BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Penerapan Manajemen
Peningkatan Mutu Berbasis Madrasah (MPMBM) sebenarnya merupakan jawaban dari terhadap semakin kompleksnya permasalahan yang dihadapi oleh
dunia pendidikan sekaligus menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap dunia
pendidikan .
Untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat
terhadap dunia pendidikan tersebut , Madrasah diharapkan memiliki alternatif
dan kebijakan / langkah yang
dapat diterima oleh masyarakat . Segala potensi yang ada diMadrasah di
optimalkan agar menjadi Madrasah yang berprestasi, berdisiplin, berbudaya,
dilandasi iman dan taqwa, sesuai dengan visinya dan kondisi obyektif Madrasah.
Maka untuk mewujudkan tujuan pendidikan tersebut perlu dilaksanakan berbagai
macam kegiatan yang antara lain :
1.
Pemantapan pelaksanaan kurikulum untuk memenuhi kebutuhan orang tua murid.
2.
Peningkatan jumlah jenis dan mutu sebagai peningkatan dan pemerataan
pelayanan pendidikan.
3.
Peningkatan sarana dan prasarana pendidikan sebagai usaha pelayanan
pendidikan yang merata.
4.
Peningkatan mutu pendidikan
5.
Sebagai kegiatan yang bersifat kemasyarakatan.
Kegiatan – kegiatan tersebut di atas harus ditunjang dengan pelayanan
administrasi Madrasah yang terencana, teratur, terarah, dan berkesinambungan
yang dituangkan dalam bentuk Rencana Kerja Tahunan (RKT).
Rencana Kerja Madrasah ini dimaksudkan agar
dapat dipergunakan sebagai kerangka acuan oleh kepala Madrasah dalam
mengambil kebijakan, disamping itu
sebagai pedoman dalam mencapai keberhasilan pelaksanaan progam belajar mengajar
dan administrasi Madrasah yang lain,
agar pengelola Madrasah tidak menyimpang dari prinsip – prinsip manajemen.
Keberhasilan perencanaan
ini menurut peran serta aktif dari segala warga Madrasah dan dukungan dari
warga masyarakat. Seluruh komponen Madrasah harus mempunyai persepsi yang sama
terhadap visi dan misi sehingga seluruh progam yang dijalankan oleh Madrasah tidak menyimpang dari
visi dan misi tersebut.
B. Landasan Hukum
Landasan hukum penyusunan RKT ini sebagai berikut :
1. UU Nomor 20 / 2003 tentang sistem
pendidikan nasional pasal 4 (Pengelolaan dana pendidikan berdasar pada prinsip keadilan, efisiensi,
transparansi dan akuntabilitas publik)
2. Undang – undang nomor 25 tahun
2004 Tentang sistem perencanaan Pembanginan Nasional
3. PP No. 19 / 2005 tentang standar
nasional pendidikan pasal 53 (Setiap satuan pendidikan dikelola atas dasar
rencana kerja tahunan yang merupakan penjabaran rinci dari rencana kerja jangka menengah satuan
pendidikan yang meliputi masa 4 tahun)
4. Permendiknas 19 Tahun 2007 tentang standar
pengelola pendidikan. Madrasah membuat rencana kerja jangka menengah (RKJM) 4
tahun. Rencana kerja tahunan (RKT) dinyatakan dalam Rencana Kegiatan dan
Anggaran Madrasah (RKAM) dilaksanakan berdasarkan RKJM. RKJM/T disetujui saat dewan pendidikan
setelah memperhatikan pertimbangan dari komite Madrasah dan disahkan berlakunya
oleh Kantor Kementerian Agama
Kabupaten Jombang
5.
Peraturan Pemerintah Nomor 48 Tahun 2008 tentang ”Pendanaan Pendidikan”.
C. Tujuan RKT
Penyusunan Rencana
Kerja Madrasah ini bertujuan :
a. Tujuan Umum
1.
Mengetahui semua potensi Madrasah yang ada untuk dapat diolah dan
dikembangkan
2.
Sebagai pedoman operasional dalam mengelola Madrasah selama Empat tahun pelajaran.
3.
Memiliki tolok ukur keberhasilan / ketidak berhasilan dalam mengelola Madrasah
selama satu tahun pelajaran.
4.
Mengetahui permasalahan – permasalahan yang timbul di Madrasah yang kemudian menjadi hambatan, peluang atau
ancaman pengembangan Madrasah
b. Tujuan Khusus
Agar para pelaksana
pendidikan dapat :
1.
