Pages

Rabu, 04 November 2015

RKJM Bab 2 (12)



A.     TANTANGAN DAN PELUANG YANG DIHADAPI DALAM PENGEMBANGAN STANDAR PENDIDIKAN

Sebelum membuat rencana strategis Madrasah, terlebih dahulu heridaknya dideskripsikan tantangan-taniangan yang dihadapi Madrasah dengan cara melakukan analisis terhadap masalah/ tantangan, penyebab masalah/tantangan, tujuan dan penanganan, yang dilakukan berdasarkan semua keterangan yang terdapat pada hasil analisis kondisi lingkungan, keadaan atau profil Madrasah serta pandangan dan harapan/saran dari pihak-pihak pemangku kepentingan tersebut di atas.
Masalah tantangan adalah kesenjangan antara harapan dan kenyataan yang dihadapi Madrasah saat ini. Dengan kata lain, tantangan adalah perbedaan antara yang menjadi harapan dengan apa vang ada dalam profil Madrasah. Tantangan adalah untuk menghilangkan/memperkecil perbedaan, dan untuk mencapai prestasi yang lebih baik/sesuai dengan harapan.
Setelah teridentikiasi dan terdeskrepsikan tantangan yang dihadapi Madrasah, selanjutnya perlu diidentifikasi berbagai penyebab masalah/tantangan tersebut. Yakni menemukan faktor-faktor atau hal-ha! apa saja yang menyebabkan adanya masa!ah/tantangan, yang perlu dipecahkan atau harus dipenuhi sesuai standar dan harapan Madrasah.
Dari hasil identifikasi berbagai faktor penyebab masalah/tantangan tersebut, niadrasah perlu melakukan anilisis prioritas dan menentukan berbagai faktor yang sesuai dengan tujuan atau harapan dalam menangani atau memecahkan permasalahan Madrasah. Tujuan atau harapan Madrasah adalah keadaan yang ingin dicapai oleh Madrasah dalam waktu tertentu. Untuk mencapai tujuan/harapan Madrasah tersebut diperlukan pemecahan atau penanganan. Penanganan merupakan program dan sasaran terpilih yang menjadi jalan keluar yang diperlukan untuk memecahkan masalah dan untuk mencapai keadaan atau tujuan yang j(harapkan oleh Madrasah baik jangka panjang, menengah ataupun jangka pendek.
Setelah diperoleh gambaran yang jelas mengenai harapan Madrasah, gediksi kenyataan yang ada di Madrasah dan kesenjangan yang terjadi, maka Vladrasah dapat menyusun rencana strategis kondisi Madrasah dalam empat tahun yang akan datang. Hal ini dilakukan agar Madrasah memiliki arah yang jelas dalam inenyusun rencana dan melakukan seluruh kegiatannya terutama dalam upaya riemenuhi 8 (delapan) standar nasional pendidikan.
Setelah seluruh pihak yang berkepentingan di Madrasah mengetahui kondisi riil sebagaimana terungkap pada profil terutama terkait dengan pencapaian standar isi, naka pihak-pihak tersebut akan memiliki rencana untuk meningkatkannya. Dari profil jiatas kemudian diketahui bahwa adanya ketidaksesuaian antara standar minimal tang harus dipenuhi Madrasah dengan profil Madrasah dan Harapan Madrasah yang )ada akhirnya memunculkan tantanoan yang harus dihadapi Madrasah. Dari proses ni kemudian perlu dilakukan Analisis Masalah untuk mengetahui Penyebab masalah, rujuan dan Penangannya. Penangannya yang diambil untuk memecahkan masalah tulah yang kemudian dijadikan dasar pemikiran untuk rencana kegiatan Madrasah ,aik jangka menengah 4 (empat) tahunan maupun jangka pendek 1 (satu) tahun.
Untuk mendeskrepsikan hasil analisis strategis kondisi Madrasah sebagai acuan dalam menyusun rencana strategis pengembangan Madrasah 4 (empat) tahun ke depan dapat digunakan format terlampir berikut:

TABEL IDENTIFIKASI TANTANGAN/MASALAH, PENYEBAB, TUJUAN DAN
PENANGANANNYA
Standar
Kategori
Kesimpulan hasil Analisis
Masalah/ Tantangan nyata
Penyebab Masalah/ Tantangan
Tujuan/ Harapan Madrasah
Penanganan
Program
Sasaran
Standar isi
Dokumen KTSP (dokumen I dan II)

