A.
TANTANGAN DAN PELUANG YANG DIHADAPI DALAM
PENGEMBANGAN STANDAR PENDIDIKAN
Sebelum membuat rencana
strategis Madrasah, terlebih dahulu heridaknya dideskripsikan
tantangan-taniangan yang dihadapi Madrasah dengan cara melakukan analisis
terhadap masalah/ tantangan, penyebab masalah/tantangan, tujuan dan penanganan,
yang dilakukan berdasarkan semua keterangan yang terdapat pada hasil analisis
kondisi lingkungan, keadaan atau profil Madrasah serta pandangan dan harapan/saran
dari pihak-pihak pemangku kepentingan tersebut di atas.
Masalah tantangan adalah
kesenjangan antara harapan dan kenyataan yang dihadapi Madrasah saat ini.
Dengan kata lain, tantangan adalah perbedaan antara yang menjadi harapan dengan
apa vang ada dalam profil Madrasah. Tantangan adalah untuk
menghilangkan/memperkecil perbedaan, dan untuk mencapai prestasi yang lebih
baik/sesuai dengan harapan.
Setelah teridentikiasi dan
terdeskrepsikan tantangan yang dihadapi Madrasah, selanjutnya perlu diidentifikasi
berbagai penyebab masalah/tantangan tersebut. Yakni menemukan faktor-faktor
atau hal-ha! apa saja yang menyebabkan adanya masa!ah/tantangan, yang perlu
dipecahkan atau harus dipenuhi sesuai standar dan harapan Madrasah.
Dari hasil identifikasi berbagai
faktor penyebab masalah/tantangan tersebut, niadrasah perlu melakukan anilisis
prioritas dan menentukan berbagai faktor yang sesuai dengan tujuan atau harapan
dalam menangani atau memecahkan permasalahan Madrasah. Tujuan atau harapan
Madrasah adalah keadaan yang ingin dicapai oleh Madrasah dalam waktu tertentu.
Untuk mencapai tujuan/harapan Madrasah tersebut diperlukan pemecahan atau
penanganan. Penanganan merupakan program dan sasaran terpilih yang menjadi
jalan keluar yang diperlukan untuk memecahkan masalah dan untuk mencapai
keadaan atau tujuan yang j(harapkan oleh Madrasah baik jangka panjang, menengah
ataupun jangka pendek.
Setelah diperoleh gambaran
yang jelas mengenai harapan Madrasah, gediksi kenyataan yang ada di Madrasah
dan kesenjangan yang terjadi, maka Vladrasah dapat menyusun rencana strategis
kondisi Madrasah dalam empat tahun yang akan datang. Hal ini dilakukan agar
Madrasah memiliki arah yang jelas dalam inenyusun rencana dan melakukan seluruh
kegiatannya terutama dalam upaya riemenuhi 8 (delapan) standar nasional
pendidikan.
Setelah seluruh pihak yang
berkepentingan di Madrasah mengetahui kondisi riil sebagaimana terungkap pada
profil terutama terkait dengan pencapaian standar isi, naka pihak-pihak
tersebut akan memiliki rencana untuk meningkatkannya. Dari profil jiatas
kemudian diketahui bahwa adanya ketidaksesuaian antara standar minimal tang
harus dipenuhi Madrasah dengan profil Madrasah dan Harapan Madrasah yang )ada
akhirnya memunculkan tantanoan yang harus dihadapi Madrasah. Dari proses ni
kemudian perlu dilakukan Analisis Masalah untuk mengetahui Penyebab masalah,
rujuan dan Penangannya. Penangannya yang diambil untuk memecahkan masalah tulah
yang kemudian dijadikan dasar pemikiran untuk rencana kegiatan Madrasah ,aik
jangka menengah 4 (empat) tahunan maupun jangka pendek 1 (satu) tahun.
Untuk mendeskrepsikan hasil
analisis strategis kondisi Madrasah sebagai acuan dalam menyusun rencana
strategis pengembangan Madrasah 4 (empat) tahun ke depan dapat digunakan format
terlampir berikut:
TABEL IDENTIFIKASI TANTANGAN/MASALAH, PENYEBAB,
TUJUAN DAN
PENANGANANNYA
PENANGANANNYA
Standar
|
Kategori
|
Kesimpulan hasil Analisis
|
Masalah/ Tantangan nyata
|
Penyebab Masalah/ Tantangan
|
Tujuan/ Harapan Madrasah
|
Penanganan
|
|
Program
|
Sasaran
|
||||||
Standar isi
|
Dokumen KTSP (dokumen I dan II)
1.1
.