Melaksanakan tugas secara tertib, berdaya guna dan terarah.
2.
Melaksanakan administrasi pendidikan secara rapi dan teratur
3.
Melaksanakan kegiatan belajar mengajar sesuai dengan kalender pendidikan
dan kelender kegiatan Madrasah dengan
hasil yang lebih optimal.
D. Manfaat RKT
RKT penting dimiliki Madrasah, maka MI Al-Hikmah Balongrejo Sumobito, menyusun
RKT untuk memberi arah dan bimbingan para pelaku Madrasah dalam rangka menuju
perubahan atau tujuan Madrasah yang lebih baik dalam meningkatkan dan
mengembangkan Madrasah dengan resiko yang kecil dan untuk mengurangi
ketidakpastian masa depan. Dengan adanya RKT diharapkan dapat dijadikan sebagai
:
1.
Pedoman kerja untuk perbaikan dan pengembanagan Madrasah.
2.
Sarana untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengembangan
Madrasah.
3.
Bahan untuk mengajukan usulan pendanaan pengembangan Madrasah.
BAB II
PROFIL MADRASAH
Kondisi saat ini
berdasarkan Instrumen Evaluasi Diri Madrasah (EDM) sesuai dengan 8 (Delapan) Standar Nasional
Pendidikan (SNP) dapat kami diskripsikan sebagai berikut :
A. STANDAR ISI
- Kurikulum yang berlaku sudah sesuai dengan Panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) tetapi perlu penyempurnaan dibuat/direvisi setiap tahun dan sudah disosialisasikan seluruh pemangku kepentingan Madrasah/Warga Madrasah. Perlu adanya penyusunan kurikulum 2013 pada mapel agama.
- Sebagian besar Guru Menyusun Perangkat Pembelajaran , mulai dari Prota, Promes, silabus dan RPP, namun masih perlu ditingkatkan terutama dalam pembuatan Media Pembelajaran atau alat peraga
- Madrasah kami sudah memiliki Tim Pengembang kurikulum namun masih belum berjalan maksimal
- Belum semua Guru MI Al-Hikmah Balongrejo Sumobito yang membuat Analis Ulangan dan Remidi serta Pengayaan
B. STANDAR PROSES
1. Madrasah Sudah
mengembangkan silabus sudah sesuai dengan satandart Isi, SKL dan panduan KTSP,
namun silabus tersebut masih dibuat secara berkelompok dan perlu di reviuw
setiap tahun.
2. Madrasah sebagian besar mempunyai silabus
muatan lokal
3. Setiap awal tahun
pelajaran guru sudah membuat RPP berkrakter tetapi masih belum setiap tahun
melakukan reviuw.
4. Setiap guru sudah
menampilkan pembelajara PAKEMI dan konstektual dalam setiap kegiatan
pembelajaran.
5. Semua siswa sudah
memiliki buku pegangan untuk Agama dan Umum namun ada beberapa bidang studi
yang masih belum ada.
6. Hanya sebagian guru
yang memberikan reward kepada siswa.
7. Kepala Madrasah sudah
melaksanakan Supervisi kelas setiap semester bersama guru senior ( PKM)
C. STANDAR KOMPETENSI
LULUSAN
1. Di
Madrasah kami nilai siswa dalam ulangan pada umumnya diatas KKM, apabila ada
siswa yang dibawah KKM maka diadakan Remidi.
2. Meningkatnya lulusan
dari tahun ke tahun dan lulus 100 % untuk itu selalu diperlukan Pengayaan maple
UN.
3. Madrasah belum bisa berprestasi dalam bidang akademik
pada tingkat propinsi maupun meraih prestasi akademik di tingkat kabupaten
4. Madrasah
mengembangkan pendidikan krakter melalui integritas pada bidang studi dan
kegiatan – kegiatan rutin seperti upacara, PHBN dan PHBI
5. Kualitas akademik Pendidik belum semua memenuhi
SNP, dan hanya beberapa guru
yang lulus sertifikasi
D. STANDAR PENDIDIK DAN
TENAGA KEPENDIDIKAN
1. Kualifikasi akademik semua Pendidik belum semua memenuhi
SNP .
2. Kualifikasi akademik
Tenaga kependidikan 2 orang sudah memenuhi SNP
3. Pada umumnya guru
kami berlatar belakang pendidikan PAI menjadi guru kelas sehingga guru harus
selalu diikutkan pelatihan/workshop.