1.1       .
Potensi Madrasah tinggi dan dapat ber kembang, harus mempunyai dokumen KTSP dan siap dilak sanakan
a.Dokumen KTSP masih perlu perbaikan dan revisi

b.Kurikulum Madrasah belum memiliki ciri khas
a.  SDM yang masih perlu peningkatan kemampuan


b.Belum siapnya sarana dan prasarana sekolah
Tersusunnya KTSP yang siap dilaksanakan
Penyusunan dokumen KTSP
Tersusunnya dokumen KTSP I dan II
Standar Proses
KBM
Proses pembelajaran belum memadai perlu ditingkatkan
a.metode kurang bervariasi


b.banyak sarana pembelajaran yang belum handal
c.etos kerja guru masih rendah
a.Keterbatasan wawasan terhadap metode/ strategi
b.Banyak sarana pembelajaran yang belum tersedia/ mudah rusak
c.Anggaran belum cukup
Tersedianya situasi atau kondisi untuk mmewujudkan proses pembelajaran yang baik/ideal
- Kalayakan guru tentang strategi dan metode pembelajaran
- Pengadaan/ pembangunan sarana belajar yang representatif
Peningkatan proses pembelajaran yang berkualitas
Pendidik dan tenaga kependidikan
SDM guru
Madrasah akan maju jika didukung SDM guru yang profesional dan kompeten
- adanya beberapa guru yang belum mempunyai sertifikat sertifikasi
- masih ada guru yang mengajar bukan faknya/ bidangnya
-            masa kerja diatas tahun 2005



-            pada persyaratan dalam perekrutan
- Guru dan tenaga kependidikan memenuhi kualifikasi, kompetensi dan profesional
- Guru mengajar sesuai dengan sertifikasinya/ bidangnya
-            Pelatihan dan Workshop, seminar
-            Menempuh S1 dan S2 dengan beasiswa pemerintah atau sekolah
-            Menggiatkan MGMP
-            semua guru
Standar kelulusan
Nilai rata-rata ujian akhir
-            Masih ada peluang untuk ditingkatkan nilai rata-rata ujian akhir
-Kemung kinan pem berdayaan proses pem belajaran
- Pemberian pelajaran tambahan bagi kelas VI
- Perlu uji coba secara sistematis
- perlu sosialisasi SKL ke guru dan siswa
-Dukungan pembiayan


- pembiayaan


-pembiayaan


-          embia
Peningkatan perolehan nilai rata-rata hasil ujian akhir
- Les mata pelajaran
-sosialisasi SKL
-
Siswa, guru, orang tua murid
Standar Sarpras
Sarana Pendukung KBM




- Masih diperlukan media pembelajaran

- ruang kelas kurang nyaman



- jumlah ruang kelas dan ruang pendukung masih kurang
-Jumlah dan jenis media pembelajaran masih kurang


- perlu pengecatan dan perbaikan kusen pintu dan jendela, keramik/lantai
- Memerlukan tambahan ruang kelas, Ruang Perpustakaan dan ruang serbaguna
- terbatasnya pendanaan




-alokasi dana perawatan terbatas



Belum tersedianya dana
-Memiliki media dan alat pembejaran sesuai kebutuhan
-ruang kelas yang nyaman



-memiliki jumlah ruang kelas sesuai dengan rombel
- memiliki ruang perpustakaan
- ruang UKS, Koperasi, kantin
Pengadaan media dan alat pembelajaran

Pengecatan, perbaikan lantai, pintu dan jendela


RKB



Siswa dan guru




Perawatan




Yayasan, Komite, Warga Madrasah
Standar Pengelolaan
Rencana Kerja Madrasah
Perlu rencana kerja yang sistematis dan handal
Kemampuan dalam menyusun RKM
SDM
Memiliki RKM yang dapat menjawab tantangan ke depan
Diklat/Workshop
Kepala, Guru, Komite
Standar Pembiayaan
Sumber Dana
Sumber dana hanya dari BOS dan BOSDA
Sumber dari peran serta masyarakat sangat kecil
Kondisi ekonomi masyarakat
Ada peran serta masyarakat
Infaq, shodaqoh, jariyah
Skohelders
Standar Penilaian
Pencapaian KKM dan Nilai UAS/M
KKM belum mencapai ideal
Input siswa dan variasi metode pembelajaran kurang
Media/ alat bantu pembelajaran terbatas
Media/ alat pembelajaran terpenuhi
Input siswa baik
Pengadaan media/alat pembelajaran
Seleksi PPDB
Guru, Siswa dan calon siswa baru
 

0 komentar:

Posting Komentar