|
Potensi Madrasah tinggi dan dapat ber kembang, harus
mempunyai dokumen KTSP dan siap dilak sanakan
|
a.Dokumen KTSP masih perlu
perbaikan dan revisi
b.Kurikulum Madrasah belum
memiliki ciri khas
|
a. SDM yang masih perlu peningkatan kemampuan
b.Belum siapnya sarana dan
prasarana sekolah
|
Tersusunnya KTSP yang siap dilaksanakan
|
Penyusunan dokumen KTSP
|
Tersusunnya dokumen KTSP I dan II
|
Standar Proses
|
KBM
|
Proses pembelajaran belum memadai perlu ditingkatkan
|
a.metode kurang bervariasi
b.banyak sarana pembelajaran
yang belum handal
c.etos kerja guru masih
rendah
|
a.Keterbatasan wawasan
terhadap metode/ strategi
b.Banyak sarana pembelajaran
yang belum tersedia/ mudah rusak
c.Anggaran belum cukup
|
Tersedianya situasi atau kondisi untuk mmewujudkan
proses pembelajaran yang baik/ideal
|
- Kalayakan guru tentang
strategi dan metode pembelajaran
- Pengadaan/ pembangunan sarana belajar yang representatif
|
Peningkatan proses pembelajaran yang berkualitas
|
Pendidik dan tenaga kependidikan
|
SDM guru
|
Madrasah akan maju jika didukung SDM guru yang
profesional dan kompeten
|
- adanya beberapa guru yang belum mempunyai sertifikat sertifikasi
- masih ada guru yang mengajar bukan faknya/ bidangnya
|
- masa kerja diatas tahun 2005
- pada persyaratan dalam perekrutan
|
- Guru dan tenaga kependidikan memenuhi kualifikasi, kompetensi dan
profesional
- Guru mengajar sesuai dengan sertifikasinya/ bidangnya
|
- Pelatihan dan Workshop, seminar
- Menempuh S1 dan S2 dengan beasiswa pemerintah atau
sekolah
- Menggiatkan MGMP
|
- semua guru
|
Standar kelulusan
|
Nilai rata-rata ujian akhir
|
- Masih ada peluang untuk ditingkatkan nilai rata-rata
ujian akhir
-Kemung kinan pem berdayaan
proses pem belajaran
|
- Pemberian pelajaran tambahan bagi kelas VI
- Perlu uji coba secara sistematis
- perlu sosialisasi SKL ke guru dan siswa
|
-Dukungan pembiayan
- pembiayaan
-pembiayaan
-
embia
|
Peningkatan perolehan nilai
rata-rata hasil ujian akhir
|
- Les mata pelajaran
-sosialisasi SKL
-
|
Siswa, guru, orang tua murid
|
Standar Sarpras
|
Sarana Pendukung KBM
|
- Masih diperlukan media
pembelajaran
- ruang kelas kurang nyaman
- jumlah ruang kelas dan
ruang pendukung masih kurang
|
-Jumlah dan jenis media
pembelajaran masih kurang
- perlu pengecatan dan
perbaikan kusen pintu dan jendela, keramik/lantai
- Memerlukan tambahan ruang
kelas, Ruang Perpustakaan dan ruang serbaguna
|
- terbatasnya pendanaan
-alokasi dana perawatan
terbatas
Belum tersedianya dana
|
-Memiliki media dan alat
pembejaran sesuai kebutuhan
-ruang kelas yang nyaman
-memiliki jumlah ruang kelas
sesuai dengan rombel
- memiliki ruang
perpustakaan
- ruang UKS, Koperasi,
kantin
|
Pengadaan media dan alat
pembelajaran
Pengecatan, perbaikan
lantai, pintu dan jendela
RKB
|
Siswa dan guru
Perawatan
Yayasan, Komite, Warga
Madrasah
|
Standar Pengelolaan
|
Rencana Kerja Madrasah
|
Perlu rencana kerja yang
sistematis dan handal
|
Kemampuan dalam menyusun RKM
|
SDM
|
Memiliki RKM yang dapat
menjawab tantangan ke depan
|
Diklat/Workshop
|
Kepala, Guru, Komite
|
Standar Pembiayaan
|
Sumber Dana
|
Sumber dana hanya dari BOS
dan BOSDA
|
Sumber dari peran serta
masyarakat sangat kecil
|
Kondisi ekonomi masyarakat
|
Ada peran serta masyarakat
|
Infaq, shodaqoh, jariyah
|
Skohelders
|
Standar Penilaian
|
Pencapaian KKM dan Nilai UAS/M
|
KKM belum mencapai ideal
|
Input siswa dan variasi
metode pembelajaran kurang
|
Media/ alat bantu
pembelajaran terbatas
|
Media/ alat pembelajaran
terpenuhi
Input siswa baik
|
Pengadaan media/alat
pembelajaran
Seleksi PPDB
|
Guru, Siswa dan calon siswa
baru
|
0 komentar:
Posting Komentar