E. STANDAR SARANA DAN
PRASARANA
1.
Madrasah kami
sudah memiliki 6 ruang namun masih bisa dikatakan rusak ringan dan masih yang perlu
pembenahan jendela,tralis dan pintu.
2. Kamar mandi siswa ada
3 namun rusak ringan.
3. Sudah mempunyai ruang kesenian tetapi
ukurannya belum sesuai standar.
4. Sudah mempunyai rung ketrampilan tetapi ukurannya
belum sesuai standar.
5. Sudah mempunyai Lab. IPA
tetapi ukurannya belum sesuai standar
6. Sudah memilik ruang
perpustakaan
7. Sudah mempunyai Tempat
parkir sepeda siswa.
F.
STANDAR PENGELOLAAN
1. Madrasah memiliki
Visi dan Misi yang diketahui oleh seluruh warga madrasah
2. Madrasah sudah
mempunyai RAPBM yang disusun oleh Tim yang terdiri dari komite, Kepala dan Guru
3. Madrasah sudah
memiliki Tim pengembang Madrasah tapi belum bisa berjalan maksimal.
4. Madrasah sudah
memiliki RKJM tapi masih jauh dari sempurna.
5. Madrasah sudah
memiliki EDM
6. Madrasah sudah
memiliki KKM yang disusun oleh masing – masing guru
7. Madrasah selalu
memotivasi guru untuk mengembangkan akademiknya.
G. STANDAR PEMBIAYAAN
1. Dalam menyusun RAPBM madarasah
melibatkan komite beserta perwakilan guru.
2. Madrasah sangat
bergantung pada dana BOS dan BOSDA.
H. STANDAR PENILAIAN
PENDIDIKAN
1. Guru menyusun
penilaian siswa secara sistematis yang meliputi, ulangan harian, ulangan tengah
semester, ulangan akhir semester dan nilai dari tugas mandiri siswa,
2. Setiap awal tahun
guru membuat KKM yang kemudian diinformasikan kepada siswanya.
3. Guru sudah
melaksanakan Evaluasi/ penilaian sesuai dengan yang telah direncanakan dalam
perangkat pembelajaran
4. Setiap selesai melaksanakan penilaian guru
selalu membuat analisis soal dan hasil nilai siswa kemudian mengadakan remidi
bagi siswa yang dibawah KKM dan memberikan pengayaan bagi siswa yang mempunyai
nilai diatas KKM.
5. Madrasah membuat
laporan tertulis mengenai nilai siswa berupa raport sisipan dan dan raport
semester
BAB III
VISI MISI DAN TUJUAN MADRASAH
MI AL-Hikmah Balongrejo Sumobito
Jombang sebagai lembaga pendidikan mengemban amanat untuk mencapai dan
mendukung Visi dan Misi Pendidikan Nasional serta pendidikan di daerah masing –
masing. Oleh karna itu MI AL-Hikmah Balongrejo Sumobito Jombang perlu memiliki Visi dan Misi Madrasah yang
dapat dijadikan arah kebijkan dalam mencapai tujuan pendidikan yang
dicita-citakan. Berikut ini dikemukakan Visi, Misi dan Tujuan Pendidikan MI
AL-Hikmah Balongrejo Sumobito Jombang.
A. Visi
“Terwujudnya generasi agamis, berilmu, kreatif dan mampu berkompetisi”
v Indikator-Indikatornya adalah:
1.
Terciptanya peningkatan pengetahuan Peserta didik dalam bidang IMTAQ dan
IPTEK
2.
Terlaksananya
peningkatan dan pengembangan SDM
3.
Terlaksananya proses
pembelajaran yang bermutu dan menyenangkan
4.
Terwujudnya sarana/prasarana
pendidikan yang memadai
5.
Terealisasinya peningkatan prestasi akademik melalui nilai ujian dan
lomba-lomba
6.
Tercapainya peningkatan Kualitas lulusan madrasah
7.
Terciptanya kepercayaan dari masyarakat
8.
Terciptanya lingkungan yang bersih dan sehat.
Misi :
1.
Mengembangkan madrasah sehingga
memiliki jati diri ke islaman
2.
Menyelenggarakan pendidikan
yang bermutu sesui iptek.
3.
Mengembangkan potensi siswa
mampu terampil dan kreatif.
4.
Melaksanakan pembinaan
kompetisi bidang akademik dan non akademik.
