahan Bahasa Inggris untuk Kelas  4 s/d 6

2.6 Mengadakan pembinaan kepada wali murid tentang  pentingnya pendidikan anak









2.7  Memotivasi siswa kelas 6 untuk melanjutkan ke SLTP












2.8  Menyusun program ekstrakurikuler yang sistematis












2.9  Menyusun program Pengayaan
























3
PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN













3.1  Memotivasi guru untuk meningkatkankan kualifikasi pendidikannya

3.2  Memotivasi kepala madrasah untuk meningkatkan kompetensinya

3.2  Mengirimkan 4 guru untuk mengikuti pelatihan-pelatihan.











4
SARANA DAN PRASARANA













4.1  PERABOT KELAS













4.1.1  Membenahii meja kursi siswa yang rusak












4.2  BUKU PENUNJANG













4.2.1  Buku Panduan UN kelas 6












4.2.2  Buku tambahan les Bahasa Inggris












4.2.3 Penambahan Buku koleksi Perpustakaan











4.3  Penambahan alat Peraga IPA













4.3.2 Penambahan alat Peraga IPS












4.4. MEDIA PEMBELAJARAN













4.4.1 Membeli LCD












4.5  PERALATAN  OLAH RAGA













4.5.1  Membeli alat olah raga











4.6 ALAT KESENIAN













4.6.1  Mengganti alat drum band 
          yang rusak












4.7  PERALATAN KANTOR













4.7.1  Membeli  komputer 












4.7.2. Pengadaan Alat Tulis Kantor

4.8  PENAMBAHAN RUANG DAN TANAH













4.8.1 Merenovasi tralis kelas












4. 9 PEMELIHARAAN SARANA













4.9.1 Perbaikan Komputer dan printer

4.9.2 Perbaikan Meja belajar siswa











5
 KEUANGAN  DAN  PEMBIAYAAN













5.1   Mengoptimalisasikan Dana BOS dan BOSDA














6
BUDAYA DAN LINGKUNGAN  MADRASAH













6.1 KEBERSIHAN KETERTIBAN DAN KEDISIPLINAN













6.1.1  Mengadakan lomba kebersihan kelas












6.1.2  Memberikan punishmen bagi kelas  terkotor dan penghargaan Untuk kelas terbersih












6.1.3  Membuat jadwal piket kebersihan lingkungan madrasah












6.1.5   Sosialisasi Membuang sampah dengan memilah











6.1.6   Membudayakan Warga Madrasah hidup bersih dan seahat

6.1.7 Melaksanakan lomba mading












6.1.8  Memberikan Hukuman mendidik bagi siswa yang melanggar Tata tertib

6.1.9  Memberikan penghargaan bagi siswa yang berprestasi

6.1. 10 Memberikan penghargaan pada guru yang kreatif dan disiplin












6.2 PRESTASI AKADEMIK













6.2.1 Mengoptimalkan Engglish Club

6.2.2  Mengoptimalkan kelas

6.3 PRESTASI NON AKADEMIK













6.3.1 OLAH  RAGA













6.3.1.1  Mengoptimalkan ekstra  olah raga















6.3.2 KESENIAN













6.3.2.1  Mengoptimalkan ekstra krikuler Drumband















6.3.3 PRESTASI NON AKADEMIK LAINNYA













6.3.3.1  Mengoptimalkan ekstra krikuler Pramuka

6.4 PRESTASI GURU













6.4.1  Memotivasi semua guru untuk mengikuti workshop

6.5 PRESTASI MADRASAH













6.5.1 Menuju Program Madrasah Sehat




7
PERAN SERTA  MASYARAKAT DAN KEMITRAAN













7.1  Menyusun program kerja  komite












7.2  Memasukkan tokoh pendidikan dan pelaku dunia usaha dalam  komposisi keorganisasian komite madrasah











7.3  Menyusun jadwal pertemuan antara komite dengan madrasah












7.6  Mengundang semua tokoh masyarakat dalam kegiatan akhir sanah/ Wisuda Purna Siswa












BAB V
KESIMPULAN  DAN  SARAN

Berdasarkan uraian di depan, dapat disimpulkan  :
1.      Salah satu faktor penting untuk tercapainya keberhasilan dan peningkatan mutu seperti yang diprogramkan dalam Rencana Kerja  Madrasah (RKT), adalah profesionalisme para pelaku dan pelaksana proses pendidikan .
2.      Manajemen Madrasah  yang transparan, akomodatif dan demokratif  mutlak diperlukan untuk kerja  Madrasah  ke arah yang lebih baik.
3.      Keterlibatan dan dukungan para Stakeholder Madrasah utamanya para orangtua murid, masyarakat dan Tokoh masyarakat, Tokoh Agama serta Topeng, akan sangat memotivasi pelaksanaan proses belajar mengajar di Madrasah, sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan.
4.      Sumbangan dana tenaga dan pikiran dari semua pihak mutlak diperlukan untuk kemajuan proses pendidikan di Madrasah

Berdasarkan uraian di atas dapat berikan saran – saran   :

1.      Agar kerja Madrasah dapat tercapai seperti yang direncanakan, diperlukan kebersamaan semua pihak yang terkait, terutama pihak Madrasah , orangtua murid, masyarakat, serta stakeholder lainnya.
2.      Pelaksanaan Rencana Kerja  Madrasah (RKT) ini, perlu didukung kebijakan dari pihak terkait, terutama Kandepag Kabupaten Jombang, sehingga tidak terjadi kerancuan di lapangan.
3.      Madrasah  hendaknya lebih transparan dengan melibatkan secara aktif Pengurus Komite dan Paguyuban Kelas dalam setiap perencanaan dan pelaksanaan kegiatan Madrasah.
4.      Untuk mewujudkan rasa percaya masyarakat terhadap Madrasah, semua kegiatan termasuk pengelolaan keuangan, kemuridan dan keadministrasian, perlu melibatkan dan dilaporkan secara terbuka kepada masyarakat, utamanya para stakeholder yang terkait.
          Demikian Rencana Kerja Tahunan (RKT) MI Al-Hikmah Balongrejo Sumobito Jombang  telah disusun bersama oleh Kelompok Kerja Rencana Kerja  Madrasah (KKRKT) dengan melibatkan Pengurus Komite, Paguyuban, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama  serta Topeng, sebagai panduan dan pedoman dalam pelaksanaan kegiatan selama  4  (empat) tahun ke depan.
Semoga Rencana Kerja  Madrasah (RKT) ini dapat bermanfaat bagi kita semua sehingga dapat mendorong  peningkatan Profesionalisme Guru dan peningkatan Mutu Pendidikan utamanya di  MI Al-Hikmah Balongrejo Sumobto Jombang.  Amiiin. 

0 komentar:

Posting Komentar