·
TUJUAN
1.
Madrasah dapat meningkatkan kemampuan anak didik dalam
berwudlu, sholat, hafalan surat-surat pendek dan hafalan do’a khusus.
2.
Madrasah mengembangkan KTSP 100% untuk semua mata
pelajaran.
3.
Madrasah mengembangkan PAKEM/ CTL 100% untuk semua mata
pelajaran.
4.
Madrasah menargetkan lulusan dengan nilai rata-rata
8.00
5.
Proporsi lulusan yang melanjutkan ke Madrasah dan Madrasah
pilihan 1 minimal 30%
6.
Madrasah memiliki 90%
tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang layak.
7.
Madrasah memiliki sarana prasarana 75% yang memiliki
SPM.
8.
Madrasah memiliki 5% siswa-siswi yang pandai berbahasa
Inggris.
9.
Madrasah mampu menjadi Juara 1 dalam Seni baca
Al-Qur’an tingkat Nasional.
10. Madrasah memiliki TIM Olahraga minimal 3
(tiga) cabang olahraga yang menjadi juara Kabupaten.
11. Madrasah memiliki lingkungan yang nyaman, aman
dan agamis yang memenuhi kriteria madrasah efektif.
12. Madrasah menciptakan iklim yang kondusif dan
harmonis antara madrasah dan masyarakat.
13. Mengaktualisasikan ilmu yang diperoleh dalam
perbuatan nyata.
BAB IV
PROGRAN KEGIATAN MADRASAH TAHUNAN
Rencana kerja MI
Al-Hikmah Balongrejo Sumobito Jombang disusun dengan mempertimbangan keadaan
Madrasah, harapan pemangku kepentingan, dan tantangan dalam lingkungan strategis pendidikan di
Madrasah agar sasaran dan progam
pengembangan Madrasah dalam 1 tahun ke depan lebih realistis dan
konsisten dalam prinsip – prinsip pengelolaan pendidikan yang efektif, efisien,
akuntabel dan demokratis. Hasil dari identifikasi dan analisis pemecahan
tantangan Madrasah dapat dilihat pada tabel 1, 2 dan 3 dalam lampiran 1. Dalam menyusun rencana kerja Madrasah dalam 1 tahun ini
meliputi dua kegiatan, yaitu (1) merumuskan program Madrasah yang dilakukan
melalui empat langkah ( (a) merumuskan program, (b) merumuskan sasaran, (c)
menentukan indikator keberhasilan, dan (d) menentukan kegiatan dan penanggung
jawab ), dan (2) menyusun jadwal kegiatan, seperti pada tabel di bawah ini :
JADWAL PROGRAM
DAN KEGIATAN MADRASAH
TAHUN
PELAJARAN 2015/2016
NO
|
PROGRAM/KEGIATAN
|
Bulan
|
|||||||||||
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||
1
|
PENGEMBANGAN KESISWAAN
|
||||||||||||
1.1 Mengadakan
Evaluasi dan Menyusun program Madrasah
|
√
|
||||||||||||
1.2 Mensosialisasikan program kerja ke warga madrasah
|
√
|
√
|
|||||||||||
1.3 Melaksanakan KBM yang yang bervariasi dan menyenangkan
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
1.4 Melaksanakan KBM dengan memanfaatkan
sumber daya yang ada
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
1.5 Menyusun Kegiatan PHBN dan PHBI
|
√
|
||||||||||||
1.6 Menjalin kerja sama dengan masyarakat dan
instansi terkait
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
1.7 Mengoptimalkan pelaksanaan program remedial
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
1.8
Melaksanakan Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru
|
√
|
||||||||||||
1.9 Melaksanakan MOPDB
|
√
|
||||||||||||
1.10
Melaksanakan ulangan Mid
Semester
|
√
|
√
|
|||||||||||
1.11 Melaksanakan Ujian Akhir Semester
|
√
|
√
|
|||||||||||
1.12 Melaksanakan Ulangan Kenaikan Kelas
|
√
|
||||||||||||
1.13
Melaksanakan Ujian Madrasah
|
√
|
||||||||||||
1.14
1.14 Melaksanakan Try out
|
|||||||||||||
1.15
1.15. Mengikutsertakan siswa Lomba
akademik dan Non Akademik
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
2
|
KURIKULUM DAN KEGIATAN PEMBELAJARAN:
|
||||||||||||
2.1 Penyusunan Kalender pendidikan,
KKM dan Perangkat Pembelajaran
|
√
|
||||||||||||
2.2 Mengadakan
work shop tentang Peningkatan SDM
Guru
|
√
|
||||||||||||
2.3 Melaksanakan supervisi kelas secara berkala
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||||||
2.4 Melaksanakan Bimbingan
belajar Mapel UN siswa kelas VI
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
||||||||
2.5 Melaksanakan
Materi Tambahan Bahasa Inggris untuk Kelas
4 s/d 6
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
2.6 Mengadakan
pembinaan kepada wali murid tentang pentingnya pendidikan anak
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||||||
2.7 Memotivasi siswa kelas
6 untuk melanjutkan ke SLTP
|
√
|
||||||||||||
2.8 Menyusun program ekstrakurikuler
yang sistematis
|
√
|
||||||||||||
2.9 Menyusun program Pengayaan
|
√
|
√
|
|||||||||||
3
|
PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
|
||||||||||||
3.1 Memotivasi guru untuk
meningkatkankan kualifikasi pendidikannya
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
3.2 Memotivasi kepala
madrasah untuk meningkatkan kompetensinya
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
3.2 Mengirimkan 4 guru untuk mengikuti pelatihan-pelatihan.
|
√
|
||||||||||||
4
|
SARANA DAN
PRASARANA
|
||||||||||||
4.1 PERABOT KELAS
|
|||||||||||||
4.1.1 Membenahii meja kursi siswa yang rusak
|
√
|
||||||||||||
4.2 BUKU PENUNJANG
|
|||||||||||||
4.2.1
Buku Panduan UN kelas 6
|
√
|
||||||||||||
4.2.2
Buku tambahan les Bahasa Inggris
|
√
|
||||||||||||
4.2.3 Penambahan Buku koleksi Perpustakaan
|
√
|
√
|
|||||||||||
4.3 Penambahan alat Peraga IPA
|
|||||||||||||
4.3.2 Penambahan alat Peraga IPS
|
√
|
||||||||||||
4.4. MEDIA PEMBELAJARAN
|
|||||||||||||
4.4.1 Membeli LCD
|
√
|
||||||||||||
4.5 PERALATAN
OLAH RAGA
|
|||||||||||||
4.5.1 Membeli alat olah raga
|
√
|
√
|
|||||||||||
4.6 ALAT KESENIAN
|
|||||||||||||
4.6.1 Mengganti alat drum
band
yang rusak
|
√
|
||||||||||||
4.7 PERALATAN KANTOR
|
|||||||||||||
4.7.1 Membeli komputer
|
√
|
||||||||||||
4.7.2. Pengadaan Alat Tulis
Kantor
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
4.8 PENAMBAHAN RUANG DAN TANAH
|
|||||||||||||
4.8.1 Merenovasi tralis kelas
|
√
|
||||||||||||
4. 9 PEMELIHARAAN SARANA
|
|||||||||||||
4.9.1 Perbaikan Komputer
dan printer
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
4.9.2 Perbaikan Meja
belajar siswa
|
√
|
||||||||||||
5
|
KEUANGAN DAN PEMBIAYAAN
|
||||||||||||
5.1 Mengoptimalisasikan Dana BOS dan BOSDA
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
6
|
BUDAYA DAN LINGKUNGAN MADRASAH
|
||||||||||||
6.1 KEBERSIHAN KETERTIBAN DAN
KEDISIPLINAN
|
|||||||||||||
6.1.1 Mengadakan lomba kebersihan kelas
|
√
|
||||||||||||
6.1.2 Memberikan punishmen bagi kelas terkotor dan penghargaan Untuk kelas
terbersih
|
√
|
||||||||||||
6.1.3 Membuat jadwal piket kebersihan lingkungan madrasah
|
√
|
||||||||||||
6.1.5 Sosialisasi Membuang sampah dengan memilah
|
√
|
√
|
|||||||||||
6.1.6 Membudayakan Warga Madrasah hidup bersih dan
seahat
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
6.1.7 Melaksanakan lomba mading
|
√
|
||||||||||||
6.1.8 Memberikan Hukuman mendidik bagi siswa yang
melanggar Tata tertib
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
6.1.9
Memberikan penghargaan bagi siswa yang berprestasi
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
6.1. 10 Memberikan penghargaan pada guru yang kreatif dan disiplin
|
√
|
||||||||||||
6.2 PRESTASI AKADEMIK
|
|||||||||||||
6.2.1 Mengoptimalkan Engglish Club
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
6.2.2 Mengoptimalkan
kelas
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
6.3 PRESTASI NON AKADEMIK
|
|||||||||||||
6.3.1 OLAH RAGA
|
|||||||||||||
6.3.1.1 Mengoptimalkan ekstra olah raga
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
6.3.2 KESENIAN
|
|||||||||||||
6.3.2.1 Mengoptimalkan ekstra
krikuler Drumband
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
6.3.3 PRESTASI NON AKADEMIK LAINNYA
|
|||||||||||||
6.3.3.1 Mengoptimalkan ekstra krikuler Pramuka
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
6.4 PRESTASI GURU
|
|||||||||||||
6.4.1 Memotivasi semua guru untuk mengikuti workshop
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|
6.5 PRESTASI MADRASAH
|
|||||||||||||
6.5.1 Menuju Program Madrasah Sehat
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
√
|
|||||
7
|
PERAN SERTA MASYARAKAT DAN KEMITRAAN
|
||||||||||||
7.1 Menyusun program kerja komite
|
√
|
||||||||||||
7.2 Memasukkan tokoh pendidikan dan pelaku dunia usaha dalam komposisi keorganisasian komite madrasah
|
√
|
√
|
|||||||||||
7.3 Menyusun jadwal pertemuan antara komite
dengan madrasah
|
√
|
||||||||||||
7.6 Mengundang semua tokoh masyarakat dalam
kegiatan akhir sanah/
Wisuda Purna Siswa
|
√
|
BAB V
KESIMPULAN DAN
SARAN
Berdasarkan uraian di depan, dapat disimpulkan :
1.
Salah satu faktor penting untuk tercapainya keberhasilan dan peningkatan
mutu seperti yang diprogramkan dalam Rencana Kerja Madrasah (RKT), adalah profesionalisme para
pelaku dan pelaksana proses pendidikan .
2.
Manajemen Madrasah yang transparan,
akomodatif dan demokratif mutlak
diperlukan untuk kerja Madrasah ke arah yang lebih baik.
3.
Keterlibatan dan dukungan para Stakeholder Madrasah utamanya para orangtua
murid, masyarakat dan Tokoh masyarakat, Tokoh Agama serta Topeng, akan sangat
memotivasi pelaksanaan proses belajar mengajar di Madrasah, sehingga dapat
meningkatkan mutu pendidikan.
4.
Sumbangan dana tenaga dan pikiran dari semua pihak mutlak diperlukan untuk
kemajuan proses pendidikan di Madrasah
Berdasarkan uraian di atas dapat berikan saran – saran :
1.
Agar kerja Madrasah dapat tercapai seperti yang direncanakan, diperlukan
kebersamaan semua pihak yang terkait, terutama pihak Madrasah , orangtua murid,
masyarakat, serta stakeholder lainnya.
2.
Pelaksanaan Rencana Kerja Madrasah
(RKT) ini, perlu didukung kebijakan dari pihak terkait, terutama Kandepag
Kabupaten Jombang, sehingga tidak terjadi kerancuan di lapangan.
3.
Madrasah hendaknya lebih transparan
dengan melibatkan secara aktif Pengurus Komite dan Paguyuban Kelas dalam setiap
perencanaan dan pelaksanaan kegiatan Madrasah.
4.
Untuk mewujudkan rasa percaya masyarakat terhadap Madrasah, semua kegiatan
termasuk pengelolaan keuangan, kemuridan dan keadministrasian, perlu melibatkan
dan dilaporkan secara terbuka kepada masyarakat, utamanya para stakeholder yang
terkait.
Demikian Rencana Kerja Tahunan (RKT) MI
Al-Hikmah Balongrejo Sumobito Jombang
telah disusun bersama oleh Kelompok Kerja Rencana Kerja Madrasah (KKRKT) dengan melibatkan Pengurus
Komite, Paguyuban, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta Topeng, sebagai panduan dan pedoman dalam
pelaksanaan kegiatan selama 4 (empat) tahun ke depan.
Semoga Rencana Kerja Madrasah (RKT)
ini dapat bermanfaat bagi kita semua sehingga dapat mendorong peningkatan Profesionalisme Guru dan
peningkatan Mutu Pendidikan utamanya di MI
Al-Hikmah Balongrejo Sumobto Jombang. Amiiin.
0 komentar:
Posting Komentar